4. Kuliner Nusantara

 

Salah satu piilihan adalah menjajakan kuliner nusantara. Banyak contoh kasus yang sudah berhasil dan sukses, seperti Gado Gado Boplo, Ikan Bakar Cianjur, Soto Bokoran, Sate Kempleng dan Ayam Goreng Mbok Berek.

Kebanyakan dimulai dengan mengusung merek sendiri, bahkan pendirinya langsung sebagai chef. Merasakan untung rugi ramai sepi, berinteraksi langsung dengan pelanggannya. Setelah terkenal, sering diperluas dengan melibatkan anggota keluarga, entah anak, keponakan atau saudara.

Bahkan yang dikelola secara modern, berani menyiapkan konsep waralaba. Menjual merek, menyiapkan bahan baku, melatih cara penyiapan sehingga menghasilkan citarasa yang sama. Memang belum banyak contoh waralaba kuliner nusantara, yang dapat dijadikan contoh. Tapi ada seperti rumah makan Padang Sederhana.

Waralaba kuliner nusantara memang masih jarang, karena pemilik masih lebih yakin menggunakan jaringan kekeluargaan daripada jaringan waralaba yang memerlukan proses bisnis yang cukup rumit.

Memilih kuliner nusantara harus memiliki feeling yang tepat, karena Indonesia negara yang luas dengan aneka suku bangsa. Suku A belum tentu satu selera dengan suku B.

Contohnya dari Sabang hingga Merauke, kita memiliki aneka macam kuliner.

Sumatera
Aceh : Mie Aceh

Sumatera Utara: Soto Medan, Mie Medan, Lapo

Jambi : Mie Jambi

riau & Kepri : Sup ikan patin

Sumatera Barat: masakan Padang

Sumatera Selatan: Pempek

Kepulauan Babel: martabak manis, mie Bangka, mie Belitung.

Jawa
DKI Jakarta : gado gado, soto Betawi, nasi ulam.

Jawa Barat : kuliner Sunda, batagor, cuanki, soto Bandung, kuliner Cirebon.

awa Tengah : warung Tegal, kuliner Pekalongan, kuliner Banyumas, kuliner Semarang, kuliner Solo, kuliner Kudus, sate Blora, kupat t1àahu Magelang.

DI Yogyakarta : nasi gudeg,

Jawa Timur : kuliner Surabaya, kuliner Malabg, pecel Madiun, sate Madura, sate Ponorogo.ààà

Bali : lawar, nasi campur

Lombok : plecing kangkung, sate Rembiga.

NTT : Sei sapi

Kalimantan
Kalimantan Barat : kuliner Pontianak

Kalimantan Selatan : kuliner Banjar

Kalimantan Tengah : kuliner Dayak

Sulawesi
Sulawesi Selatan: kuliner Makassar, kuliner Bugis

Sulawesi Utara : kuliner Kawanua

Gorontalo : kuliner Gorontalo

Maluku & Papua; ikan bakar, papeda

Dan masih banyak lagi yang terlalu panjang bila disebut semuanya.

Kita harus menentukan salah satu kuliner misalnya masakan Padang, kuliner Kawanua atau khas Jawa. Contohnya rumah makan Sederhana untuk masakan Padang, Beautika untuk rumah makan kuliner Manado dan Java’s Kitchen untuk kuliner Jawa.

Atau kita berani menjajakan beberapa kuliner nusantara sekaligus. Contohnya Sate Khas Senayan, Harum Manis dan Tesate yang selalu dituju bila ada tamu asking yang menghendaki kuliner nusantara.

Atau sekadar warung sederhana, bersih, dan murah seperti warung Tegal.

Yang peñting kita atau chef menguasai resep semua kuliner nusantara yang ingin kita pasarkan. Paling tidak harus memiliki beberapa chef dengan keahlian masing-masing.

Silakan memilih dengan tepat sesuai pangsa pasar yang akan dibidik.

Tinggalkan Balasan