Kayanya Manfaat Pisang (Seri Kedua)

Tidak banyak diketahui orang

Masih membicarakan mengenai pisang. Dari mulai cara memisahkan anak pohon pisang dari induknya, hingga cara menggunakan daun pisang secara maksimal dapat saya ceritakan secara detail,karena dulu kami pernah menanam sekitar 40 batang pisang.

Daunnya, walaupun sudah kering tetap dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus aneka ragam kue . Dikampung halaman kami di sebut Krisik Bahkan tandan daun pisang dimanfaatkan untuk dijadikan tali m

Kita lihat manfaat Pisang ini sangat banyak.Yang sudah kita bicarakan mengenai daun pisang,jantung pisang .

Mari kita lihat manfaat lain dari Pisang  :

Akar  pohon pisang manfaatnya.:

Meredakan demam
Mencegah dan menyembuhkan sariawan
Meredakan asma
Mencegah hipertensi
Sebagai penawar racun
Mengatasi gangguan pencernaan
Meredakan demam ;

Demam terjadi bila tubuh melawan infeksi ,baik dari virus atau bakteri .  Air rebusan akar pisang dapat mengatasinya.

Mengobati sariawan:

Air rebusan akar pisang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan. Walaupun sariawan bukan termasuk gangguan kesehatan yang membahayakan tetapi bagi yang sudah pernah mengalami, rasanya cukuplah sekali saja.

Sekaligus berguna untuk menyegarkan bau mulut.,juga sakit gigi serta bau mulut.

Membantu meredakan Asma

Sifat inflamasi dan antiradang yang ada pada akar pisang dapat dimanfaatkan untuk meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan terjadinya asma. Asma menyebabkan setiap kali Kita bernafas menimbulkan bunyi yang sangat tidak enak didengar.

Caranya :

Dengan menghirup air rebusan hangat dari akar pisang beberapa kali Serta meminum segelas air rebusan tersebut. Hingga saat ini belum ada yang mendapatkan efek negatif dari memanfaatkan akar pohon pisang.

Mencegah dan mengatasi hipertensi:

Dengan meminum air rebusan akar pisang dapat menurunkan tensi.Segelas pagi segelas sore secara rutin dapat membantu menurunkan tensi.

Sebagai penawar racun

Akar pisang yang mengandung tanin dapat digunakan sebagai antiseptik untuk menawarkan racun yang disebabkan oleh berbagai faktor pola hidup yang tidak sehat.

Mengatasi gangguan pencernaan

Air rebusan akat Pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk atasi gangguan pencernaan… Termasuk Kram perut dan atasi diare. Bagi yang sudah pernah mengalami sakit mag , pasti tahu betapa menderitanya sewaktu mag kambuh.

Inti  tengah pohon pisang

Tidak banyak yang mengetahui manfaat inti tengah pohon pisang ini.Sewaktu kami diundang makan di Mataram ,ternyata masakan salah satunya terdiri dari sayuran yang terbuat dari inti tengah pohon pisang. Yang dimasak dengan santan dan irisan Cabe.

Manfaat inti tengah pohon pisang:

Mengontrol tekanan darah
Mengatasi diabetes
Membantu Penyembuhan Anemia
Menurunkan berat badan
Menstabilkan gula darah
Mengobati gangguan batu ginjal
Mengatur tekanan darah:

Dengan minum jus inti tengah pohon  pisang dapat membantu menetralisir tekanan darah.. Karena tensi yang tinggi menjadi pemicu terjadinya stroke. Menurut penelitian,  inti tengah pohon pisang mengandung kalium.yang berfungsi mengontrol tekanan darah

Mencegah dan menyembuhkan diabetes;

Jus inti tengah pohon pisang dapat mengatur tingkat insulin dalam tubuh Yang baik untuk pengobatan diabetes. Gangguan diabetes yang parah dapat menyebabkan kebutaan .

Inti tengah pohon pisang mengandung serat yang mampu mengontrol gula darah

Membantu menyembuhkan Anemia

Inti tengah pohon pisang ini banyak mengandung zat besi dan vitamin B6 yang berperan melakukan peningkatan hemoglobin dalam darah. Penderita Anemia tampil lesu dan pucat,serta tidak bergairah menjalani hidup.

Meminum jus Tengah pohon pisang secara rutin dapat membantu menyembuhkan Anemia.

Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada inti  pohon pisang dapat membantu  mencegah terjadi obesitas. Disebabkan minum jus inti tengah pohon pisang menimbulkan rasa kenyang dalam waktu lama.

Menstabilkan gula darah

Inti tengah pohon pisang mengandung  gimmick rendah sehingga dengan mengomsumsinya mencegah peningkatan  glukosa dalam darah. Langkah terbaik adalah mengonsumsi sesaat sebelum makan .

Mengobati gangguan ginjal

Inti tengah pohon pisang   mengandung diuretik yang bersifat melarutkan racun dan membersihkan saluran kemih.Jus inti tengah pohon pisang ini harus dicampur dengan perasan jeruk nipis atau kapulaga sehingga menghasilkan manfaat yang maksimal

Daftar bacaan:https://health.grid.id.

https://www.kompas.com.

Kesimpulan:

Semakin rajin membaca semakin banyak hal yang bermanfaat dapat dipelajari Salah satunya adalah mengetahui manfaat pisang berserta seluruh bagian pohon dan daunnya. Tentu saja pengetahuan ini disikapi secara arif dan bijaksana. Karena tidak menggantikan peran dokter.

Perlu diingat untuk merebus akar pohon pisang harus dicuci bersih sampai bersih.Karena pada akar pisang banyak melekat bermacam macam kotoran dalam tanah termasuk bakteri bakteri yang mungkin akan terbawa bila tidak dicuci sampai bersih. Jangan sampai terjadi,maksud hati ingin memetik manfaatnya, tapi malahan dapat penyakit lain akibat memanfaatkannya asal asalan

5 Oktober 2023

Salam saya,

Roselina

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Selamat Pagi Uni Rosakine jo Uda Tjiptadinata Effendi. Terima kasih telah posting di website YPTD. Informasi yang sangat bermanfaat untuk kita semua terkait Flora Indonesia.
    Salam Literasi