Pengalaman Pertama Kali Menulis di Blog

PENGANTAR:

Desember 2011 atau 10 tahun silam, boleh dibilang itulah awal saya mulai bergabung dengan dunia baru yang bernama blogging atau menulis di blog (blogger) bersama komunitas guru dan blogger Bekasi, Jawa Barat. Sebelumnya sesekali posting tulisan di Kompasiana (2009), atau ketika saya hanya datang sebagai wartawan meliput kegiatan pertemuan blogger. Ketika itu namanya “Pesta Blogger” yang digelar setiap tahun di Jakarta.

Dunia blogging ternyata mengasyikkan. Kesan pertama mengenal dunia menulis di blog sendiri (sebelumnya di blog keroyokan Kompasiana) tersebut kemudian saya abadikan dalam blog gratisan saya yang kini sudah almarhum karena tak pernah saya isi tulisan lagi : nurterbit.blogspot.com Adapun judulnya adalah “Menemukan Dunia Baru di Purwakarta” edisi Desember 2011. Berikut kisah lengkapnya di bawah ini. Selamat membaca !
*****

TAK PERNAH terbayangkan sebelumnya bisa hadir di Purwakarta dan bergabung dengan komunitas guru dan para blogger. Meski latar belakang saya seorang jurnalis (wartawan) yang setiap hari bergelut dengan penyusunan kata-kata melalui komputer, namun secara jujur masih asing dengan dunia blog.

Tapi mulai detik ini, berani saya katakan bahwa dengan mengikuti kegiatan Training of Trainer ICT ini, saya mulai akrab dan mulai terbiasa dengan ICT. Itu bermula saat secara kebetulan membuka facebook dan menemukan segudang kegiatan dari Komunitas Bloger Bekasi bekerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi.

Mulai dari pelatihan pembuatan blog guru hingga seminar tentang guru tangguh berhati cahaya. Keduanya berlangsung di ruang rapat Pemkot Bekasi.

Begitulah awal perkenalan itu. Maka ketika kegiatan berikutnya digelar di Purwakarta, saya tidak buang-buang waktu lagi dan ikut mendaftar sebagai peserta. Pagi-pagi di Senin (26  Desember 2011), saya sudah meluncur ke Islamic Center Bekasi bersama isteri yang kebetulan seorang guru TK.

Sesaat kemudian, saya sudah bergabung dengan sejumlah 120 guru TK, SD, SMP, SMA dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Karawang, mengikuti pelatihan calon pelatih bidang teknologi informasi dan komunikasi (Training of Trainer Information Comunication Teknologi – ToT ICT) di Indosat Training and Conference Center (ITCC), Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Berikut foto-foto suasana pelatihannya :

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (26-27 Desember 2011) ini, digelar hasil kerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi, Komunitas Blogger Bekasi (Blogger Bekasi.com) dengan Indosat. Selama pelatihan, peserta menerima materi dan praktek berkaitan dengan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di sekolah.

“Kami dari kalangan guru sangat berterima kasih, bisa menambah wawasan mengenai ICT yang selama ini belum kami pelajari. Insya Allah ilmu ini sangat berguna untuk ditularkan baik kepada sesama guru, juga terutama kepada anak didik,” kata Siti Rabiah, S.Pd, Kepala TK Islam Raihan, Wisma Jaya, Bekasi Timur.

Penasehat Komunitas Blogger Bekasi dan IGI Kota/kabupaten Bekasi Wijaya Kusumah (Omjay) mengatakan, ke-120 guru dari wilayah Bekasi dan sekitarnya yang mengikuti training ini, adalah peserta training lanjutan setelah sebelumnya mereka mengikuti pelatihan blog di Islamic center dan kantor Pemkot Bekasi beberapa waktu lalu.

“Semua kegiatan itu, alhamdulillah didukung penuh oleh Indosat yang peduli dengan dunia pendidikan. Karenanya diharapkan dari kegiatan ini para guru  dapat memanfaatkannya di sekolah-sekolah mereka, khususnya tentang pemanfaatan blog dan jejaring sosial dalam dunia pendidikan,” kata Omjay, panggilan akrab Wijaya Kusumah.

Beberapa materi yang diberikan, ternyata cukup menarik. Misalnya materi pelatihan dengan topik “Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran” disampaikan Dr Sony Trilaksono dan Agus Sampurno, “Creative Blogging With Indosat Pustekkom” oleh Elga Yulwardian/Endy J Kurniawan Hasan, “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif” oleh Dedi Dwitagama dan Wijaya Kusumah.

Esok harinya, peserta diberikan materi “Pemanfaatan sosial Media dan Domain Berbayar” oleh Ajeng dan Vavai, dilanjutkan “Praktek Blog Berbasis WordPress” disampaikan Irfan dan Yulef.

Saya sudah tidak sabar lagi menunggu materi tersebut. Menunggu inilah, rasanya seolah menanti kekasih yang bakal bertemu esok harinya. Akh, bisakah malam ini mata saya terpejam? (Saya menyudahi tulisan ini sambil berharap tidak bangun kesiangan esok harinya).

Sekian.

#Nur Terbit #AwalNgeblog #KMAA-6
* Tulisan ini dimuat di blog pribadi https://nurterbit.blogspot.com  (2011) 

Tinggalkan Balasan

1 komentar