Mukti Ali Penulis Buku Pertama Diterbitkan YPTD

 

“Kenapa Orang Arab Tidak Suka Sendok” karya Mukti Ali merupakan buku pertama diterbitkan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD). Sejak berdiri 29 Juli 2019 YPTD telah menerbitkan 10 Buku Thamrin Dahlan secara mandiri dan 1 buku karya Irjen Pol (P) SA Supardi berjudul Demi Engkau & engkau.

 

 Atas dorongan Keluarga Besar Kaum Petokayo sesuai Amanah Bundo Kanduang Almarhum Hj Husna Darwis binti Haji Dahlan YPTD bertekad mewakafkan diri untuk ikut berpartisipasi positif meningkatkan Literasi Indonesia. Oleh karena itu YPTD siap membantu para penulis atau siapa saja yang ingin menerbitkan Buku

 

 

Wujud  partisipasi tersebut YPTD  membantu teman teman penulis menerbitkan buku ber ISBN. Disamping itu tekad semakin kuat  setelah itu terpikir kenapa tidak YPTD  menguruskan ISBN, mencetak buku master tanpa dipungut biaya sedikitpun atau gratis.

 

Selama ini terdapat kendala menerbitkan buku. Sebagai penulis yang belum punya nama memang agak sulit juga berharap bantuan Penerbit Major seperti Gramedia dan Mizan.  Penerbit besar  lebih memilih penulis terkenal dengan alasan ada nilai jual dan keuntungan disana.

 

 

 

Rencana menerbitkan Buku teman teman dicanangkan pada hari Rabu 19 Agustus 2020 bersamaan Ulang Tahun ke 10 menulis di kompasiana.com. Hadir 15 Kompasianer di Toffee Coffee Jalan Margonda Raya Depok. 

 

Boleh juga di absen. Bang Syaiful Harahap, Bang Yon Bayu,  Uda Dian Kelana Bang Isson Khaerul, Mbak Muthia Alhasany. Mbak Sitha, Mas Topik Irawan, Mas Andri Mastiatno, Mas Rhino, Mbak Sukma Tom, Mbak Nurul, Mbak Hida, Mbak Nisa, Mbak An Nisa. Dari YPTD hadir Erdonis Erdwan.

 

Selain temu kangen bernuansa Kopdar; teman teman penulis  ber – komitment menerbitkan buku dari kumpulan tulisan yang sedemikian banyak terserak di media sosial.  Tulisan tulisan itu harus diselamatkan,  kuatir suatu saat terjadi  “malapetaka” gangguan teknis sehingga karya itu ghaib alias lenyap.

 

 

 

Pada kesempatan kopdar hadir Syed Mukti Ali seorang kompasianer yang pernah 6 tahun bekerja di Dubai.  Sudah lama sekali ingin menerbitkan buku dari kumpulan tulisan berupa pengalaman mukim  di luar negeri.

 

Niat Mukti Ali menerbitkan buku semakin kuat setelah mendapat kabar berita bahwa Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan bisa mewujudkan cita citanya.  Mulailah proses mengirim naskah ke YPTD via email thamrindahlan@gmail.com. Kemudian YPTD mengajukan permohonan International Standard Book Number (ISBN) ke Perpustakaan Nasional.

 

 

 

Hanya perlu waktu 2 hari ISBN Buku Kenapa Orang Aerab Tidak Suka Sendok barcode nomor 9 786239 446000 terbit.  Betapa senangnya Mukti Ali sehingga dia tuliskan berita gembira itu media sosial.  Malah untuk menyakinkan Wong Kito Galo ini  search di google.com ternyata memang ada namanya tercatat di Perpustakaan Nasional sebagai Penulis. Alhamdulillah.

 

 

Proses selanjutnya YPTD mencetakkan buku Master.  Sabtu, 29 Agustus 2020 berangkatlah kami ke Buring Digital Print di Jln Margonda Raya dekat Kampus Universitas Guna Darma. Berkenan pula hadir wartawan senior Bang Isson Khaerul yang akan  membuat rekaman video peristiwa bersejarah tersebut.

 

 

Mas Rizal Staf Buring membantu merapikan Buku mulai dari Cover sampai tata letak isi buku. Sementara menunggu buku dicetak kami bertiga menegakkan shalat Dzhuhur di Masjid Kampus Guna Darma.  Sambil berjalan menuju resto Ayam Geprek Bang Isson berkata ” Kita inilah sebenarnya Pejuang Literasi Indonesia”.

 

Awak terharu, 10 Muharaam 1442 Hijriah tanpa disadari merupakan peristiwa besar bagi YPTD.  Betapa tidak niat membantu teman teman menerbitkan buku tercapai. YPTD dalam waktu hanya 10 hari setelah Pencanangan Gerakan menerbitkan Buku Gratis telah berhasil menerbuitkan 3 (tiga) buku

 

 

 

Selain Buku Syed Mukti Ali,  YPTD menerbitkan Buku Dr Arman Syah Putra dan Mas Nurwendo. Dua sahabat sesama Dosen di Universitas Guna Darma yang rajin menulis. Kkini tulisan yang terserak itu telah berhimpun dalam sebuah buku. Luar Biasa.

 

Upaya YPTD membantu teman teman menerbitkan buku akan terus digelorakan.  Insha Allah sampai Ulang Tahun  ke 2 YPTD 29 Juli 2021 kami memasang target menerbitkan 50 Buku. Kata Mas Nuryadi Admin website YPTD terbitkanbukugratis.id angka 50 realistis.  InshaAllah terwujud atas redha dan Bantuan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,  Aamiin

Salamsalaman

 

#KMAB

 

  • Salam Literasi
  • BHP, 2 Aguastus 2022
  • YPTD

 

 

 

Tinggalkan Balasan