Memuliakan Anak Yatim

Humaniora0 Dilihat

 

Sarapan pagi beli nasi tim
Kedai dekat cuma 9 langkah
10 Muharam hari raya anak yatim
Muliakan mereka beri banyak sedeka

10 Muharam merupakan hari Raya Anak Yatim.  Diadakannya hari khusus untuk memuliakan anak yatim dimaksudkan agar semua pihak ikut berderma pada hari itu.

Paling tidak setiap orang di ingatk kan bahwa menyantyuni anak yatim jangan sampai dilupakan.  Walaupun sebenarnya kepdulian akan nasib anak anak yang ditinggalkan orang tua nya bisa dilakukan setiap hari.

Tahun 2020 hari Raya Anak Yatim jatuh pada Hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020.  Banyak keluarga yang mengadakan aara khsus di hari raya ana yatim. Ibu Maria Ketua RT mengundang anak anak yatim kekediamann di Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Keluarhan Dukuh RW 06 jakarta Timur

Menurut Bunda kegiatan itu dilakukan hampir setiap tahun.  Mari kita wujudkan kepedulian itu dalam bentuk menyenangkan anak anak yatim.  Bukan sekedar derma yang mereka terima tetapi lebh dari itu ada tausyah yang disampaiakn dengan pesan bermakna agar anak anak lebih giat belajar.

Demikian pula Keluarga Kami. Walaupun dalam bentuk yang sederhana paliong tidak anak anak yatim dari kampon Bhozonk bisa kami ajak bergembira. Tidak kurang dari 16 anak yatim yang dikoordinir Mbak Dewi hadir di kediaman Blok A 23 BHP.

Alahmdulillah anak dan keponakan ikut memberikan santunan.  Awak sebagai kepala Keluarga memang sudah menyiapkan dana khusu untuk santunan.  Demikian pula Ananda Adithya Husada, Rendi dan Fauzan semua ikut menyumbang walaupun tidak bisa hadir.

Awak juga tidak bisa hadir di acara santunan. kami Pejuang Literasi pada hari bersejarah menerbitkan Buku Perdana dan Pertam Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD).  Bersma Sted Ali yang punya buku dan wartawan Senior bang Isson Khaerul mencekat buku di Buring Digital Print Jalan Margonda Raya Depok.

Dari Depokm  awak mendapat kiriman foto  dan video.  Tampak para penderma masing masing menyampaikan amplop kesetiap anak. Istri tercinta, Hj Enida Busri mengawali prosesi santunan, Kemudian  diikuti oleh Ibu Erlinda Busri, Ananda Amalia Muflihat, Pasangan suami istri Naldi dan Mia serta Ojak dan Mita.

Betapa senang nya anak anak yatim.  Terpancar di wajah ceria penuh senyum ketika menerima beberapa amplop.   Bersebab pandemi covid 19 maka acara santunan tidak boleh berlama lama.  Acara di akhiri dengan doa keselamatan untuk kita semua. Alhamdulillah Anak anak pulang membawa satu kotak bingkisan dan berapa hadiah lain.

Tanggal 10  Muharram  merupakan  hari bersejarah bagi hidup dan kehidupan anak manusia.  Pada hari itulah banyak terjadi  peristiwa  besar. Berikut 15 peristiwa penting para nabi yang terjadi pada 10 Muharram melansir dari Sindonews:

Berikut 15 peristiwa penting para nabi yang terjadi pada 10 Muharram melansir dari Sindonews:

1. Diciptakannya Nabi Adam alaihi salam (as) di Surga

2. Diterimanya taubat Nabi Adam as

3. Naik dan sejajarnya perahu Nabi Nuh as dengan Bukit Zuhdi setelah banjir besar.

4. Terbelahnya laut merah untuk Nabi Musa as setelah dikejar Fir’aun

5. Tenggelamnya Fir’aun di dasar laut merah saat mengejar Nabi Musa

6. Dikeluarkannya Nabi Yunus as dari perut ikan paus

7. Dikeluarkannya Nabi Yusuf as dari sumur setelah diceburkan saudara-saudaranya

8. Diterimanya taubat umat Nabi Yunus as

9. Dilahirkannya Nabi Ibrahim as

10. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api yang membakarnya oleh Raja Namrud

11. Dilahirkannya Nabi Isa as

12. Diangkatnya Nabi Isa as ke langit

13. Dikembalikannya penglihatan Nabi Ya’qub as.

14. Dihilangkannya mudarat yang mendera Nabi Ayyub as

15. Diampuninya Nabi Daud as

Mudah mudahan apa yang kita lakukan pada 10 Muharram 1442 Hijriah tercatat juga sebagai hari bersejarah.  Sesungguhnya Allah SWT Maha menyaksikan setiap gerak langkah anak manusia. Berbagi dan memuliakan anak yatim mari terus kita galakkan agar mereka juga bisa menikmati kehidupan nan indah ini.

Salamsalaman

BHP, 29 Agustus 2020 / 11 Muharram 1442 H

YPTD

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar