# KMAB Perjuangan Timnas Senior Indonesia Dalam Kualifikasi Piala Asia 2023

(Selebrasi Timnas Indonesia Dok: pribadi/tangkapan layar the-afc.com)

Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan sepak terjang timnas Indonesia dalam mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023. Kualifikasi Piala Asia putaran ketiga ini diselenggarakan di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kuwait dari tanggal 8 s/d 15 Juni 2022 yang lalu.

Dalam gelaran kegiatan sepakbola paling bergengsi di Asia ini, Indonesia berhasil menempatkan tim terbaiknya yang masuk dalam putaran ketiga. Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 setelah melewati play-off dan mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1.

Selanjutnya Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan jadwal lengkap untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil undian menempatkan Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

 

  1. Perjuangan Menghadapi Kuwait

Partai pertama babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala AFC 2023 digelar Rabu (8/6/2022). Saling berhadapan antara Timnas Indonesia melawan tuan rumah Timnas Kuwait.

Timnas Indonesia saat itu ada di posisi 159 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFC, Indonesia belum pernah lolos dari fase group.

Sementara itu, Timnas Kuwait saat itu ada di posisi 146 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFC, Kuwait pernah meraih posisi runners up pada tahun 1976 dan juara pada tahun 1980.

Berdasarkan data head to head, kemampuan Kuwait lebih unggul dari Indonesia dengan rekor dua kali menang, satu kali kalah dan tiga kali seri. Peringkat dunia FIFA, Kuwait lebih tinggi dari Indonesia. Pengalaman di Piala AFC, Kuwait lebih unggul dari Indonesia.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diprediksi Kuwait memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan duel melawan Indonesia. Tapi faktanya, Indonesia mampu mencuri point dari Kuwait.

Indonesia mampu menaklukkan tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1 lewat gol yang dicetak oleh Marc Klok dan Rachmat Irianto. Indonesia membuka peluang untuk lolos ke putaran final.

(Timnas Indonesia Dok: pssi.org)
  1. Perjuangan Menghadapi Yordania

Partai kedua babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala AFC 2023 digelar Minggu (12/6/2022) pukul 02.15. Timnas Indonesia melanjutkan kiprahnya dalam babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia melakoni partai kedua babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 berhadapan dengan Timnas Yordania.

Timnas Indonesia saat itu ada di posisi 159 peringkat dunia FIFA (berdasarkan data yang dipublish tanggal 31 Maret 2022). Di ajang Piala AFC, Indonesia belum pernah lolos dari fase group.

Sementara itu, Timnas Yordania saat itu ada di posisi 91 peringkat dunia FIFA (berdasarkan data yang dipublish tanggal 31 Maret 2022). Di ajang Piala AFC, Yordania pernah dua kali meraih posisi perempat final pada tahun 2004 dan 2011.

Berdasarkan data head to head, kemampuan Yordania jauh lebih unggul dari Indonesia dengan rekor empat kali menang, dan tak terkalahkan. Peringkat dunia FIFA, Yordania jauh lebih tinggi dari Indonesia. Pengalaman di Piala AFC, Yordania lebih unggul dari Indonesia.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diprediksi Yordania memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan duel melawan Indonesia. Faktanya, sesuai dengan prediksi, Indonesia belum mampu mencuri point dari Yordania.

Indonesia gagal menaklukkan Yordania dan kalah tipis dengan skor 0-1. Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke putaran final sebagai runner-up terbaik, dengan catatan mampu menalukkan timnas Nepal di pertandingan terakhir.

 

  1. Perjuangan Menghadapi Nepal

Partai ketiga babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala AFC 2023 yang sangat menentukan bagi Indonesia digelar Rabu (15/6/2022) pukul 02.15. Timnas Indonesia melanjutkan kiprahnya dalam babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia melakoni partai ketiga babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 berhadapan dengan Timnas Nepal.

Timnas Indonesia saat itu ada di posisi 159 peringkat dunia FIFA (berdasarkan data yang dipublish tanggal 31 Maret 2022). Di ajang Piala AFC, Indonesia belum pernah lolos dari fase group.

Sementara itu, Timnas Nepal saat itu ada di posisi 168 peringkat dunia FIFA (berdasarkan data yang dipublish tanggal 31 Maret 2022). Di ajang Piala AFC, Nepal tidak pernah lolos ke putaran final.

Berdasarkan data peringkat dunia FIFA, Indonesia lebih tinggi dari Nepal. Pengalaman di Piala AFC, Indonesia lebih unggul dari Nepal.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diprediksi Indonesia memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan duel melawan Nepal. Faktanya, sesuai dengan prediksi, Indonesia mampu mencukur Nepal dengan skor 7-0 lewat gol yang dicetak oleh Dimas Drajad, Witan Sulaeman (2 gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Indonesia pun akhirnya lolos ke putaran final sebagai runner up group terbaik. Indonesia terakhir lolos ke putaran final Piala Asia pada tahun 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Tinggalkan Balasan