Guru Perancang (25)
KMAC 25
Cing Ato
Pada kuadran keempat, Robert T. Kiyosaki menempatkan guru perancang. Guru perancang di atas lebih hebat dari pada guru profesional.
Guru perancang memiliki mentalitas yang luar biasa. Di samping memahami akan keprofesionalannya, ia juga memiliki visi untuk mencerdaskan anak bangsa.
Guru perancang mendidik dan merancang metode pembelajaran dengan kreatif agar dapat dinikmati oleh seluruh guru di belahan dunia ini.
Guru perancang mempunyai mentalitas yang yang luar biasa sehingga ia sanggup mengubah diri seorang guru menjadi lebih elegan dan bermartabat di depan banyak orang.
Guru perancang guru yang sangat kreatif, ia mampu menuangkan ide-ide brilian ke dalam sebuah tulisan, buku, dan konsep-konsep lain dalam rangka mengubah arah pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.
Guru perancang kaya dengan inovasi-inovasi kekinian yang bisa mendongkrak kualitas pendidikan.
Guru perancang di dunia ini tidak banyak, hanya segelintir guru yang menyibukkan dirinya untuk kemajuan pendidikan.
Andaikan guru perancang lebih banyak dari pada guru biasa, dipastikan pendidikan di Indonesia semakin berkualitas.
Indonesia dari tahun ke tahun terus menjajaki berbagai macam konsep dan bentuk kurikulum. Setiap ganti kepemimpinan ganti pula kebijakan pendidikan.
Kini Indonesia sedang menjalani dua macam kurikulum. Kurikulum tiga belas dan kurikulum merdeka. Kurikulum tiga belas yang disingkat kurtilas belum saja dipahami oleh sebagian guru sudah berubah lagi dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum merdeka.
Ada sebagian sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Namun, dipertengahan jalan banyak sekolah yang mengeluh. Kurikulum merdeka terlalu banyak menyedot anggaran, sehingga pihak sekolah agak kewalahan. Sementara terus meminta ke orang tua siswa agak sedikit kesulitannya.
Semua kurikulum ada plus minusnya. Maka itu kurikulum tidak ada yang sempurna. Ada kelebihan dan kekurangannya.
Disinilah guru perancang diuji keluar biasaanya untuk merancang berbagai konsep pendidikan agar bisa membantu memecahkan permasalahan-permasalahan pendidikan dewasa ini.
Sejuta jurus jitu pun dikeluarkannya. Perubahan kurikulum merupakan peluang guru perancang untuk mencurahmuntahkan ide-ide briliannya, lalu menjadi sebuah konsep atau buku sebagai panduan bagi semua guru.
Demikian guru perancang merupakan guru yang bementalitas di atas guru profesional. Guru yang sangat aktif, kreatif, dan inovatif. Sehingga dunia pendidikan terbantu oleh konsep-konsepnya.
Cilincing, 7 Maret 2023.