Celoteh Nyakbaye, Hujan lagi

Mata mengantuk itu sudah biasa, apalagi dalam suasana ramadhan ini. Setelah tidur malam berganti jamnya, tentu kantuk merupakan hal biasa semasa menjalankadnya. Libur bukan waktu untuk bersanti ria setelah sahur menjemput mimpi tidak dapat dilakukan, mengingat dan menimbang menumpuknya pakaian kotor sehingga Nyakbaye mengambil pakaian kotor dan berniat mencucinya.

Tapi keraguan tiba – tiba menjelma, hujan turun tanpa permisi jika biasanya ada gerimis yang mengundang tapi sudah beberapa kali hujan turun dibumi berazam tanpa peringatan. Seperti subuh ini, setelah selesai sholat subuh, dan memasukkan beberapa pakain dimesin cuci yang menjadi pembantu Nyakbaye hujan turun dengan lebatnya, ada perasaan khawatir karena suami yang pergi kemasjid belum pulang.

Khawatirnya Nyakbaye beralasan, suami yang merasa jarak rumah dari masjid tidak jauh kadang – kadang membuat dirinya merasa menempuh hujan hal yang biasa saja, tapi buat Nyakbaye hal itu tidak biasa, maklum sama – sama tua jadi tahu bagaimana kondisi badan yang harus dijaga.

Sambil menunggu hujan, eh salah samblil menunggu suami pulang berharap dirinya tidak menempuh hujan akhirnya sedikit kecewa karena pagi ini sekali lagi suami pulang dari masjid dalam kondisi hujan, untungnya hujan sudah tidak deras.

Rencana pagi ingin ke pasar, tapi hujan menghalangi daripada masuk angin, puasa – puasa pergi ke pasar akhirnya ke pasar pagi insyallah diganti kepasar sore saja. Pembaca pasti kebingungan, Nyakbaye kasih bocoran, selama bulan suci ramadhan di kampung kami pasar tidak hanya pagi tapi juga di sore hari untuk memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga yang bekerja sehingga tidak berebut untuk kepasarnya pada pagi hari.

Hujan terus berlanjut sampai sekitar pukul Sembilan pagi, sewaktu Nyakbaye menerbitkan tulisan garangnya matahari sudah mulai kelihatan. Tapi sinar garangnya matahari belum tentu sampai ke sore karena ada kebiasan yang entah benar atau salah jika hujan pada subuh jumat maka hujan akan terus turun sampai beberapa hari kedepan, semoga saja benar karena hal ini akan meringankan rasa haus pada bulan puasa, itu sih harapan Nyakbaye hehehe.

Semoga hari ini puasa kita pada hari ke tiga belas mendapatkan pahala yang berlipat ganda seperti yang dijanjikan oleh – Nya, amin. Selamat menikmati puasa bagi yang menjalankannya semoga kita selalu menjadi umatnya yang bertaqwa dan selalu menjalankan segala ketentuannya dan menjauhi larangannya.***

 

Tinggalkan Balasan