Peran Ponsel Pintar Di Generasi Milenial dan Digital

Terbaru34 Dilihat

Smartphone merupakan salah satu kebutuhan masyarakat modern saat ini yang akan menunjang aktifitasnya. Kebutuhan ini begitu diperhatikan oleh perusahaan elektronik sehingga bermunculan banyak berbagai merek-merek smartphone. Semakin majunya teknologi informasi dan taraf hidup masyarakat mengakibatkan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan produk yang digunakan.

Kebutuhan smartphone telah menjadi kebutuhan gaya hidup yang dianggap penting bagi sebagian masyarakat modern saat ini. Fenomena tersebut mendukung munculnya banyak smartphone yang menawarkan produknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi dalam hal berkomunikasi. Terdapat beberapa merk smartphone yang bersaing di Indonesia antara lain Samsung, Apple, Nokia, BlackBerry, Sony, LG, Lenovo, dan lain-lain.

Pasar smartphone seperti ini menyebabkan persaingan yang ketat diantara para kompetitor usaha di bidang telekomunikasi. Menurut hasil riset penjualan smartphone di pasar global pada tahun 2016 yang dikutip dari www.makemac.com (2017) mengungkapkan bahwa merek Samsung adalah yang melakukan penjualan tertinggi yaitu 95,3 juta unit, kemudian merek Apple (produsen iPhone) berhasil menjual sebanyak 50 juta unit, Huawei sebanyak 30,6 juta unit, Xiaomi 29,8 juta unit, Microsoft 22,8 juta unit, dan 2 merk lainnya 19,9 juta unit.

Banyaknya jenis dan merk smartphone yang ditawarkan di pasar membuat konsumen memiliki banyak pilihan dan hal ini sangat mendorong para produsen untuk menjual produknya dengan kualitas yang baik dan harga yang komptetitif. Faktor-faktor yang menjadi alasan bagi konsumen untuk melakukan pembelian terus ditingkatkan, seperti fitur, harga, citra merk, promosi, garansi, kualitas produk, dan lain-lain. Para produsen smartphone terus melakukan perbaikan kualitas dan melakukan inovasi-inovasi produk, serta terus melakukan bauran produknya. Tingginya tingkat persaingan baik untuk produk yang serupa maupun produk yang berbeda, menyebabkan konsumen bertindak selektif dalam melakukan keputusan pembelian. Kondisi tersebut membuat perusahaan untuk dapat mengikuti keinginan dan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks.

teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya. Di era yang maju sangat pesat ini, banyak sekali macam perangkat atau alat yang dapat digunakan sebagai komunikasi.

Banyak Teknologi Komunikasi yang berkembang dengan cepat dengan dukungan teknologi yang ada saat ini. Banyak sekali contoh media komunikasi yang berperan dalam kehidupan manusia, seperti internet, handphone maupun gadget seperti smartphone dan sebagainya. Kemajuan teknologi pada hakikatnya merupakan suatu hal positif yang menghasilkan banyak manfaat.

Mempermudah setiap aktivitas manusia, tidak hanya tetntang efisiensi jarak, waktu, dan biaya, tapi juga berbagai kemudahan lainnya. Ponsel bukan lagi menjadi alat komunikasi belaka, tapi juga alat pembantu pekerjaan manusia lain dalam bidang apa pun. Apalagi dengan lahirnya smartphone, ponsel cerdas yang bias melakukan apa saja sesuai keinginan para penggunanya.

Ponsel menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tangan manusia zaman sekarang. Namun, ada satu sisi bahaya ponsel yang perlu diketahui. Orang-orang yang sudah kecanduan ponsel akan merasa tidak nyaman jika tidak berada didekat ponselnya. Banyak penelitian yang sudah melakukan percobaan terhadap para responder untuk tidak bersama ponselnya dalam rentang waktu tertentu. Hasilnya, mereka akan gelisah, tidak tenang, dan bahkan seperti kehilangan sesuatu yang paling berharga lainnya. Selain itu, dampak kecanduan ponsel atau smartphone juga dapat mengakibatkan meningkatnya ruang individual karena telah memperoleh informasi melalui media komunikasi yang canggih, misalnya internet

Pengaruh ponsel juga tak selalu buruk Di era digital, transfer uang lewat smartphone bukan lagi menjadi hal baru. Dengan mengetahui cara transfer uang lewat smartphone, secara tidak langsung, Anda pun telah meminimalisir waktu untuk pergi ke bank ataupun ATM sehingga lebih efektif. Selain itu, Anda juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas struk ATM pastinya. Membeli makanan via online sekarang juga bisa di lakukan, kita hanya tinggal duduk dirumah lalu memesan melalui aplikasi, makanan datang, bayar dan menikmati makanan tersebut.

Bisnis online kini kian menjamur, dan Smartphone sangat ramah dengan anda yang minim budget. Anda bisa memasarkan dan jual beli apapun tanpa perlu membuka lapak atau lahan berdagang yang membutuhkan biaya besar. Usaha atau bisnis anda tetap lancar asal anda bisa mempromosikan dengan baik dan gigih. Pembeli hanya tinggal melihat dari smartphone, ketika ada barang yang di inginkan tinggal pesan. Pesan juga sekarang ada fitur namanya cash on delivery (COD), pembeli bisa membayar barang yang di inginkan di tempat.

Dengan smartphone, kita memiliki tool yang bisa memudahkan segala hal yang telah direncanakan. Dimulai dari aplikasi kalender yang akan mengingatkan kita akan waktu yang telah diagendakan, dan GPS yang dapat membantu kita menemukan tempat yang kita tuju. Kita juga bisa membeli tiket pesawat, bus, bioskop dan memesan taksi atau transportasi online dengan smartphone. Sekarang hampir setiap perusahaan jasa telah membuat aplikasi untuk smartphone agar bisa lebih memudahkan pelanggan bahkan pemerintah juga mempunyai aplikasi yang memudahkan warga nya untuk mengurus berbagai hal.

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digita

Tinggalkan Balasan

2 komentar