Batu Red Sojol Bermotif Penari

Gaya Hidup0 Dilihat

 

Kecamatan sojol di kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dikenal banyak memiliki bebatuan yang dapat dibentuk menjadi sebuah batu akik yang indah dan punya nilai jual yang cukup tinggi. Kolektor batu akik menyebutnya batu akik sojol.

Batu akik ini konon mempunyai energi yang baik untuk kesehatan maupun energi untuk kekuatan sehingga banyak orang menyebutnya batu sojol hercules (tokoh yang dikenal sebagai simbol kekuatan).

Seperti halnya batu akik yang lain, batu sojol ada yang berbentuk kristal (tembus bila terkena sinar lampu senter), ada yang semi kristal, ada juga yang tidak kristal namun mempunyai motif warna yang bervariasi atau motif mirip dengan sosok tertentu.

Adapun jenisnya ada beraneka ragam. Red Sojol yang berwarna merah kecoklatan, ada juga yang berwarna merah hati dan kadang sedikit ada warna putih pucatnya.

Kemudian ada jenis Pink Sojol yang berwarna pink dengan sedikit corak hijaunya yang membuat batu akik pink sojol ini terlihat lebih indah.
Ada jenis White Sojol yang berwarna putih buram. Ada jenis Black Sojol yang berwarna dasar hitam dengan corak hijau.

Kemudian ada pula yang berjenis Giok Sojol dn Green Sojol yang keduanya sama sama berwarna hijau.

Masih ada lagi yaitu jenis Kembang Sojol merah yang berwarna dominan merah, ada juga warna hijau dan putih. Ada Kembang Sojol Hijau yang berwarna dominan hijau dengan corak warna putih.
Ada jenis Sojol Sunkis yang berwarna kuning dengan serat putihnya. Ada lagi jenis Sojol loreng yang mirip dengan Kembang Sojol Hijau. Ada yang berjenis Pirus Sojol dan Sojol Panca Warna yang mirip dengan Kembang Sojol. Ada juga yang berjenis Solar Sojol yang berwarna coklat muda.

Yang banyak dicari dan diburu oleh kolektor dan penggemar batu akik adalah batu sojol yang berjenis Green Sojol dan Giok Sojol. Batu Sojol yang berwarna hijau ini cukup bervariasi dalam corak hijaunya. Yang punya harga jual tinggi tentulah Batu Sojol yang berbentuk kristal.

Yang ingin saya tunjukkan di sini adalah batu akik berjenis Red Sojol. Batu akik Red Sojol ini saya beli dalam bentuk bongkahan yang semi kristal, tembusnya masih tipis kalau kata penggemar batu akik.

Kemudian bongkahan tersebut saya bawa ke tempat pembuatan batu akik untuk digosok dan dipoles, gospol istilah para penggemar batu akik. Setelah menjadi sebuah batu akik berdimensi 24 mm barulah bisa terlihat motif yang terdapat di dalamnya yaitu sosok seorang penari (dapat dilihat pada gambar di atas).

Motif akan terlihat jelas apabila batu akik tersebut berada di tempat yang terang atau kita sorot dengan sinar lampu senter.

Karunia Tuhan yang wajib kita syukuri ..

 

NH

Depok, 13 November 2020

Tinggalkan Balasan