Nasionalisme Dikalangan Remaja

Humaniora49 Dilihat

Nasionalisme atau rasa cinta tanah air harus dimiliki seluruh rakyat Indonesia, walaupun saat ini ancaman terhadap pengaruh asing sangat besar sekali, sehingga sangat berpengaruh terhadap jiwa nasionalisme anak-anak bangsa.

Apa sebenarnya nasionalisme dan bagaimana menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam seluruh jiwa raga putra-putri bangsa. Mari kita telaah secara bersama dari berbagai sumber berikut.

Nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.

Mempertahankan kedaulatan negara dan memegang teguh falsafah bangsa inilah yang harus kita lakukan. Jika zaman dahulu rasa cinta tanah air bisa kita buktikan dengan mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah namun saat ini sungguh beda cara mengimplementasikan sikap cinta tanah air.

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menunjukkan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menjaga ketertiban masyarakat dengan mematuhi aturan yang berlaku.

Banyak aturan yang ada yang dibuat pemerintah untuk menuju kebaikan sebuah bangsa. Kita sebagai masyarakat diminta untuk mematuhi aturan  tersebut terlebih dalam menggunakan fasilitas umum.

Seperti fasilitas sekolah yang dibangun pemerintah sebaiknya dijaga bersama, penggunaan listrik yang hemat dan penggunaan fasilitas lainnya untuk menjaga ketertiban dengan tujuan agar masyarakat tertib dan menjadi baik.

2. Mematuhi dan mentaati hukum negara.

Hukum negara yang berlaku di negara kita diciptakan sepenuhnya untuk menjaga hak masing-masing warga negara. Jika seluruh masyarakat mematuhi hukum maka negara akan sangat terlindungi haknya.

3. Bersedia mempertahankan dan memajukan negara.

Sudah menjadi kewajiban setiap warga negara untuk menjaga kedaulatan negara kita. Terlebih lagi jika negara dalam ancaman negara lain. Mempertahankan kedaulatan negara harus kita lakukan jika negara membutuhkan kita harus selalu siap.

4. Melestarikan budaya indonesia.

Budaya Indonesia sangat beragam dan banyak macamnya, kebudayaan ini akan menjadi kekayaan kita dan akan selalu ada jika kita terus melestarikannya.

Namun hal sebaliknya akan terjadi jika kita tidak peduli dengan kebudayaan kita pelan-pelan akan hilang ditelan zaman.

5. Menggunakan produk dalam negeri.

Menggunakan produk dalam negeri menjadi kewajiban setiap warga negara sebagai wujud rasa cinta tanah air. Kalau bukan kita yang menggunakan produk dalam negeri buatan anak bangsa siapa lagi yang mau kita harapkan.

***

Demikianlah mungkin cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam diri kita masing-masing.

Mari pelan-pelan kita ajarkan kepada anak-anak muda generasi penerus bangsa agar mereka faham bagaimana mencintai negara ini dan rasa nasionalisme mereka terus terjaga.

Salam saya

Budi Idris S.Pd

#Day27Lombamenulispgri

Tinggalkan Balasan