Catatan Kopdar Kompasianer dan Penulis YPTD (1)

KOPDAR (Kopi Darat) alias pertemuan langsung antara para penulis blog Kompasiana yang lebih dikenal dengan sebutan Kompasianer dengan para penulis YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan) atau para penulis blog terbitkanbukugratis.com telah terlaksana dengan penuh silaturrahim. Target untuk menyatukan dua komunitas literasi dalam satu ikatan silaturrahim tercapai dengan baik dengan acara ini.

Rencana Kopdar sendiri sudah dirancang sejak jauh hari oleh kompasianer yang sekaligus sebagai Pengarang YPTD. Melalui Grup WA ‘Penulis Kompasiana’ dan Grup WA ‘Penerbit YPTD Ikhlas’ rencana pertemuan antar penulis kedua komunitas dishare. Diminta mendaftar, siapa yang bisa ikut. Dibuat list. Tentu saja data ini perlu oleh panitia untuk persiapan tempat, konsumsi dan lainnya. Bagi yang bisa hadir, mengisi daftar list itu.

Sabtu (20/08/2022) itu adalah hari yang sudah ditetapkan sebagai jadwal Kopdar. Saya yang semula tidak mendaftar karena merasa biaya antara Karimun (tempat saya tinggal) ke Jakarta (tempat Kopdar digelar) cukup mahal, menurut saya ternyata qadarullah Allah izinkan saya untuk hadir dengan cara lain. Tidak datang khusus untuk menghadiri acara ini.

Perlu saya jelaskan bahwa pada waktu yang bersamaan, itu Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun yang juga adalah Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim mengadakan kunjungan kerja ke Cibubur, Jakarta, lokasi Jamnas (Jambore Nasional) tahun 2022. Agendanya meninjau peserta Jamnas Gerakan Pramuka yang diikuti juga oleh anggota Pramuka Kabupaten Karimun bersama peserta kabupaten/ kota lain di Provinsi Kepri.

Wakil Bupati mengajak saya mendampingi dalam rencana ke Jakarta itu. Saya pun ikut berangkat bersama Kakwarcab pada hari Jumat (19/08/2022) pagi. Melayari laut Karimun-Batam dan meneruskan ke Bandara Hang Nadim, Batam, Jumat sore kami sudah sampai di Ibu Kota Negara. Malam itu juga Pak Wabup langsung mengajak saya dan dua orang ajudannya ke Buperta (Bumi Perkemahan dan Wisata) Cibubur untuk melihat anak-anak pramuka peserta Jamnas dari Kwarcab Karimun. Jadwal malam itu juga dari Kakwarcab sendiri. Sebagai pendamping belyau, saya hanya mengikuti sesuai arahan.

Karena malam itu kami sudah cukup lama di Buperta maka siang Sabtu (20/08/2022) tidak ada jadwal kunjungan Kakwarcab ke lokasi Jamnas lagi. Belyau istirahat di hotel dan bersiap akan kembali ke Kepri karena ada tugas lain. Sementara saya minta izin mengisi waktu hari Sabtu itu untuk bertemu teman-teman penulis Kompasiana dan YPTD di Perpusnas. Alhamdulillah, saya dapat ikut bergabung dalam acara pertemuan hebat dari penulis hebat Jakarta dan dari beberapa daerah yang sempat datang ke sini.

Jujur saja, kesempatan berjumpa dalam Kopdar ini adalah berkah yang sangat besar buat saya. Sudah saya katakan, kalau untuk ikut Kopdar itu tidak mudah saya akan hadir mengingat biaya yang lumayan besar. Jadi, sedari awal saya tidak mendaftar tapi berkat ke Cibubur pertemuan Kopdar saya pun seolah sudah diatur oleh Sang Maha Pengatur. Terima kasih, Pak Kakwarcab yang mengajak saya tanpa saya minta. Terima kasih pula kepada teman-teman kompasianer dan penulis YPTD serta panitia Kopdar yang memberi kesempatan dan arahan kepada saya walaupun tidak mendaftar sejak awal. Dan terima kasih serta syukur saya kepada Allah, Tuhan Maha Pengatur yang telah mengatur kehadiran saya pada Kopdar istimewa ini.*** (bersambung)

Tinggalkan Balasan