Scorpion Kick Ala Andritany Ardhiyasa

Sumber gambar : instagram.com/jakonline.1928

Selamat siang sobat,

Kejadian menarik terjadi saat saya menyaksikan di layar TV, pertandingan bertajuk Super Big Match antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada hari Sabtu (09/12/2023) dore WIB

Kejadian menarik itu adalah saat penjaga gawang Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa melakukan akrobat Scorpion Kick di laga kontra Persebaya Surabaya tersebut.

Yang lebih menarik, Andritany Ardhiyasa melakukan aksi akrobat Scorpion Kick itu bukan saat Persija Jakarta mendapat serangan dari Persebaya Surabaya.

Namun aksi akrobat Scorpion Kick itu dilakukan Andritany Ardhiyasa lantaran dia menerima backpass berupa tendangan lambung dan keras dari rekannya, Rizky Ridho.

Hal ini bermula saat Rizky Ridho berebut bola di dekat kotak penalti Persija Jakarta dengan striker Persebaya Surabaya Paulo Henrique.

Rizky Ridho yang tak mau kehilangan bola kemudian melakukan backpass kepada Andritany Ardhiyasa.

Celakanya backpass yang dilakukan Rizky Ridho terlalu kencang dan bola melambung ke arah Andritany Ardhiyasa.

Untunya Andritany Ardhiyasa dengan sigap mampu mengamankan bola lambung tersebut dengan cara akrobat dengan gaya Scorpion Kick.

Andritany Ardhiyasa nampak yakin Scorpion Kick nya tepat mengenai bola karena bila meleset maka bola bakal meluncur masuk ke gawangnya sendiri.

Sumber berita : jawapos.com (09/12/2023)

Apa yang dilakukan Andritany Ardhiyasa di laga melawan Persebaya Surabaya ini bukan kali pertama namun pernah dilakukannya saat Persija Jakarta menghadapi Persita Tangerang pada kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Indomilk Arena, Tangerang pada hari Sabtu (22/07/2023) malam WIB.

Sebagai penjaga gawang senior di sepak bola Indonesia, Andritany Ardhiyasa menunjukkan ketenangannya yang luar biasa saat melakukan build-up dari belakang saat di-press lawan.

Umpan dengan gaya Scorpion Kick ini awalnya terjadi ketika bek Persija Jakarta Ondrej Kudela, melakukan backpass karena mendapatkan tekanan ketat dari penyerang asing Persita Tangerang Ramiro Fergonzi.

Salah satu opsi yang bisa dilakukan Ondrej Kudela adalah melakukan backpass ke Andritany Ardhiyasa. Namun, Ondrej Kudela justru memberikan backpass yang melambung dan menyulitkan ke Andritany Ardhiyasa.

Beruntung mantan penjaga gawang andalan timnas Indonesia itu bisa mengontrol bola dengan dadanya. Setelah melakukan kontrol, penjaga gawang yang akrab dengan panggilan Bagol ini harus mengantisipasi Ramiro Fergonzi yang datang mendekatinya.

Secara tak terduga, Andritany Ardhiyasa langsung menendang bola yang masih di udara dengan gaya Scorpion Kick yaitu sembari membelakangi bola, dia menendang bola menggunakan tumitnya dan bola pun kembali ke arah Ondrej Kudela yang menerimanya dengan melakukan kontrol di dadanya.

Apa yang dilakukan oleh sang kapten Persija Jakarta ini mengingatkan pecinta sepakbola Indonesia terhadap aksi akrobatik Scorpion Kick  yang juga pernah dilakukan oleh penjaga gawang legendaris asal Kolombia, Rene Higuita.

Aksi akrobat Scorpion Kick ala Andritany Ardhiyasa saat melawan Persita Tangerang ini sempat diviralkan oleh salah satu akun media sepak bola ternama di dunia, Bleacher Report alias BR Football.

“Kontrol dan operan dari seorang kiper,” tulis akun Twitter @brfootball disertai emotikon wajah kaget dengan kepala meledak ..

Sumber berita : suara.com (24/07/2023)

Andritany Ardhiyasa memang seorang penjaga gawang fantastik, meminjam istilah yang kerap digunakan oleh pelatih Persija Jakarta Thomas Doll. Dia mampu mengulang aksi akrobatik Scorpion Kick dengan ketenangan yang begitu luar biasa !

Keren ..

#GuePersija ..

#PersijaSelamanya ..

Sobat, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun sebelum saya undur diri :

Si Dolah Anak Yang Kreatif

Selain Kreatif Juga Pandai Berdansa

Suporter Sepakbola Haruslah Sportif

Kalah Menang Itu Hal Biasa

***

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 10 Desember 2023

Tinggalkan Balasan