Jejak Kemiri di Masakan Jawa Timuran

Kuliner, Terbaru54 Dilihat

soto

Akhir-akhir ini aku doyan memasak. Aku lalu memerhatikan bahwa ada beberapa masakan Jawa Timuran ikonik yang menggunakan bumbu kemiri.

Ya, rupanya ada jejak kemiri di masakan Jawa Timuran. Sama halnya dengan santan yang lekat dengan masakan Padang, andaliman dengan masakan Sumatera Utara, dan gula merah pada masakan Yogya.

Jejak kemiri pertama adalah di masakan soto. Tak sedikit yang menggunakan tambahan kemiri dalam masakan soto. Kemiri ini memberikan kontribusi menjadi kuah yang lebih kental. Namun kemiri ini menjadi opsi karena siapa tahu ada yang lebih suka dengan kuah yang encer dan bening.

Kemiri juga bisa ditemukan di resep rawon. Masakan berkuah hitam dengan rasa yang khas ini umumnya juga diberikan tambahan kemiri sehingga kuahnya terasa lebih kental dan rasa yang lebih lembut. Kemiri ini disangrai dulu baru dihaluskan.

Nah jejak ketiga ada di nasi goreng khas Surabaya. Rasa nasi gorengnya khas, berbeda dengan nasi goreng kecap ala Jakarta dan nasi goreng merah dengan cabe biasanya. Telisik demi telisik rupanya ada penjual nasi goreng pinggir jalan, eh ada beberapa sih, yang resepnya ada bumbu rahasia berupa kemiri. Tambahan kemiri ini memberikan rasa dan aroma yang khas. Nasi gorengnya juga terasa lebih pulen dan lembut.

rawon

Sebenarnya masih ada lagi jejak kemiri di masakan Jawa Timuran. Ayo…kalian bisakah menebaknya?

Gambar dari Dictio Community dan Masak Apa Hari Ini

Tinggalkan Balasan