Sepakbola SEA Games 2022 : Lolos Ke Semifinal

Selamat pagi sobat,

Kemarin (Minggu, 15/05/2022) sore, saya menyaksikan laga terakhir Indonesia di cabang sepakbola SEA Games 2022 Grup A melawan Myanmar.

Pertandingan yang digelar di Stadion Viet Tri Phu Tho, Vietnam dan disiarkan secara langsung oleh stasiun TV RCTI berakhir untuk kemenangan Indonesia dengan skor telak 3-1.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke Semifinal dengan meraih sebanyak 9 poin dari tiga kali menang dan satu kali kalah.

Setelah di laga pertama, Indonesia dihajar Vietnam dengan skor telak 3-0 maka tiga laga berikutnya, Indonesia berhasil meraih kemenangan beruntun, masing masing menang 4-1 atas Timor Leste, menang 4-0 atas Filipina dan menang 3-1 atas Myanmar.

Dari sisi penampilan, Indonesia tampil semakin baik. Hal ini terlihat dari jumlah gol yang mampu dilesakkan ke gawang lawan yakni sebanyak 11 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Namun demikian, masih banyak yang harus dibenahi oleh tim pelatih sebelum laga di Semifinal karena bakal menghadapi lawan yang tangguh yaitu Thailand atau Malaysia.

Kelemahan yang menonjol terlihat dari sisi stamina yang kedodoran di babak kedua sehingga membuat Indonesia selalu dalam tekanan lawan dan membuat lawan bisa mencetak gol seperti saat melawan Vietnam (3 gol), Timor Leste (1 gol) dan Myanmar (1 gol).

Kemudian kelemahan di lini pertahanan juga harus diperhatikan terutama saat di babak kedua. Kerja sama antar pemain bertahan harus semakin baik meskipun ada rotasi pemain seperti Ilham Rio Fahmi dengan Asnawi Mangkualam lalu Dewangga dengan Firza Andika.

Di lini tengah dalam tiga laga terakhir sudah tampil cukup baik dan mampu menguasai permainan terutama di babak pertama. Marc Klok dan Ricky Kambuaya menjadi pemain yang selalu tampil sebagai starter sangat diharapkan dapat mempertahankan peforma permainannya di laga Semifinal mendatang mengingat faktor kelelahan bisa mempengaruhi faktor penampilan terlebih bila harus menghadapi lawan yang bermain dalam high pressing. Dua pemain tengah lainnya yaitu Syahrian Abimanyu dan Marselino Ferdinan yang diturunkan secara bergantian juga diharapkan tampil dalam kondisi prima di laga Semifinal mendatang.

Lini tengah ini menjadi faktor kunci dari permainan Indonesia di tiga laga terakhir.

Di lini depan, duet penyerang Witan Sulaiman dan Egy Maulana Vikri sangat menentukan kemenangan Indonesia disamping Irfan Jauhari atau Ridwan dan Ronaldo Kwateh sebagai pemain pengganti.

Tentu saja lawan Indonesia di Semifinal, Thailand atau Malaysia bakal berusaha mematikan pergerakan Witan dan Egy sehingga Irfan Jauhari atau Ridwan diharapkan bisa menjadi senjata pamungkas Indonesia di lini depan untuk bisa mencetak gol.

Tentu saja Pelatih Indonesia Shin Tae-Yong (STY) sudah mempunyai strategi untuk menghadapi lawan di Semifinal yaitu Thailand atau Malaysia. STY juga sudah mempersiapkan siapa pemain yang bakal turun sebagai starter di laga Semifinal mendatang.

Kita berharap, Indonesia bisa tampil dalam peforma terbaiknya di laga Semifinal dan bisa meraih kemenangan.

Insya Allah ..

Sobat, saatnya saya undur diri ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH 

Depok, 16 Mei 2022

Tinggalkan Balasan