Keajaiban Silaturahmi Tempino

 

Keajaiban Silaturahim

Catatan MUDIK Thamrin Dahlan

Hari kedua di tanah kelahiran Tempino Jambi awak menemukan keajaiban ramadhan. Keajaiban di defenisi kan secara sederhana sebagai segala sesuatu terjadi tanpa disangka dan diduga diluar nalar akal sehat.

Menjelang 1 hari lebaran bersama cucunda Azka Zaidan Athallah kami berencana mancing ikan. Mancing ikan di kolam ladang Datuk Almarhum Haji Dahlan bin Affan di rumah atas.

Kami berjalan mendaki dari rumah nenek Hajjah Yunidar Busri ke arah Pasar Tempino.
Rencana mau membeli pancing dan peralatan. Pasar Tempino nan sepi senyap itu tidak ada yang jual pancing. Malah tampak hanya ada 3 toko buku. Lengang.

Mampir sejenak disalah satu toko niat silaturahim ke tukang jahit. Uda Yur dan Uda Yasril ada disana. Mereka 2 senior yang masih tersisa di kampong Tempino. Usia 78 tahun. disinilah dulu tempat orang orang tua Tempino berkumpul. Beberapa tahun silam Masih Ada Mas Mat Nur Pak Lasiyo di toko jahit.

Bercerita tentang masa lalu kejayaan Tempino ketika Pertamina menguras minyak.
Kini minyak itu sudah habis dan Tempino merona rana ditinggal begitu saja.

Tetiba Uda Yur memperlihatkan sebuah buku. Awak terkesiap. Buku Jalan Jalan karya Thamrin Dahlan ke 17 tersimpan di Pasar Tempino. Terima kasih InshaAllah Buku Tjerito Boedak Tempino akan disimpan dan dibaca warga Kapong kelahiran.

Ketika awak bercerita kesulitan mencari peralatan pancing serta merta Uda Yusril membuka dompet. MasyaAllah di dompet si Uda Juara Badminton pada masanya terdapat seprangkat mata kail.

Inilah keajaiban. Tak disangka atas kuasa Allah SWt mentakdirkan pancing kami dapat bukan dari toko malah dari saku seorang pemancing mania. Ini dia peristiwa langka yang jarang terjadi. Melengkapu keajaiban tersebut Uda Yus Saty satunya penjahit Tempino mensedekahkan benang atau tali pelengkap pancing.

Sebagai bentuk rasa terima kasih kami membalas budi 2 tetua Tempino dengan sejumput Tunjangan Hari Raya.

Prosesi anak kota mancing sukses. Azka, Zafran dan Alzam trio cucu berhasil memancing di kolam Datuk Haji Dahlan Terkail 10 ekor ikan.

Salamsalaman
Tempino 1 Mei 2022
YPTD

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar