Hari Guru Nasional Bapak Nadiem anwar Makarim Menteri pendidikan dan kebudayaan,Riset dan Teknologi.memaparkan tentang kurikulum yang relevan dan praktis,dan menawarkan kurikulum yang jauh lebih merdeka yang sekarang sedang dites disekolah- sekolahpenggerak yaitu kurikulum yang pertama bisa di mengerti oleh guru, kedua fleksibel sehingga guru boleh mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan murid – muridnya, dan yang ketiga memberi kesempatan untuk guru berkreasi sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mudah, jadi kita bukan di ganti kurikulum, bukan kurikulum yang akan kita tawarkan tahun depan Insya Allah kurikulum yang memberikan kemerdekaan kembali kepada guru-guru. Hal-hal yang pasti akan menarik di tahun depan Tolong ditunggu ,sabar tapi nomor satu tolong semua kepala dinas untuk sekolah tatap muka harus segera dilaksanakan.” menurut Mas Mentri Kita tidak akan mengganti kurikulum tetapi kurikulum yang akan kita tawarkan kembali kepada guru -guru. Kurikulum jauh lebih Merdeka sekarang lebih di jelas dalam penerapan kurikulum yang satu bisa dimengerti oleh guru.(sumber : You tube Hari Guru Nasional)
Pada Tahun 2022 akan ada suatu perubahan yaitu diantaranya penawaran kurikulum yang lebih memerdekakan murid itu kurikulum Prototype Seperti apakah kurikulum
Apa itu kurikulum Prototype dan Seperti apakah karakteristik dan penerapan kurikulum Prototype di sekolah Oke berikut hasil review kurikulum Prototype merupakan kurikulum ini sifatnya pilihan ya yang dapat diterapkan satuan pendidikan mulai tahun ajaran 2022/2023 kurikulum Prototype melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yaitu Kurtilas jika melihat dari kebijakan yang akan diambil para pemangku kebijakan nantinya sebelum kurikulum nasional di evaluasi tahun 2024 satuan pendidikan diberikan beberapa pilihan kurikulum untuk diterapkan di sekolah.
Dari kurikulum prototype yang pertama pada saat pandemi masih menggunakan kurikulum 2013, kemudian 2020/2021 itu ada yang dinamakan itu kurikulum 2013 dan kurikulum darurat ini kurikulumnya disederhanakan RPP satu lembar pada Tahun 2021 /2022 kurikulum 2013 itu yang ada lagi yaitu kurikulum darurat dan kurikulumPrototype ini sedang diuji coba itu di sekolah-sekolah penggerak dan juga di SMK pusat keunggulan atau SMK PK. kemudian Lini masa pemulihan pembelajaran di mana ini akan dimulai Tahun 2022 sampai dengan tahun 2024 ini nanti kita diberikan diberikan pilihan bahwa Apakah kita akan menggunakan kurikulum Prototype atau kurikulum yang mana, nanti tahun 2024 baru kita akan penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran.
Apa itu kurikulum Prototype , kurikulum Prototype diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemilihan pembelajaran selama 2022 dan sampai dengan 2024 kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran. kemudian memiliki beberapa karakteristik utama yang mendukung pemulihan pembelajaran berikut ini karakteristik utama yang pertama pembelajaran berbasis Project untuk pengembangan soft skill dan karakter iman taqwa dan akhlak mulia gotong-royong kebhinekaan global dan juga kemandirian serta Nalar kritis dan juga kreativitas.yang di sebut biasanya namanya profil pelajar Pancasila selain dari profil belajar Pancasila kemudian kedua yaitu fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi, jadi ada materi yang dikhususkan dan Ada materi Inti atau fokus pada materi esensial, kemudian yang ketiga itu fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teach at traight level) dan melakukan Penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Pengembangan karakter kurikulum prototype seperti kita ketahui bersama bahwa kurikulum 2013 sudah menekankan pada pengembangan karakter namun belum memberi porsi khusus dalam struktur kurikulum . Dalam struktur kurikulum prototype 20 -30 persen jam pelajaran di gunakan untuk pengembangan karakter profil pancasila,melalui profil pancasila pembelajaran berbasis projek. Pengembangan berbasis projek penting untuk pengembangan karakter, memberi kesempatan untuk belajar melalui pengalaman ( experiantal learning) dan mengintregasikan kompetensi esensial yang dipelajari peserta didik dari berbagai disiplin ilmu, selanjutnya struktur belajar yang lebih fleksibel.
