CERPEN 3 VARIABEL SUMPAH PEMUDA, KEMERDEKAAN, GENERASI MUDA

Assalamualaikum wr.wb, halo teman-teman saya Dina Fadhilah Romadhon ingin sedikit membuat cerpen yang saya akan ketik.

Pada tanggal 17 Agustus 2020, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Peringatan HUT RI kali ini sangat istimewa, karena bangsa Indonesia memperingatinya di tengah-tengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita wajib melakukan protokol kesehatan, sehingga peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini berbeda dengan peringatan-peringatan sebelumnya.

Jika sebelumnya setiap instansi dapat melakukan peringatan dengan mengadakan upacara bendera di instansi masing-masing, kali ini mereka harus mengikutinya dengan cara virtual. Jika sebelumnya masyarakat  melakukan tirakatan malam 17 Agustus di wilayah masing-masing, kali ini banyak yang tidak bisa melakukannya. Lalu apakah hal ini menyurutkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia?

Dan menurut saya mengenai persoalan menyurutkan semangat Indonesia jawaban saya sangat tentu tidak. Dengan terhalangnya oleh pandemi kita sebagai warga negara indonesia harus tetap mempunyai rasa semangat yang tinggi dan rasa nasionalisme. Apa itu rasa nasionalisme? Nasionalisme adalah kecintaan terhadap Tanah Air dan bangsa. Dalam semangat nasionalisme terkandung sikap bangga terhadap bangsa dan bertanah air Indonesia, sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara dan sikap mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Semangat inilah yang menjadi modal kuat bagi bangsa Indonesia dalam berjuang mencapai kemerdekaan kala itu dan semangat ini juga yang harus kita tingkatkan dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan saat ini.

Mengisi dan mempertahankan kemerdekaan menjadi tanggung jawab seluruh warga negara, termasuk bagi generasi muda. Upaya untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan tidak lebih mudah daripada merebut kemerdekaan, sehingga diperlukan perjuangan dan usaha yang keras baik dari pemerintah maupun seluruh rakyat.

Dengan demikian generasi muda harus mampu mengatasi hambatan dan gangguan tersebut dengan cara tetap terfokus belajar untuk mendapatkan manfaat yang baik dari apa yang mereka pelajari demi kemajuan bangsa.

Generasi muda harus membiasakan sikap tersebut dimana pun berada baik di lingkungan sekolah, masyarakat terlebih bangsa dan negara. Peristiwa Kebangkitan Nasional dan sumpah Pemuda sebagai tonggak bersatunya bangsa membuktikan bahwa pemuda adalah pelopor bersatunya bangsa sebagai modal tecapainya proklamasi kemerdekaan. Demikian juga dalam mengisi kemerdekaan, generasi muda harus menjadi garda terdepan dalam mempertahankan persatuan bangsa ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

News Feed