Museum Nasional Indonesia dengan Wajah Baru

Terbaru8 Dilihat
Oplus_131072

Museum Nasional Indonesia (MNI) yang berlokasi di Jakarta Pusat, kembali dibuka untuk umum, sejak Selasa, 15 Oktober 2024.

 

Tentunya dengan wajah baru, seperti kehadiran narasi dalam setiap koleksi, termasuk koleksi-koleksi yang terdampak kebakaran. Disini dengan menggandeng banyak pihak ada budayawan, sejarahwan, kolektor, hingga kurator kelas dunia.

 

Dari pantauan saya di lokasi pas pembukaan, tampaknya pengunjung sangat antusias dibukanya kembali museum ini. Tidak hanya dari masyarakat lokal, juga warga asing, dan sepertinya tidak ada batasan umur. Seperti yang terlihat yang berkunjung ada pelajar, mahasiswa, orang tua termasuk manula.

 

Di Museum ini kita mendapatkan sesuatu yang baru, karena tidak hanya benda-benda bersejarah yang dipamerkan, tetapi juga cerita dibalik setiap koleksi termasuk pengalaman selama berkunjung.

 

Pengunjung juga bebas mengabadikan benda-benda bersejarah tersebut dengan kamera digital atau kamera ponsel masing-masing, hanya saja sebelum mengitari keseluruhan, wajib menitip tas ke tempat penitipan yang sudah tersedia. (Tas yang terlihat ukuran besar seperti Tas Ransel atau semacamnya).

 

Museum Nasional ini, menggelar pameran mulai dari 15 Oktober hingga 31Desember 2024. Ada 3 yang dipamerkan, diantaranya

Pameran Repatriasi, Pameran Pasca Kebakaran, dan Pameran Wajah Baru Museum Nasional.

 

Nah, seperti kita tahu Museum ini memang sempat ditutup untuk umum akibat kebakaran yang terjadi pada 16 September 2023 tahun lalu. Dimana saat itu menghanguskan beberapa bagian ruangan museum.

 

Namun usai insiden yang terjadi, pihak Museum Nasional Indonesia langsung mereparasi bangunan yang terbakar termasuk koleksi-koleksi yang terdampak dari kebakaran.

 

Mungkin teman-teman yang hendak kesini ada yang bertanya, masuknya seperti apa? berbayar atau free kah?

Pastinya berbayar iya, dan harga tiket masuk ke Museum Nasional wajah baru tersebut, juga harga baru.

 

Berikut harga tiketnya. Untuk dewasa 25 ribu rupiah per orang, untuk anak-anak 15 ribu rupiah per orang, tetapi ada keistimewaan untuk manula atau usia lanjut yaitu 60 tahun ke atas, tiketnya gratis alias tidak bayar.

 

Menyoal kenaikan tiket masuk ini, adalah melihat proses reparasinya, maka mau tak mau membuat harga tiket masuk Museum Nasional berubah.

 

Oups ! Jangan protes dulu iya, karena kenaikan harga tersebut sebanding dengan sensasi yang akan kalian rasakan saat melihat wajah baru Museum Nasional.

Yups !

 

Tinggalkan Balasan