Pengaruh Gadget Di generasi muda

Gaya Hidup, Hiburan61 Dilihat

Nama : Raisya Dinanti

Nim : 20029

Kelas : 1A/27

Assalamualaikum wr.wb saya Raisya Dinanti dari kelas 1A ingin menulis tentang pengaruh gadget di generasi muda.Gadget adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk kebutuhan dalam internet, dimana gadget saat ini dirancang begitu kompleks dan seiring perkembangan jaman gadget semakin canggih.

Pada generasi muda jaman sekarang,bukan suatu hal yang baru dalam remaja untuk mempunyai suatu gadget seperti smartphone dan komputer,tablet dsb.

Saat ini gadget di kalangan remaja tidak hanya sebagai media komunikasi saja. Gadget yang marak di kalangan remaja saat ini lebih berfungsi sebagai alat yang multi fungsi.

Kamera salah satunya dapat dimanfaatkan oleh para pengguna gadget untuk mengabadikan moment – moment pribadinya, selain itu fasilitas social media.Bermain gadget/handphone mempunyai dampak yg negatif dan positif,tetapi lebih banyakan dampak negatif sejak dini.

apa aja sih dampak negatif dan positif terhadap gadget/handphone ?.Dampak negatif nya itu seperti : – Menjadi pemalas dan lupa waktu,- bikin mata rusak,-Bisa membikin kecanduan gadget terhadap anak dan masih banyak lainnya.

disisi dampak negatif masih ada dampak positif nya yaitu: -Bisa menggali/mencari informasi sebanyak mungkin,- bisa refreshing otak,-bisa mencari teman sebanyak mungkin, – Memperluas jaringan pertemanan, -mempermudah komunikasi.

 

Jadi gadget tidak selalu berdampak negatif terhadap kehidupan, semua itu tergantung bagaimana pemilik gadget tersebut menggunakannya dalam bidang positif ataupun negatif. Dan jangan salahkan gadget nya apabila orang tersebut berubah menjadi orang yang lebih buruk.

Tapi sebagai orang tua harus mengkontrol atau mengawasi anak nya sehingga tidak keblablasan untuk bermain gadget.bermain gadget bisa membuat kecanduan anak.

Mereka hampir setiap hari menggunakan gadget untuk kebutuhan masing-masing, berbeda dengan orang yang menggunakan gadget buat main-main.

Di era millenial ini, pemandangan lalu lalang orang menggunakan gadget bukanlah suatu hal yang aneh lagi. Mulai dari anak sekolah hingga orang lanjut usia pasti sudah memiliki gadget.Fenomena penggunaan gadget seakan-akan memiliki dunianya sendiri.

semenjak adanya gadget/handphone mulai jarang ditemui orang-orang yang semula tidak saling mengenal kemudian akrab, akibatnya didunia nyata menjadi gagap dalam berinteraksi dengan orang lain.

Para generasi millennial pengguna gadget sebaiknya bisa merenungi dan menyadari pengaruh positif dan negative gadget dan bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu over, harus tepat sasaran.

Namun, tak hanya soal karir atau komunikasi, hadirnya teknologi yang semakin canggih memudahkan gaya hidup millennial dalam lingkup lain. Seperti smart product yang memudahkan kehidupan dalam hal apapun. Smart product ini dapat mengatasi berbagai kendala sehari-hari atau aktivitas hobi dengan waktu singkat, tenaga yang minim, dan real.

Bermain gadget/handphone sangatlah wajar di masa generasi muda sekarang tapi gimana kita harus mengontrol jangan bermain gadget/handphone selama 24 jam.di karenakan bermain 24 jam bisa mengganggu kehidupan kalian.

kalian harus bisa mengendalikan atau menjauh dari handphone walaupun Cuma 1 jam.kalian tidak perlu memegang handphone,harus mencari kegiatan seperti lakukan hobi kalian,memasak atau yang lainnya.karena disini tidak mrmrgang handphone selama 24 jam.

Gadget sebenarnya sangat bermanfaat jika digunakan dg bijak. Apabila anak dibawah umur sdh diberikan gadget sebaiknya ortu tetap mengawasi kegiatannya dikarenakan takut menggunakan aplikasi yg dpt merusak jaringan otak.Namun, kita harus cerdas dalam menggunakan teknologi gadget ini untuk mencari informasi.

Jika kita tidak cerdas dalam menggunakannya maka banyak akibat buruk yang dirasakan seperti kecanduan bermain gadget, mencari hal yang tidak bermanfaat dan lainnya.

Penggunaan gadget yang berebihan hanya akan membuang waktu secara sia-sia, seringkali kita memeriksa media sosial padahal tidak ada notifikasi apapun. Atau meng-update kegiatan sehari-hari di seluruh media sosial yang kita punya.

Selain menghabiskan banyak waktu, kita jadi terlihat sibuk sendiri dengan aktivitas di dunia maya. Padahal banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di dunia nyata.
Pada zaman sekarang remaja yang menyalahgunakan teknologi, tak jarang banyak anak muda yang seringmengunjungi situs-situs yang berbau pornografi, ajang penjudian online, penipuan khususnya dibidang transaksi jual beli online dan juga menimbulkan banyaknya kejahatan yang terjadi seperti penculikan, pemerkosaan dan lain-lain.

Jadi kesimpulannya untuk pengaruh gadget/handphone adalah jangan kecanduan pada smartphone anda,lakukan hal-hal yang kalian suka seperti menyiram tanaman,melakukan aktivitas-aktivitas yang positif.dan sebagai orang tua harus mengawasi anaknya sehingga tidak menonton atau membuka hal-hal yang negatif.sekian dari saya,maaf kalo ada salah kata atau penulisan assalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan