27. Yang Perlu Diperhatikan

 

Dalam nengoperasikan sebuah rumah makan, kita perlu memperhatikan beberapa faktor peñting.

Diantaranya:
1. Kebersihan

Kebersihan ini harus totalitas dari mulai nempersiapkan bahan baku, proses produksi hingga saat menyerahkan kepada pelanggan. Adanya hewan kecil / serangga pada bahan baku, lalat / kecoa / tikus pada saat proses, maupun kondisi di ruang makan harus selalu terpelihara bersih. Harus ada perhatian khusus, atau petugas yang ditugaskan sebagai pemeriksa kualitas (quality control).

Bagi karyawan bagian chef maupun pengantar makanan sebaiknya memakai penutup kepala. Hal ini guna mencegah rambut rontok atau ketombe jatuh dan jatuh pada produk yang kita sampaikan.

2. Kecepatan

Kecepatan saat melayani pelanggan juga faktor peñting, karena pelanggan akan merasa jemu bila diharuskan menunggu terlalu lama.
Misal bila tenaga kasir hanya satu orang dan dia harus melayani pelanggan yang datang maupun yang memesan secara pesan antar. Bila kondisi cukup ramai sehingga antrean cukup panjang, kita harus memperbantukan karyawan lain untuk membantu ya, juga chef yang memproses pesanan, harus dibantu agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

3. Ketepatan

Selain kecepatan, faktor yang peñting juga adalah ketepatan. Jangan pelayanan cepat, tetapi memberikan pesanan yang keliru / salah. Hal ini akan mengecewakan pelanggan. Sebaiknya ada bagian pemeriksa kualitas (quality control) guna mencegah masalah ketidak tepatan ini.

4. Harga

Harga adalah faktor yang sangat sensitif. Kita harus senantiasa melakukan survei pasar agar harga kita wajar. Jangan terlalu mahal, sehingga membuat pelanggan enggan membeli lagi, atau terlalu murah sehingga pelanggan meragukan kualitas produk kita.

5. Menu yang tidak ada

Bila menu benar-benar terjual habis, itu memang bagus. Namun jangan terlalu sering mengatakan menu terjual habis, padahal sebenarnya tidak ada.

Kita harus berupaya menyediakan menu yang sudah tercantum, atau lebih baik lagi dihilangkan, bila memang tidak sanggup menyediakan.

Sebenarnya banyak faktor yang harus diperhatikan, namun ke 5 faktor diatas adalah yang paling peñting.

 

Tinggalkan Balasan