Membentuk Gaya Hidup

Kita tentu masih ingat sikap penonton Jepang pada pertandingan olahraga yang sangat peduli lingkungan. Salah satu contoh yang paling mudah diingat, adalah saat perhelatan Asian Games 2018. Aksi yang dilakukan oleh pendukung ( supporter) Jepang yang tertangkap kamera sedang memunguti sampah yang berserakan di venue  pertandingan berlangsung. Foto ini langsung viral di jagat media sosial. Selain pendukung, para atlet Jepang juga dipuji selalu meninggalkan kamar ganti dalam kondisi bersih dan rapi usai pertandingan. Seorang warga Jepang menjelaskan bahwa sejak kecil mereka sudah ditanamkan kesadaran untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. Kebiasaan ini berkembang menjadi sebuah gaya hidup warga Jepang dan selalu mereka terapkan dimanapun mereka berada..

Anda mungkin pernah mendengar teori bahwa hanya dibutuhkan 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan. Lalu apa yang terjadi jika Anda melewati batas waktu 21 hari tersebut? Menurut hukum 21/90, kebiasaan baru yang telah berhasil melewati hitungan waktu 21 hari jika diteruskan hingga hari ke-90 maka akan menjadi sebuah gaya hidup. Sebaiknya kita perlu mengadopsi beberapa gaya hidup yang baik, salah satunya adalah kebiasaan bersyukur. Ketika kita mengucap syukur atas semua rezeki yang telah diberikan kepada kita, kita akan lebih taat menjalankan ajaranNya. Kita bisa mulai dengan rutin mengucap syukur selama 21 hari, kemudian diteruskan hingga mencapai 90 hari.

Jadikan bersyukur menjadi sebuah gaya hidup, bukan hanya sekedar kebiasaan. Sehingga dimanapun kita berada, orang lain akan melihat gaya hidup kita yang baik.

Bersyukur adalah tindakan untuk selalu mengucap terima kasih atas semua rezeki yang diberikan kepada kita, tidak semata-mata berupa uang atau materi untuk biaya hidup kita, namun juga kesehatan sehingga kita dapat menikmati hidup di dunia ini. Rezeki juga bisa berbentuk orang tua yang bijak, suami atau isteri yang pengertian, juga anak-anak yang selalu patuh, teman dan tetangga yang selalu tolong menolong.

Jadikan kebiasaan bersyukur dan kembangkan hingga menjadi sebuah gaya hidup, dan lihatlah bagaimana gaya hidupmu menjadi contoh atau teladan bagi siapapun.

Tangerang Selatan, 20 September 2021.

@sg

Tinggalkan Balasan