Guru Blogger Madrasah

Terbaru8 Dilihat

Guru Blogger Madrasah

Cing Ato

Dewasa ini istilah blog sudah tidak asing lagi khususnya bagi para pencinta literasi. Penulis sendiri sudah kenal dengan dunia blog setelah belajar menulis. Sejak tahun 2016 penulis sudah punya blog, penulis banyak menulis apa yang penulis bisa di blog.

Dahulu penulis membuat blog melalui laptop, seiring bergantinya waktu kecanggihan teknologi mempermudah segalanya. Kini penulis membuat blog cukup melalui smartphone, sehingga menulis bisa dalam kondisi apa saja dan di mana saja.

Sementara waktu penulis menggunakan blog gratisan milik blogspot. Pernah juga menggunakan wordpress tetapi tidak lama.

Blog penulis ada dua, yaitu: suharto13.blogspot.com dan s

uharto69.blogspot.com. ada juga penulis menulis di website orang lain. Seperti, website YPTD dengan branding Suharto pengarang YPTD. Dan juga website milik Kompasiana dengan branding guru blogger madrasah. Sementara di blog guru siana sudah tidak aktif.

Sebelum penulis bahas lebih jauh. Mari kita bahas dahulu tentang apa yang dimaksud dengan blog.

Pengertian Blog.

Blog (dari kata web log[1]) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. -Wikipedia

Menurut Website Hub blog adalah buku harian atau jurnal online di situs web. Konten blog biasanya mencakup teks, gambar, video, GIF animasi, dan bahkan pindaian buku harian atau jurnal offline fisik lama dan dokumen kertas lainnya.

Sementara itu, menurut First Site Guide blog adalah jurnal online atau situs informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru terlebih dahulu. Ini adalah forum tempat seorang penulis atau sekelompok penulis bertukar pandangan tentang satu topik.

Dengan demikian blog adalah situs web yang bukan saja berisi sebuah tulisan, tetapi juga berupa gambar, video, gif animasi, dan lainnya.

Manfaat Blog.

Dari pengertian bisa kita pahami manfaat dari blog. Di antaranya, wadah untuk menulis bagi para literat, juga untuk menyimpan berbagai macam tulisan. Cukup menulis tag atau tema di kolam label. Dengan label kita akan bisa menemukan jenis tulisan yang hendak kita cari. Misalnya, tulisan tentang puisi. Cukup cari di label kata puisi. Maka, seluruh tulisan puisi akan muncul dan tidak tercampur dengan genre lainnya.

Bagi seorang guru blog sangat membantu dalam proses kegiatan pembelajaran. Cukup guru share link blog. Para siswa cukup mengkliknya, lalu tulisan akan bisa dibaca para siswa. Sebaliknya, ketika para siswa akan mengumpulkan tugas, cukup share link-nya ke guru. Tidak perlu lagi para siswa membawa buku untuk mengumpulkan tugas-tugasnya.

Menjadi Guru Blogger.

Setiap orang yang menulis di blog dan dilakukannya berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama dan bahkan tidak pernah meninggalkan akan blog, secara otomatis mereka adalah seorang blogger.

Begitu juga dengan seorang guru. Jika guru itu rajin menulis secara otomatis pula dinobatkan sebagai guru blogger.

Penulis kebetulan juga sering menggunakan blog sebagai wadah untuk menulis dan bahkan dijadikan sebagai sarana kegiatan pembelajaran. Maka, secara pribadi penulis menjadikan blog sebagai brading, lalu disandingkan dengan keberadaan tempat di mana penulis bekerja. Jadilah brand penulis guru blogger madrasah.

Anda bisa lacak di internet dengan cara menulis kalimat Guru Blogger Madrasah, muncullah blog penulis. Ketika orang bertanya siapa guru blogger madrasah. Jawabannya adalah penulis.

Hampir setiap hari penulis menulis dan disimpan di blogspot. Sudah ratusan artikel dengan berbagai macam genre ada di sana. Dari tulisan-tulisan yang tersimpan di blog lalu penulis himpun menjadi buku. Sudah puluhan buku yang berhasil penulis jadikan buku. Di antaranya buku yang Anda baca ini adalah buku solo ke -15. Masih banyak lagi tulisan yang belum dijadikan buku.

Itulah betapa pentingnya menulis di blog. Tulisan tak akan pernah hilang, kecuali penulis sendiri yang menghilangkannya.

 

Cakung, 30 Maret 2022

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar