14. Promosi

 

Salah satu bagian terpenting untuk membuat rumah makan atau gerai kuliner kita ramai dikunjungi pelanggan adalah melakukan promosi.

Kita sudah memiliki rencana mengenai produk yang akan dijajakan, sudah menentukan lokasi rumah makan serta sudah menentukan harga, maka promosi jangan dilupakan.

Kita harus membuat upaya promosi untuk mendatangkan pelanggan. Tentunya setelah sekali mencoba, pelanggan yang sudah mengenal nama rumah makan dan lokasi serta menyukai kuliner kita secara otomatis akan datang kembali.

Tentunya setelah upaya mendatangkan pelanggan berhasil, kits harus melayaninya dengan baik, kuliner yang enak, layanan yang cepat, pengaturan tempat duduk dan antrean bila pengunjung berlimpah.

Juga persediaan bahan baku harus cukup, menu yang sudah tersedia harus siap dihidangkan, jangan sampai menolak pesanan dengan alasan item yang dipesan tidak tersedia. Karena dapat mengecewakan pelanggan. Sebaliknya, bila sudah sore / malam, item tertentu habis dapat menjadi promosi gratis, karena pelanggan betasumsi rumah makan ini sangat ramai, pasti makannya enak. Dan diam-diam akan kembali untuk mencoba item makanan yang dipihnya yang saaat ini sudah habis.

Promosi sendiri memiliki beberapa bentuk, seperti memperkenalkan nama dan letak rumah makan, diferensiasai makanan yang ditawarkan, harga yang menarik maupun paket-paket menarik yang ditawarkan.

Promosi dapat berupa spanduk yang dibentsngkan di jalan. Memasang billboard bila letak rumah makan agak tersembunyi, Menyebarkan flyer di tempat parkir, di pintu masuk mall di kantor / perumahan di dekat lokasi rumah makan, Mendisain titik-titik yang instagramable, memasang iklan di radio atau portal berita terkenal. Memasang iklan di televisi perlu dikaji manfaatnya, karena sekarang kurang banyak orang . yang sudah jarang menonton televisi, justru lebih bijak untuk nengalokasikan ke media sosial.

Promosi dalam bentuk iklan harus disesuaikan dengan target pasar pelanggan kita. Biaya promosi bisa sangat besar atau kecil, tergantung cara kita mengelolanya. Bila tepat sesuai target, kita dapat mengoptimalkan beaya pemSangan iklan. Karena bila tanpa perencanaan yang tepat, memasang iklan secara nembabi buts seperti nenggarami lautan, alias sia-sia.

Promosi harus dirancang sedemikian rupa. Bila perlu melibatkan tim kreatif dari agenaĆ Aaaaa / biro periklanan yang memiliki tenaga ahli dalam merancang iklan. Iklan harus menarik perhatian, mengena di hati dan pikiran / kogika yang melihatnya. Jadi harus menyentuh hati, membuat penasaran agar yang melihatnya, tertarik dan ingin mencoba.

Yang termasuk dalam promosi bukanlah hanya memasang iklan di media. Promosi melalui influencer pada media sosial juga salah satu yang mengena. Dan jangan melupakan manfaat promosi gratis dari mulut ke mulut yang diceitakan oleh pelanggan yang puas. Sebaliknya, pelanggan yang kecewa dapat menjadi promosi buruk bila layanan kita dinilai mengecewakan.

Beberapa teknik promosi akan dibahas pada bab berikutnya.

Tinggalkan Balasan