Ada banyak hal unik yang dapat Anda rasakan selama mengajar dalam masa pandemic. Apalagi ketika mengajar dengan dua cara, daring dan luring. Apa sih daring dan luring itu? Mau tahu , ya? Daring itu dikenal dengan Dalam Jaringan, sedangkan luring dikenal dengan Luar Jaringan. Mengajar dengan daring dan luring, maksudnya mengajar online dan tatap muka. Bingung kan?
Selama masa pandemic, ada di satu masa, dalam kurun waktu tertentu , saya mengajar dengan daring dan luring. Tentunya yang datang ke sekolah mendapat ijin dari orang tua. Ada beberapa siswa yang diijinkan datang ke sekolah, mengikuti pembelajaran secara tatap muka. Ini yang disebut luring. Ada juga siswa yang tidak mendapat ijin dari orang tua untuk mengikuti pembelajaran tatap muka, tetap bisa mengikuti pembelajaran secara online. Ini yang disebut daring. Lalu bagaimana saya melakukan pembelajaran secara langsung, daring dan luring? Berikut akan saya paparkan bagaimana saya mengajar daring dan luring sekaligus.
Yang pertama, Anda harus membuat media pembelajaran. Media ini dapat berupa ppt sebagai bahan presentasi. Media ini harus diupload dulu, sehingga ketika Anda meeting dengan siswa, ppt ini sudah ada di dalam file. Hal ini dilakukan untuk efisiensi waktu, dan juga menghindari loading lambat. Jika Anda tidak memiliki media, maka Anda harus melakukan pembelajaran daring dengan langsung menjelaskan di papan. Pastikan arah layar pada papan yang Anda gunakan untuk mengajar. Agar hanya satu yang tampil, gunakan fasilitas spotlight.
Yang kedua, siapkan perangkat. Perangkat yang Anda gunakan harus memadai dan compatible . Cek sound, mic dan software yang akan Anda gunakan untuk pembelajaran. Cek juga batrei laptop. Pastikan batrei sudah terisi penuh.
Yang ketiga, pastikan jaringan stabil. Jika Anda menggunakan wifi, dipastikan tidak ada gangguan jaringan listrik. Namun jika Anda menggunakan paketan data, pastikan paketan Anda mencukupi untuk melaksanakan pembelajaran.
Yang keempat, pastikan kondisi Anda dan siswa dalam keadaan sehat wal afiat. Selalu gunakan masker dan tetap jaga jarak. Ini yang sangat penting. Karena biar secanggih apapun media yang kita gunakan, jika kondisi badan kurang sehat, apalah artinya. Nah yang menjadi masalah adalah, jika kondisi kurang sehat, sedangkan pembelajaran harus tetap berlangsung sesuai jadwal. Ijin tidak melaksanakan pembelajaran, itu adalah satu-satunya solusi yang paling tepat. Tidak usah memaksakan diri mengadakan meeting, atau tatap muka online. Siswa cukup diberi tugas melalui wa group atau video call dengan siswa melalui wa group. Fasilitas ini sudah dapat Anda nikmati. Mudah, bukan?
Mengajar daring dan luring banyak meninggalkan kesan mendalam. Siswa yang hadir di kelas seolah rindu dengan kehadiran gurunya. Mereka begitu semangat mengikuti pembelajaran di kelas. Ingin rasanya selalu berada di dekat mereka, bercanda dan berbincang dengan siswa tanpa batas. Namun, keadaanlah yang memaksa untuk selalu menjaga jarak. Meski melakukan pembelajaran tatap muka, tetap harus menjaga jarak, memakai masker dan selalu cuci tangan. Yang mengikuti pembelajaran tatap muka di kelas juga terbatas beberapa siswa dalam satu kelas
siswa yang mengikuti luring
Mengajar luring, membutuhkan perhatian dan tenaga yang ekstra. Anda harus siap membagi hati di kelas dan di layar laptop Anda. Anda juga harus menjelaskan materi dari layar laptop yang terhubung langsung dengan LCD. Siswa yang di dalam kelas, memperhatikan materi yang disampaikan melalui LCD, siswa yang di rumah memperhatikan melalui mater yang Anda share melalui share screen. Dan Anda, duduk di depan laptop Anda. Memperhatikan layar laptop dan siswa yang di dalam kelas. Nah , loh. Hati , pikiran dan tenaga Anda akan terbagi dua, di layar laptop dan di kelas. Yang paling seru, jika saatnya siswa presentasi. Mana yang lebih dulu maju presentasi. Supaya adil, presentasi siswa dibuat bergilir. Yang di dalam kelas, mendapat giliran lebih dulu, baru kemudian yang di rumah. Oleh karena yang mengikuti pembelajaran daring lebih banyak daripada yang mengikuti pembelajaran luring, maka perbandingan giliran yang maju presentasi 1 : 2 . Anda mungkin dapat menyesuaikan dengan situasi yang terjadi di selama pembelajaran di kelas Anda.