Mempunyai pengalaman pengembalian dana di toko online, benar benar ruwet dan menegangkan. Barang yang dibeli seharga Rp 175900, ternyata yang dikirim cheers gelas seharga Rp 500. Sungguh menyedihkan. Dihari yang serba susah seperti ini masih ada orang yang tega hati menipu. Jelas-jelas ini menipu. Beli vitamin dikirim air putih. Duuuh…
Namun jangan khawatir, pengiriman yang sangat ngawur dan merugikan ini masih dilindungi oleh toko online. Caranya ajukan pengembalian dana. Jangan dipilih pengembalian barang ya, karena kalo pengembalian barang anda pasti akan disuruh pilih drop off ke jnt. Itu satu- satunya solusi jika ingin pengembalian barangnya gratis nggak kena ongkir. Yah kalau jnt nya dekat, kalau jauh? Masih kena ongkir. Sudah dirugikan, harus bayar ongkir. Jadi pilih saja pengembalian dana seluruhnya atau sebagian. Setelah itu tunggu respon penjual ya, 3×24 jam
Jika penjual tidak merespon dalam waktu 3×24 jam, maka otomatis danamu akan kembali ke pay kamu Namun jika tidak?
Saya pernah mengajukan pengembalian dana ke salah satu toko online yang ada saat ini. Apa respon penjual? Dana dikembalikan Rp. 2000. Bayangkan! Ini orang bikin geregetan saja. Saya langsung chat toko online tersebut. Tidak itu saja, saya langsung telpon ke call center dan melaporkan toko yang bersangkutan supaya di blokir. Okay. Permintaan saya ke toko online supaya toko diblokir disetujui. Toko langsung diblokir. Paling tidak, di handphone saya sudah tidak bisa melihat toko itu lagi. Barang yang saya belipun sudah tidak ada lagi.
Jangan ditanya perasaan saya saat itu. Antara marah, sedih, deg-degan, tidak karuan. Bukan nilai rupiahnya, tapi penipuan yang dia lakukan bener-bener buat saya geregetan. Kalau uang saya tidak kembali, dia juga tidak boleh mendapatkan uang dengan cara seperti itu.
Nah, pengajuan dana saya ajukan di toko online. Eh, respon penjual apa? Dana yang dikembalikan Rp 2000 saja. Oleh karenanya saya langsung chat toko online, dan menanyakan bagaimana langkah saya selanjutnya.
Okay guys, jika kamu mengalami hal seperti yang saya alami, langsung batalkan pengajuan pengembalian dana. Jangan di terima ya, kalo ada penjual nakal seperti itu. Nah, setelah pengajuan pengembalian dana dibatalkan, klik perpanjangan garansi toko online. Baru ajukan lagi pengembalian dana. Tunggu 3×24 jam. Jika penjual tidak respon maka otomatis dana akan dikembalikan ke pay kamu.
Gitu sih guys, yang sudah saya lakukan. Beruntungnya penjual tidak merespon hingga 3 hari berikutnya sehingga uang otomatis kembali ke dompet pay saya.
Dari sini saya dapat pengalaman, bahwa jika beli barang di toko online, jangan yang minimalis. Maksudnya apa? Gini. Pilih penjual yang sudah menjual lebih dari sepuluh. Stok terjual tidak nol. Lalu jika stok sisa minim, misalnya 2 atau 3, jangan beli disitu. Takutnya nanti malah diganti produk lain yang serupa. Kan gawat. Kalo harga sama gak masalah. Lha kalo harga Lebih murah kan pembeli yang dirugikan? Gitu aja sih yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat