Manajemen Karakter Dalam Pemasaran

Bisnis, Ekonomi0 Dilihat

Lomba Menulis PGRI “Menulis Di Blog Jadi Buku”

Goresan Tinta Ke – 11 Ku

Oleh Herni Sunarya Banah

Instansi : SMP Negeri 2 Wangon

NPA : 12100200134

 

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Kembali lagi bersama seseorang yang berharap menerbitkan buku. Pagi ini hari kamis tanggal 11 Februari 2021. Suasana disekitar begitu segar dan menyejukkan. Seakan – akan menandakan waktu yang tepat untuk membuat suatu goresan tinta. Seperti biasa pagi ini diawali dengan pembelajaran online, menyapa anak – anak ceria Indonesia. Seri pertama dan sesi kedua diselingi oleh waktu istirahat.

Disela – sela waktu istirahat saya menyempatkan diri untuk membuat goresan tinta yang ke – 10. Goresan tinta yang akan saya persembahkan tentang “Manajemen Karakter Dalam Pemasaran”. Lebih jelasnya kita lihat alur goresan tintanya.

Pada dunia ekonomi kita mengenal adanya manajemen. Secara harfiah manajemen adalah upaya untuk mongelola dan mengatur sesuatu pada individu, lembaga atau perusahaan. Dalam diri seseorang, lembaga bahkan perusahaan bila menginginkan tercapainya tujuan maka perlu untuk menata, mengelola berdasarkan prinsip – prinsip manajemen.

Pada suatu lembaga atau perusahaan dalam mengelola perusahaannya harus memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Munusia. Sumber daya manusia adalah unsur utama dalam mengelola suatu perusahaan. Unsur ini bisa merangakai rencana dan  tujuan yang akan dicapai. Jadi sebuah perusahaan tanpa sumber daya manusia maka manajemennya tidak terkendali dan tujuan tidak akan tercapai.
  2. Uang. Unsur yang kedua tak kala pentingnya yaitu uang. Segala biaya operasional suatu lembaga atau perusahaan menggunakan uang.
  3. Material. Ini juga merupakan unsur terpenting dalam manajemen. Karena kualitas suatu bisnis dipengaruhi oleh kualitas material. Tujuan manajemen tercapai apabila memiliki kualitas material yang baik.
  4. Mesin. Untuk memudahkan sumber daya manusia bekerja dengan efektif maka dibutuhkan mesin. Sumber daya manusia dan mesin sejalan maka tujuan manajemen akan tercapai.
  5. Metode. Unsur ini sangat mempengaruhi manajemen. Suatu manajemen apabila bersnergi antara fasilitas, waktu, uang, dan kebiatan bisnis maka tujuan manajemen akan berjalan lancar.
  6. Pasar. Unsur yang paling krusial adalah pasar. Sebuah bisnis bila memiliki kualitas yang baik maka untuk memasarkannya lebih mudah.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola suatu perusahaan. Untuk lebih detail lagi bisa dilihat di https://www.cermati.com/artikel/manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu.

Nah sekarang bagaimana cara supaya manajemen suatu perusahaan yang  mengahasilkan suatu produk bisa memasarkan produknya dengan luas. Untuk menciftakan pemasaran yang luas pada suatu perusahaan kita harus melihat pada fungsi manajemen diantaranya :
  • Perencanaa . Berfungsi untuk memantau atau mengevaluasi apa yang sudah dan belum dilakukan.
  • Pengorganisasian. Jalankan pengorganisasian secara maksimal tujuannya untuk mempermudah proses pemantauan.
  • Penempatan. Fungsi ini akan menempatkan sumber daya manusia sesuai sesuai dengan kebutuhannya.
  • Pengarahan. Fungsi ini digunakan untuk memantau perencanaan yang dibuat dapat berjalan dengan lancar.
  • Pengawasan. Untuk mencapai suatu tujuan yang efektif maka perlu adanya pengawasan dari mulai memproduk sesuatu sampai menjadi barang jadi yang siap dipasarkan.
Di dalam suatu manajemen perusahaan metode pengelolaan dalam suatu perusahaan sangat berpengaruh pada pemasaran. Disini saya akan memaparkan sedikit pengalaman tentang penerapan manajemen karakter dapat berpengaruh terhadap pemasaran. Kenapa harus manajemen karakter? ini saya ambil sesuai dengan dasar negara kita yaitu pancasila sila pertama ( Ketuhanan yang maha esa ).
Dari sila pertama ini sudah jelas bahwa pendidikan karakter bangsa sangat melekat pada rakyat Indonesia. Maka dari itu saya menerapkan manajemen karakter pada usaha yang dikelola oleh suami saya. Tepatnya manajemen karakter yang saya terapkan dalam usaha kami adalah manajemen ramah tamah.

Manajemen ramah tamah dapat meningkatkan omset suatu perusahaan. Ini bisa kita lihat dan terapkan dalam suatu perusahaan Sebagai contoh sorang pedagang kaki lima bila menjajakan dagangannya dengan sambil tersenyum, menyapa pembeli dengan ramah maka ini akan membuat suasana hati seorang pembeli nyaman.
Nah sekarang bagaimana penerapannya pada sebuah PD (Perusahaan Dagang). Kita buka usaha dangang yang luas tempatnya, buat para konsumen nyaman berada di dalamnya. Buat pendekatan secara kekeluargaan yaitu menyapa, menawarkan minuman gratis walaupun hanya segelas aqua, dan mempersilahkan konsumen untuk santai – santai sambil melepaskan lelah. Hal ini sudah kami lakukan pada usaha yang kami jalani sekarang. Dan alhamdulillah konsumen semakin bertambah.
Dengah karakter ramah tamah ini akan membawa pemasaran yang luas tanpa harus promosi di radio atau televisi bahkan foster – foster. Semua konsumen yang pernah merasakan transaksi dengan ramah tamah maka ini akan membuat mereka ketagian. Para konsumen akan mempromosikan sendiri tentang usaha kami pada tetangga, teman atau media sosial.
Hal ini akan memberikan penambahan pada profit produk kita. Jadi ayo kita kembangkan manajemen karakter untuk meningkatkan keutungan suatu perusahaan dan akhirnya tujuan manajemen tercapai.
Itulah alur goresan tinta ke – 11 saya semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dimana saja, kapan saja.
Seuntai kalimat indah : “Tingkatkan Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Sesuatu Yang Lebih Tangguh”

Tinggalkan Balasan

3 komentar