Masyarakat Sehat Bersama Perawat

Kenapa sih memilih profesi perawat?


Saat ini banyak yang bertanya kepada saya mengapa saya memilih melanjutkan pendidikan keperawatan sebagai pilihan studi saya di perguruan tinggi, karena dimasa pandemi seperti sekarang ini kita dihadapkan pada suatu kondisi dan situasi yang sulit, dimana para tenaga medis bekerja sangat ekstra dan bahkan ada yang meninggal dunia saat melakukan pekerjaan mulia tersebut. Sehingga menimbulkan berbagai komentar orang di sekitar saya seperti “Kamu ga takut jadi perawat? Kerja bareng penyakit tiap hari, kenapa ga jurusan yang lain aja?kan banyak, kenapa mesti perawat?”.

Setiap profesi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, apalagi bicara mengenai keperawatan. Pekerjaan mulia yang diperuntukkan bagi orang-orang terpilih.

Menjadi seorang perawat bukanlah suatu hal yang mudah. Hanya karena banyak anggapan masyarakat bahwa kerjaan perawat hanya “membantu” bukan berarti perawat tidak penting. Justru sebaliknya, dalam sistem pelayanan kesehatan, perawat memiliki peranan paling penting dalam penanganan pasien. Perawat harus menjaga, mengawasi serta memantau kesehatan pasien selama 24 jam penuh. Itu sebabnya kebutuhan tenaga keperawatan jauh lebih besar. Belum lagi jika kita harus menghadapi pasien dengan pengetahuan yang luas sehingga mereka sangat kritis dengan tindakan yang akan kita lakukan dan cenderung cerewet. Maka kesabaran, ketekunan, keikhlasan dan profesionalisme sangat diperlukan agar terciptanya citra perawat ideal di masyarakat.

Oleh karena itu ketika kita menjadi seorang perawat, kita harus mampu mengenyampingkan segala problematika dalam diri kita demi mendahulukan kepentingan orang yang kita asuh ataupun pasien yang sedang kita rawat.
Meskipun ada sisi negatif yang bertebaran di masyarakat tentang profesi perawat seperti resiko terjangkit penyakit, gaji minim, bekerja dengan hal-hal yang dianggap menjijikan, oknum perawat yang bersikap tidak sopan, dll. Namun, terlepas dari masalah yang ada, perlu kita ingat bahwa perawat ialah profesi yang mulia dan banyak hal positif yang akan kita lakukan serta dapatkan dalam menjalani profesi ini.

Kita akan menjadi pribadi yang berhati besar, kita akan membuat perubahan baik besar maupun kecil, pengertian, penyabar, penyayang, memiliki simpati&empati tinggi, tanggung jawab yang besar, ramah, kreatif, aktif&komunikatif, peduli,teliti, ahli dan terampil.

Hal-hal inilah yang menjadikan perawat sebagai profesi pilihan saya dan kita semua. Demi membangun masyarakat sehat bersama kita para perawat.

 

Tinggalkan Balasan