Ide Menulis dari Waktu dan Musim

Musim berubah, ada banyak hal yang bisa dikisahkan. Ide menulis pun berhamburan, tinggal dipetik dan dikembangkan.

Musim hujan adalah tema yang banyak ditulis sebagai puisi dan prosa. Kisah-kisah tentang hujan memang terasa romantis ketika gerimis. Sebaliknya, ketika hujan membesar dan menjadi banjir bandang, maka cerita berubah menjadi nestapa.

Apakah kamu menghitung berapa banyak adegan romantis berpayung berdua? Ya, hujan memang menyentil sisi romantis, sehingga ada banyak kisah cinta memiliki latar hujan.

Lantas bagaimana dengan musim kemarau. Musim kemarau juga punya banyak ide gagasan. Ada jenis tanaman yang tahan terhadap musim kemarau sehingga masyarakat setempat tak pernah kelaparan. Ini bisa jadi ide tulisan.

Musim kemarau juga memberikan ide tulisan. Bukan hanya seputar petani dan masyarakat yang bersusah karena sungai mengering dan sebagainya. Tapi juga bisa membahad tentang sebuah daerah yang akhirnya menemukan solusi berkaitan dengan hambatan pada musim kemarau.

Selain musim hujan dan kemarau, di Indonesia juga banyak musim buah-buahan. Di pedagang buah trotoar sepanjang Kramat Jato kulihat buah mangga mulai diperdagangkan. Senangnya. Buah mangga adalah salah satu buah yang banyak digemari. Kaya akan jenisnya, berair, dan nikmat. Ah buah mangga bisa memberikan sejumlah banyak ide tulisan.

Bagaimana dengan waktu? Waktu pagi dan malam pasti berbeda dan memberikanmu ide yang berbeda.

Apa yang tebersit di benakmu mendengar kata pukul tiga dini hari. Apakah kamu merasa takut atau malah ingin segera bersuci dan mendekatkan diri ke penguasa alam ini?

Kalian tak perlu takut kekurangan ide tulisan karena waktu dan musim menyediakan beragam ide. Tinggal kalian pilih mana yang ingin kalian tulis.

Pagi ini tak terlihat awan hitam. Langit bersih dan udara masih terasa segar. Daun-daun bergoyang seirama, menikmati hembusan angin yang seolah-olah mengajak berdansa. Aku pun menikmati suasana pagi cerah ini dengan sumringah.

Pagiku indah dan hariku juga akan semarak. Kalian juga semoga menikmatinya. Kini cobalah menuliskan perasaan kalian saat ini terhadap pagi yang indah.

Tinggalkan Balasan