Alasan saya memilih profesi perawat

Asallamualaiku wr wb . Hai semua apa kabar semoga baik yaaa, kali ini saya mau cerita nih alasan saya memilih profesi perawat. Sebelumnya perkenalkan nama saya Edelwis Putri Aqnasia  Mahasiswa di Akademi keperawatan Polri dijakarta timur tingkat 1. Pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita tentang alasan saya masuk keperawatan. Setiap orang pasti mempunyai pilihan hidup masing-masing dan saya memilih untuk masuk keperawatan. Sebelum saya memberi tahu alasan saya memilih profesi perawat, ada baiknya kita harus tau dulu pengertian, peran dan fungsi perawat itu sendiri apa.

Apasih pengertiian perawat itu? perawat adalah seseorang yang bertugas memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, juga kelompok dalam keadaan sakit maupun sehat. Secara umum, ada 2 jenis perawat, yaitu Perawat vokasi, minimal lulusan D3 Keperawatan, dan Perawat Profesi, minimal lulusan S1Keperawatan.

Selain pengertian perawat juga memiliki peran dan fungsi. Peran perawat merupakan perilaku yang diinginkan orang lain kepada seseorang sesuai dengan kedudukan di dalam sistem, di mana hal tersebut dipengaruhi oleh keadaan sosial dari profesi perawat atau di luar profesi keperawatan dan bersifat konstan. Adanya 7 peran penting bagi perawat, yaitu:

  1. Pemberi Asuhan Keperawatan.
  2. Sebagai Advokat Pasien.
  3. Sebagai Edukator.
  4. Sebagai Koordinator.
  5. Sebagai kolaborator.
  6. Sebagai Konsultan.
  7. Sebagai Pembaharu.

Sedangkan fungsi perawat dilakukan sesuai dengan perannya dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien menyesuaikan kondisi dengan kondisi riil. Ada pun fungsi perawat dijabarkan ke dalam tiga poin, yaitu:

  1. Fungsi Indipenden.
  2. Fungsi Dependen.
  3. Fungsi Interdependen.

Kenapa saya memilih profesi ini karena saya sangat tertarik dengan dunia kesehatan. Awalnya saya masuk perawat karena suruhan orang tuan saya karna menurut orang tua saya perawat banyak dibutukan. Awalnya saya menolak karna yang saya tahu perawat hanya profesi yang di suruh suruh dokter dengan gaji yang minim tetapi setelah saya masuk akademi perawat saya jadi tahu kalau perawat bisa mengambil tindakan sendiri tanpa perlu tunggu perintah dokter.

Alasan lain saya masuk keperawatan adalah karna menjadi perawat bukan hanya merawat tapi mengajarkan untuk perduli sesame,ramah terhadap pasien,tulus melayani,ikhlas, maupun sesama teman yang bergelut di dunia kesehatan, menjadi perawat adalah pekerjaan yang  mulia, selain itu perawat lebih banyak peluang untuk bekerja bukan hanya di rumah sakit tetapi diklinik,puskesmas,dan bisa mengajar di fakultas kesehatan.

Saya ingin sekali menjadi relawan di daerah terpencil yang kekurangan tenaga medis ataupun relawan covid yang turun langsung kelapangan untuk membantu karena saya ingin mengabdi pada negara dan merasakan menjadi relawan karna menjadi tenaga medis atau garda terdepan yang di butuhkan lebih keren dan punya pengalaman lebih dari tenaga medis yang menetap di rumah sakit di kota kota besar seperti jakarta. Semoga dalam kurun waktu 3 tahun kedepan saya bisa lulus tepat waktu dan menjadi perawat yang baik dan bertanggung jawab kepada pasien saya.

Tinggalkan Balasan