Euro 2020 : Prancis Harus Pulang, Kalah Adu Penalti 4-5 dari Swiss

Olahraga41 Dilihat

Foto Sumber Skysports

Kylian Mbappe gagal membawa Prancis lolos ke perempat final Euro 2020 setelah tendangannya gagal membobol gawang Swiss dalam drama adu penalti. Prancis dan Swiss harus menyelesaikan duel mereka melalui adu tedangan penalti setelah 120 menit mereka imbang 3-3. 

 

BACA JUGA : Republik Ceko dan Belgia Lolos ke Perempat Final

 

Paul Pogba, Olivier Giroud, Marcus Thuram dan Presnel Kimpembe berhasil sebagai algojo mencetak gol ke gawang Swiss.

Namun pada penendang terakhir, Sang Super Star Kylian Mbappe gagal mencetak gol. Tendangannya berhasil digagalkan kiper Swiss, Yann Sommer yang bermain cemerlang.

Didier Deschamps, pelatih Prancis, berbicara kepada TF1 seperti dilansir UEFA.com (29/6/21) : “Kylian Mbappe sangat sedih, seperti semua pemain, tetapi tidak ada yang bisa marah padanya karena dia mengambil tanggung jawab untuk mengambil penalti kelima.”

Sementara seluruh penendang Swiss berhasil membuahkan gol sehingga mereka unggul 5-4 atas Prancis dalam drama adu penalti tersebut. Para Algojo Swiss malam itu adalah Mario Gavranovic, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ruben Vargas dan Laksamana Mehmedi.

Sungguh laga ini harus menjadi pelajaran berharga terutama bagi pemain belia Kylian Mbappe yang selama ini selalu diposisikan sebagai seorang super star. Kini Mbappe harus menyadari bahwa dalam sepakbola hal seperti ini bisa terjadi tanpa keinginannya. 

Semoga dengan pengalaman ini, pemain muda ini bisa kembali menjadi sosok yang rendah hati. Semakin menyadari bahwa dirinya hanyalah manusia biasa.

Pada laga yang berlangsung di National Arena Bucharest – Bucharest Selasa (29/6/21) dini hari WIB, Manajer Prancis, Didier Deschamp membuat tiga perubahan dari tim yang bermain imbang dengan Portugal.

Dua pemain yaitu Corentin Tolisso dan Lucas Hernandez disimpan bangku cadangan, sedangkan Jules Kounde yang cedera benar-benar absen.

Benjamin Pavard, Clement Lenglet dan Adrien Rabiot masuk menjadi starter untuk pola yang beralih ke tiga bek. Ini merupakan perubahan cukup mengejutkan dari pola 4 bek seperti biasanya.

Swiss sendiri tidak berubah menggunakan komposisi mereka seperti tim yang mengalahkan Turki dalam pertandingan terakhir mereka di fase grup.

Di menit-menit awal pertandingan, Swiss sempat unggul mengejutkan melalui sundulan Haris Seferovic ketika laga baru berjalan 15 menit.

Namun Juara Dunia 2018 Prancis membalikkan keadaan. Mereka seakan meledak dibabak kedua dengan dua gol Karim Benzema pada menit ke-57 dan 59 untuk keunggulan 2-1 atas Swiss.

Striker Real Madrid itu menghasilkan sentuhan gol yang keren dari upayanya memanfaatkan umpan Mbappe. Ini adalah ketujuh kalinya Benzema mencetak dua gol dalam satu pertandingan untuk Prancis.

Pada laga ini kiper Prancis Hugo Lloris sempat menyelamatkan tendangan hukuman penalti yang diambil oleh pemain Swiss Ricardo Rodriguez.

Paul Pogba pada menit ke-75 menambah keunggulan 3-1 dengan tendangan kerasnya menembus sudut kiri atas gawang Swiss.

Dengan golnya, Pogba kini telah mencetak gol di masing-masing dari empat turnamen besar terakhir yaitu Piala Dunia 2014 dan 2018, Euro 2016 dan 2020.

Banyak yang menduga Prancis dengan keunggulan 3-1 atas Swiss tersebut, Prancis akan mengakhir laga ini dengan kemenangan.

Namun fakta di lapangan berbeda. Ternyata Swiss menolak untuk kalah dan menghasilkan penampilan comeback mereka pada sembilan menit terakhir.

Seferovic memberi kekuatan motivasi bagi skuad Swiss dengan golnya melalui sundulan menit ke-81, mengkonversi umpan silang Steven Zuber.

Disusul 9 menit kemudian giliran Mario Gavranovic melepaskan tembakan dari tepi lapangan untuk menyamakan kedudukan 3-3. Hasil ini memaksakan pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanajangan 2 x 15 menit.

Setelah tiga puluh menit babak tambahan tersebut skor 3-3 tidak berubah sehingga harus berakhir dengan adu tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya. Akhirnya Swiss berakhir dengan skor 5-4 dalam adu penalti tersebut.

Keberhasilan Swiss ini untuk pertama kalinya lolos ke babak perempat final. Terakhir kali Swiss sukses dalam pertandingan fase knockout dalam turnamen besar terjadi pada Piala Dunia 1938.

Berkat kemenangan ini Swiss berhasil lolos ke perempat final Euro 2020 akan berhadapan melawan Spanyol yang menang 5-3 atas Kroasia. Mereka bertanding pada Jumat (2/7/21) pukul 23.00 WIB di  Saint Petersburg Stadium, St Petersburg. Selamat untuk Swiss.

Salam bola @hensa

Tinggalkan Balasan