Di sekolah saya akan coba sedikit menjelaskan ini untuk tingkat PAUD .
kegiatan bermain sebagai proses belajar yang pertama ini tetap permainan kali itu yang utama kemudian penguatan literasi dini dan penanaman karakter melalui kegiatan bermain belajar, bermain sambil belajar berbasis buku bacaan anak-anak yang berikutnya fase pondasi untuk meningkatkan kesiapan bersekolah di persiapan untuk melanjutkan ke tingkat jenjang SD, kemudian pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan perayaan hari besar dan perayaan tradisi lokal ada kegiatan pembelajaran yang berbasis Project diantaranya pertahankan pada hari besar ataupun hari perayaan-perayaan tradisi Apakah dengan menggunakan pakaian adat ataupun dengan kreasi-kreasi lainnya penguatan kompetensi yang mendasar dan pemahaman holistik ini pemahamannya secara luas ya cara Kemudian untuk memahami lingkungan sekitar mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan ini yang sesuai yang baru ini untuk di SD nanti IPA dan IPS itu akan digabungkan sebagai mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial atau IPAS ini menarik sekali kemudian berikut cek integrasi computational thinking dalam mata pelajaran bahasa Indonesia matematika dan IPAS ada integrasi nya kemudian sesuatu yang baru lagi nih bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan ini biasanya kalau sekarang kan untuk tingkat sekolah dasar tidak ada bahasa Inggris, untuk Kurikulum Proptotype pelajaran bahasa inggris itu akan Muncul lagi sebagai mata pelajaran pilihan
Media pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil belajar Pancasila dilakukan di dua kali dalam satu tahun ajaran,penyesuain dengan teknologi digital , mata pelajaran informatika menjadi mata pelajaran wajib. Kegiatan-kegiatan untuk tingkat SMP dengan perkembangan teknologi digital mata pelajaran matematika mata pelajaran wajib untuk SMP itu wajib wajib adanya pelajaran Informatika kaya teknologi informasi dan komunikasi kemudian panduan untuk informatika disiapkan untuk membantu guru guru pemula sehingga guru mata pelajaran harus berlatar belakang pendidikan Informatika.
Pembelajaran berbasis Project untuk belajar penguatan profil Pancasila dilakukan minimalnya 3 kali dalam satu tahun ajaran. itu untuk SMP kemudian selanjutnya untuk tingkat SMA lebih fleksibel untuk disesuaikan dengan minat siswa karena pilihan pada level mata pelajaran( bukan program peminatan atau penjurusan) ini berarti memberikan keleluasaan yang lebih fleksibel ini dijelaskan dalam belajar di kelas 10 pelajar menyiapkan diri untukmenentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Kemudian untuk kelas 11 dan 12 belajar mengikuti mata pelajaran dari kelompok wajib mapel dan memilih mata pelajaran dari kelompok IPA IPS Bahasa dan keterampilan vokasi sesuai minat bakat dan apresiasinya ini udah mulai udah mulai pemilihan sesuai dengan minat bakat untuk kelas 11 dan 12 pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil pelajaran Pancasila dilakukan minimal 3 kali dalam setahun dan pelajar menulis esai ilmiah sebagai syarat kelulusan dan jadi nanti syarat keluusannya diharuskan membuat karya ilmiah karya ilmiah sehingga menjadikan syarat untuk kelulusan berikutnya SMK ini dunia kerja Dapat terlibat dalam pengembangan pembelajaran kemudian struktur lebih sederhana dan juga dengan dua kelompok mata pelajaran yaitu umum dan tujuan presentasi kelompok kejuruan meningkat dari 60 ke 70% kemudian penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan mata pelajaran terkait praktek kerja lapangan menjadi mata pelajaran wajib minimal 6 bulan dalam satu semester Yaitu berarti lumayan cukup lama ya pkl-nya selama enam bulan kemudian pelajar dapat memilih mata pelajaran di luar program keahlian nya, kemudian yang terakhir alokasi waktu khusus Project penguatan pembelajaran Pancasila dan budaya kerja untuk meningkatkan soft skill atau karakter dari dunia kerja itu untuk SMK yang terakhir Itu untuk SLB capaian pembelajaran pendidikan khusus dibuat hanya untuk yang memiliki hambatan intelektual berikutnya untuk pelajar di SLB yang tidak memiliki hambatan intelektual pembelajarannya sama dengan sekolah reguler yang sederajat dengan menerapkan penerapan modifikasi kurikulum selanjutnya sama dengan pelajar di sekolah reguler belajar juga menerapkan pembelajaran berbasis Project untuk menguatkan pelajar Pancasila dengan mengusung tema yang sama dengan sekolah reguler dengan kedalaman materi dan aktivitas sesuai dengan karakteristik yang dan kebutuhan pelajar di SLB ya oke demikian review dari kurikulum Prototype.
Baik bagaimana guru -guru hebat Indonesia ??, Siapkan dirimu dengan segala transformatif pendidikan untuk meningkatkan pendidikan bangsa Indonesia.Terima kasih semoga bermanfaat wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
Mari kita hadapi kurikulum baru dengan senyuman