Lelahku Terbayarkan

Dok Pribadi

Semenjak Maret 2023, aku mulai fokus untuk menyelesaikan disertasiku yang sempat tertumpuk dengan kegiatan-kegiatan kantor juga aktivitas lain. Keinginan segera menyelesaikan hanya diangan-angan hingga suatu saat aku merasa tersisihkan dari komunitas kerja yang aku anggap sebagai keluarga dan team solid. Kejadian demi kejadian menimpaku. Terdapat dua kubu yang pro dan kontra atas kehadiranku. Menjadi populer itu tidak selamanya dapat diterima oleh komunitas tertentu walau populer itu bersifat baik.

Bagi beberapa orang yang berfikiran sempit kehadiranku merupakan ancaman namun bagi yang berfikiran terbuka atau open minded kehadiranku cukup membanggakan karena pencapaianku menjadi salah satu perwakilan women TNI yang mendapatkan international woman leadership award di Thailand.

Aku sendiri tidak pernah menyangka jika tiba-tiba aku mendapatkan penghargaan tersebut yang menurutku hadiah dari Tuhan YME. Rekam jejak penugasan di Lebanon selama satu tahun dan sebagai pengajar bahasa Inggris di TNI AL selama 28 tahun ternyata menggerakkan orang-orang baik untuk mengajukan namaku untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Aku tidak boleh terlena dengan pencapaian itu. Keinginan untuk menyelesaikan disertasiku akhirnya dapat terlaksana setelah kegiatan menjadi moderator dalam acara simposium kerohaniawan se-Asia Pacific di Bali juga setelah ulang tahun Lembaga ditempat aku bekerja selesai.

Selama hampir enam bulan aku hanya dapat tidur dua jam setiap hari. Bersyukur Allah SWT memberiku kesehatan sehingga tahapan-tahapan dalam menempuh S3 dapat terlewati. Banyak pengalaman yang aku dapatkan ketika proses menyelesaikan S3.

Terkadang aku flash back dengan manajemen waktu yang aku lakukan. Kata seandainya tidak akan menyelesaikan S3. Walau sedikit tertatih-tatih akhirnya selesai juga. Ternyata tidak ada yang susah jika aku fokus.

Dan yang terpenting tidak lupa berdoa memohon kepada Sang Pencipta agar semua dimudahkan. Kekuatan doa sangat terasa dalam proses keberhasilanku ini. Dibalik peristiwa yang aku anggap tidak menyenangkan memaksaku untuk berhasil. Apa yang dianggap manusia tidak baik faktanya berbeda dihadapan Tuhan.

Aku merasa lelahku terbayarkan. Kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Mendapat prestasi sangat memuaskan merupakan anugerah yang tidak dapat aku lukiskan. Hari Rabu, 30 Agustus 2023 menjadi hari dan tanggal bersejarah dalam kehidupanku.

Dalam heningku aku berucap syukur dan berdoa semoga gelar Doktor yang aku raih amanah dan berkah sehingga ilmuku dapat bermanfaat bagi sesama.

Jombang, 12 September 2023

Nani Kusmiyati

Catatan Harian

Tinggalkan Balasan

2 komentar

  1. Ujian kehidupan terberat telah Dr Nani Kusmiyati lampaui. Berkat Iman dan ketaqwaan semua tantangan dihadapi dengan penuh kesabaran. Selamat Menempuh kehidupan baru dikala memasuki masa pensiun. Tidak akan ada lagi kisruh di dunia birokrasi. Pengabdian ke masyarakat memberikan peluang mempersembahkan sedemikian banyak kebermanfaan. Hari bahagia menanti Bu Nani dan Galaxy,… Salam Literasi

  2. Lelah terbayarkan
    Usaha yang begitu penuh liku
    Doa yang selalu terucap
    Bunda Komandan dan keluarga
    Sekarang menuai hasil. Barakallah fii Ilmi ya Bun. Doa selalu tuk bunda. Jauh Dimata dekat didoa ya Bun