oleh

Upaya Mendatangkan Banyak Pembaca Di Blog Pribadi

-Berita, KMAB, Literasi, Media, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 188 Orang

Selamat siang sobat,

Tak terasa sudah satu tahun lebih saya mengaktifkan kembali blog pribadi saya yakni doviri974.blogspot.com. Saya ingat saat itu hari Kamis (22/07/2021), saya kembali mengaktifkan blog pribadi saya tersebut setelah hampir lima tahun mangkrak.

Sejak hari itu, saya secara rutin mempublikasikan artikel artikel saya di blog pribadi tersebut.

Dari sekitar 500 artikel yang sudah saya publikasikan, kemudian saya abadikan dalam 10 buku ber-ISBN dan ber-QRCBN. Ada satu buku setebal 194 halaman yang berjudul seperti nama blog pribadi saya ini yakni DOVIRI 974 yang berisi kumpulan dari 47 artikel. 

Tentu saja saya merasa bersyukur setelah lebih dari satu tahun blog pribadi saya aktif kembali, saya sudah bisa memiliki 10 buku yang merupakan kumpulan dari artikel yang sudah saya publikasikan.

Namun demikian, ada satu hal yang masih membuat saya penasaran adalah jumlah pembaca di blog pribadi saya ini masih terbilang sangat sedikit.

Menurut catatan yang ada, sampai hari ini baru dibaca oleh 11.503 pembaca saja.

Hal ini sangat jauh berbeda dibanding ketika saya masih tergabung dalam kreator/penulis UC We Media di tahun 2017 hingga 2020 dimana tulisan saya dipublikasikan di media online UC News.

Di awal saya bergabung pada bulan Juni 2017, tulisan saya memang hanya dibaca oleh puluhan dan ratusan orang saja.
Namun setelah bergabung selama empat bulan di UC We Media, tulisan saya mulai menemukan pembacanya karena sudah dibaca oleh puluhan ribu orang.

Di media online UC News, sebuah tulisan dalam beberapa hari masih bisa menarik banyak pembacanya.

Memang media online sekelas UC News ini dibaca oleh lebih dari 100 juta orang sehingga jika sebuah tulisan sudah dibaca oleh puluhan ribu orang memang masih terbilang kecil. Saya ingat, ada kawan penulis di UC We Media, tulisannya dalam sehari
bisa dibaca oleh ratusan ribu orang.

Selama dua tahun 10 bulan saya bergabung dalam UC We Media, saya sudah memposting sebanyak 3056 artikel dan dibaca oleh 10.858.328 orang sehingga
sebuah artikel/tulisan saya rata rata dibaca oleh 3.544 orang. Hal ini terbilang sangat kecil bila dilihat dari banyaknya orang yang membaca di media online UC News.

Ada kerinduan saya mendapatkan ribuan pembaca untuk tulisan saya terjadi saat sekarang
ini saya menulis di blog pribadi saya.

Blog pribadi saya ini memang terbilang baru sebagai media online sehingga belumlah diketahui dan dibaca oleh banyak orang.

Oleh karena itu, setiap tulisan saya yang sudah saya publikasikan di blog pribadi says selalu saya share ke sosial media yang saya miliki seperti di Facebook pribadi maupun grup, Twitter dan Grup WA.

Dengan begitu, tulisan saya di blog pribadi saya ini nantinya dapat
menemukan pembacanya di media sosial yang saya miliki tersebut.

Kiat ini saya dapatkan saat saya tergabung di UC We Media. Di akun saya terdapat statistik persentase pembaca yang membaca tulisan saya di UC News dan Media Sosial yang saya miliki.

Saya pernah mendapatkan statistik 23 % pembaca tulisan saya dari media sosial milik
saya dan sisanya sebanyak 77 % pembaca dari UC News.

Meskipun kiat ini saya terapkan di blog pribadi saya namun baru mendapatkan puluhan pembaca saja. Saya tak menyerah dan tetap berkeinginan agar kerinduan
saya saat menulis di UC News dapat kembali saya rasakan saat menulis di blog pribadi saya.

Insya Allah ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 14 Agustus 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan