WABAH CORONA MEMBAWA BERKAH

RESUME KE 8

MENGENAL PROFIL NORALIA PURWA YUNITA, M.Pd.


Perempuan bernama lengkap Noralia Purwa Yunita, M.Pd ini lahir di Kudus, 12 Juni 1989. Dia putra pertama dari dua bersaudara dengan ayah bernama Ali Achmadi, S.Pd dan ibu Noor Fatkhiyah, S.Pd.SD.

Penulis pernah mengambil kuliah program sarjana di Univeritas Negeri Semarang yang kemudian dilanjuntuk an program magister pendidikan di Universitas Negeri Semarang. Saat ini penulis bekerja sebagai pengajar di SMP Negeri 8 Semarang. Selain mengajar, penulis juga aktif menulis di blog dan tergabung dalam komunitas sejuta guru ngeblog, penulis baru di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, salah satu tim admin di website guru penggerak, anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan IPA, serta Pembimbing ekstrakurikuler KIR SMP.

Prestasi yang pernah diraih penulis adalah Juara Harapan I lomba karya tulis di Universitas Negeri Semarang, program pendanaan Dinas Provinsi Jawa Tengah pada program fasilitasi karya ilmiah tingkat Provinsi Jawa Tengah, Program pendanaan LPPM pada usulan program pengabdian masyarakat, program pendanaan DIKTI pada program kreativitas mahasiswa tingkat nasional, pendanaan program Student Grand Hibah I’m Here DIKTI, serta sebagai pembimbing yang mengantarkan tim menjadi juara I lomba karya tulis ilmiah SMA tingkat Jawa tengah.

Karya yang sudah dibuat meliputi bahan ajar Kimia SMA, buku antologi “Menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah”, buku seri ekoji academy “Digital Mindset”, buku ” jurus jitu menulis dan berprestasi”, buku antologi ” Kisah Inspiratif Sang Guru”, dan beberapa artikel yang telah dimuat di media daring dan cetak. Saat ini sedang tahap penyelesaian naskah buku yang kedua untuk seri ekoji academy “gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game”, naskah antologi bersama siswa ” Belajar dari Covid-19 ” dan tahap finishing naskah buku ” Kiat praktis menulis modul berbasis riset ” yang merupakan pengubahan tesis menjadi buku.

Penulis dapat dihubungi melalui email : noraliapurwa@gmail.com atau pada nomor whatsapp ; 087786578494 dan instagram : noralia_needtha.

 

Pembuka

Malam ini adalah pertemuan ke 8 di gelombang ke 16 kelas belajar menulis. Seperti biasanya Omjay membuka kelas WAG ini tepat pukul 19.00 WIB. Moderator yang bertugas malam ini adalah Bambang Purwanto, S.Kom, Gr. yang telah menjadi narasumber pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Jadi teringat dulu saat di kelas belajar menulis gelombang 8, Mr. Bams adalah moderator handal sebelum adanya ibu Fatimah dari Aceh.

Narasumber kali ini masih dari alumni gelombang 8 kelas belajar menulis Omjay Via WAG yaitu Ibu Noralia Purwa Yunita, M.Pd. banyak sekali orang-orang hebat alumni gelombang ke 8 ini. Saya bangga pernah satu kelas meskipun tak naik kelas karena tertinggal banyak resume. Saat saya satu kelompok dengan ibu Nora, kami sepakat membuat buku antologi gelombang 8 yang berjudul KISAH INSPIRATIF SANG GURU. Bu Nora adalah editornya, dan Cak Inin adalah kuratornya.

 

Bu Nora juga ikut buku antologi bersama Omjay, dkk. Berikut cover bukunya.

Bu Nora juga sukses ikut program buku seri ekoji academy yang merupakan buku hasil kolaborasi dengan Prof. Eko Indrajit, beliau merupakan salah satu narasumber di gelombang 8. Ketika itu beliau menawarkan kepada kami para peserta untuk menulis buku bersama. Tema mengambil dari channel YouTube beliau. Namun, target penyelesaian adalah 1 MINGGU.Tidak banyak yang mengambil tantangan ini. Hanya 11 peserta yang mampu terbit bukunya setelah berjuang selama 1 bulan proses penulisan, bimbingan dan editing. Akhirnya buku kami ber 11 dapat terbit di penerbit mayor Andi offset. Pencapaian awal yang luar biasa, pertama kalinya menulis langsung dapat terbit di penerbit mayor. “Bisa dikatakan wabah ini menjadi berkah” ucap bu Nora tadi malam.

Selain buku, ada beberapa artikel yang juga terbit di media cetak. Artikel kedua di majalah pendidikan geliat gemilang Bandung.Tentunya karya saya ini tidak lepas dari tangan dingin om Jay karena saya dapat menghasilkan beberapa karya berkat ikut pelatihan ini juga. Dulu di gelombang 8 dan Alhamdulillah sekarang masih aktif berkarya juga.

Ada 3 buku yang sedang proses pembuatan.Dimuat di majalah pendidikan aksioma

Buku solo berjudul kiat menulis modul berbasis riset hasil dari pengubahan tesis menjadi buku. Buku kedua seri ekoji academy kolaborasi dengan prof Eko berjudul Gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game dan buku antologi dengan siswa berjudul aku dan corona. Semuanya sedang dalam proses pengerjaan, semoga sebelum akhir tahun dapat terselesaikan.amin

Tentunya banyak kendala yang saya temui selama proses pengerjaan beberapa buku tersebutApalagi di masa Pandemi seperti sekarang, bapak ibu juga merasakan bagaimana kita lebih disibukkan dengan segala jenis kegiatan pembelajaran, karena saya merasa daring jauh lebih banyak persiapan daripada tatap muka

Banyaknya kegiatan menjadi kendala utama bagi saya. Skala prioritas menjadi pilihan saya agar semua pekerjaan terselesaikan.Malas dan jenuh menjadi masalah kedua, dan hingga sekarang pun masih menghinggapi. Karena tipikal orang yang jenuh jika mengerjakan kegiatan yang sama berulang. Akhirnya jika penyakit itu menghinggapi, saya beralih ke kegiatan lain sebagai refreshing. Biasanya nonton film, jika tidak baca novel online atau apapunyang membuat saya nyaman. Jika baterai semangat sudah penuh, langsung tancap gas untuk kembali berkarya. Tetapi jangan biarkan keadaan ini berlarut2, cukup 1-2 hari untuk bersantai, lalu kembali on berkarya. Krisis ide menjadi kendala ketiga saya. Jika sudah seperti itu saya terapkan jurus bapak Akbar Zainuddin, karena segala sesuatu yang kita rasa, kita lihat dapat dijadikan ideContohnya, ketika kita nonton film, mungkin ada sesuatu yang kita rasakan setelah menonton acara tersebut, ini dapat dijadikan bahan tulisan. Kita rekreasi, juga bisa dijadikan bahan tulisan. Kita bisa ulas bagaimana indahnya tempat tersebut. Ini beberapa contoh tulisan ketika menerapkan jurus pak Akbar Zainuddin

https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/eksotika-pantai-bandengan-jepara.html

Tulisan ketika jalan2

https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/memahami-dunia-anak-lewat-tontonan.html

Ketika menonton acara TV

https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/06/menjadi-orang-tua-kedua.html

Ini curhatan Bu Nora ketika merasakan beratnya menjadi wali kelas di masa pandemi. Intinya, apapun yang kita rasakan dan pikirkan, dapat diubah menjadi sebuah tulisan, karena Bu Nora yakin, tidak ada yang  tidak bisa menulis, karena menulis bagi bu Nora sama dengan berbicara. Bedanya hanya dituangkan lewat tulisan.

Lalu kendala berikutnya masalah perbendaharaan diksi. Jika sudah mentok kosa kata, biasanya membaca artikel orang lain,atau membaca novel. Karya apapun dibaca karena dengan banyak membaca, akan memperkaya diksi kita. Terakhir, biasanya kita takut menulis karena takut salah. Hal  ini pun dialami Bu Nora  ketika di awal bergabung di grup menulis dengan om Jay, tetapi om Jay meyakinkan bahwa tulis saja dulu apa yang kita pikirkan, jangan permasalahkan EYD atau kaidah kebahasaan yang lain. Cukup tulis hingga selesai.Jika sudah,baca berulang lalu lakukan editing sesuai kaidah. Jika dari awal kita sudah memikirkan EYD dan yang lain, maka tidak akan terwujud tulisan. Alhamdulillah, ketika mempraktekkannya, akhirnya tulisan dapat mengalir sendiri.

Oh ya, sekaligus promosi, semua kiat tentang penulisan bagi penulis pemula, dapat dibaca di buku ini.info pemesanan dapat japri saya. Insyaallah buku ini sangat bermanfaat karena hasil materi dari narasumber hebat juga, seperti pak Akbar Zainuddin, pak Munif Chatib, om Jay, prof Eko Indrajit, dan lain sebagainya. Buku resume Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi diterbitkan di Penerbit YPTD (YAYASAN PENERBIT THAMRIN DAHLAN).

Untuk buku seri ekoji academy merupakan buku hasil kolaborasi dengan prof Eko Indrajit, beliau merupakan salah satu narasumber di gelombang 8. Semoga nanti gelombang 16 juga akan bertemu dengan prof Eko juga. Ketika itu beliau menawarkan kepada kami para peserta untuk menulis buku bersama. Tema mengambil dari channel YouTube beliau. Namun, target penyelesaian adalah 1 MINGGU. Tidak banyak yang mengambil tantangan ini. Hanya 11 peserta yang mampu terbit bukunya setelah berjuang selama 1 bulan proses penulisan, bimbingan dan editing. Akhirnya buku kami ber 11 dapat terbit di penerbit mayor Andi offset. Pencapaian awal yang luar biasa menurut saya, pertama kalinya menulis langsung dapat terbit di penerbit mayor.

 

Lalu untuk pembelajaran kimia yang menyenangkan, cobalah menggunakan Project Based Learning. Gunakan bahan-bahan yang ada di sekitar siswa. Misal untuk reaksi redoks, siswa diajak untuk membuat proses fermentasi, koloid dapat membuat es krim,dan lain-lain.

 

Penggunaan laboratorium virtual juga menyenangkan.ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Crocodile chemistry contohnya, ibu dapat melakukan kegiatan praktikum meskipun secara Maya. Anak-anak pasti suka kegiatan praktek ini

Untuk kiat menulis adalah NIAT, PAKSA, MAU. Niat untuk mau menulis harus ada, tentunya harus dipaksa juga karena jika hanya ada niat tetapi tidak ada kemauan kuat alias pemaksaan, maka kata MAU tidak akan terwujud.

Bagi yang gemar membaca, pasti sangat penting keberadaan buku ini. Karena kalau sudah suka, pasti akan dicari berapapun harganya, tetapi jika tidak suka ya sudah. BU Nora suka membaca secara online dan juga buku fisik.keduanya terasa istimewa. Jika buku fisik mungkin lebih semakin banyak tambahan koleksi buku, selain itu anggota keluarga lain juga dapat ikut membaca karena tidak semua orang nyaman membaca online.

Buku merupakan bukti sejarah. Jika kelak sudah meninggal, melalui buku ini nama kita  bisa diingat.karyamu masih dapat dinikmati dan hidup meskipun raga sudah tidak ada. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan adalah dengan banyak membaca tentunya, karena kegiatan menulis selalu beriringan dengan membaca. Fokuskan ingin membuat karya apa dulu, apakah itu fiksi atau non fiksi. Jika ingin menulis karya fiksi seperti novel, cerpen, dll, perbanyak membaca buku jenis tersebut. Nantinya akan keluar ide dari kegiatan membaca. Begitu pun juga untuk penulisan karya non-fiksi.tentukan tema yang akan ditulis, cari referensi baik dari buku sejenis atau jurnal ilmiah, lalu baca, kemudian tulis.

Untuk pembagian waktu saya, pagi mengajar hingga siang atau sore. Jika ada waktu luang disela mengajar dan tidak ada kegiatan atau persiapan untuk KBM berikutnya sudah selesai, akan lanjut menulis. Malam waktu dengan keluarga hingga anak-anak  tertidur, selanjutnya fokuskan untuk menyelesaikan penulisan, persiapan KBM atau tugas lain rentang waktu jam 9-12 malam. Kadang jika sudah lelah, tidur bareng dengan anak-anak, namun nantinya jam 2 pagi hingga subuh bangun untuk menyelesaikan apa yang belum dikerjakan malam hari.Tentunya pekerjaan rumah tangga tetap menjadi  prioritas di sela-sela penyelesaian segala tugas, karena sebagai ibu dan istri itu adalah tugas utama. Tapi alhamdulillah ada bantuan suami di belakangnya.

Untuk tips agar tulisan cepat berhasil hanya satu. FOKUS pada tema itu hingga selesai. Berkolaborasi dengan siswa yang benar-benar menyukai bidang penulisan, dan motivasi Bu Nora adalah ketika tulisan mereka selesai, akan dibukukan karya itu, sehingga masih muda sudah punya buku sendiri. Namun,untuk siswa lain, masih dalam proses untuk bisa diajak menulis. Karena memang kegiatan menulis tidak semua orang  mau melakukannya. Akhirnya siswa diberikan kegiatan untuk literasi, baik itu literasi buku, video, film, atau yang lain. Yang terpenting siswa tersebut kaya akan info terkini dulu.

Tips menulis ala bu Nora:

  1. Untuk swasunting, proses yang lebih lama dibandingkan menulis, karena selain editing EYD, menghubungkan antar kalimat agar pas, membuat kalimat agar renyah dibaca memang tidak mudah. Bacalah sendiri berulang-ulang, atau minta tolong dibaca rekan guru lain atau rekan dengan profesi lain.Nantinya pasti ada banyak kekurangan yang ditemukan.
  2. Untuk penulisan buku rata-rata 1 bulan, buku sudah siap masuk penerbit. Jangan lama-lama, nanti bosen malah
  3. Menaklukkan rasa malas dan jenuh itu masalah utama
  4. Buku dengan prof Eko, karena 1 minggu wajib selesai semua bab yang ada di outline
  5. Outline buku terdiri dari 5W+1H, atau bisa juga 2W +1H.

 

Menggunakan pembelajaran dengan lingkungan sekitar dapat diterapkan. Misal untuk mapel sains, anak dapat diberikan modul yang didalamnya ada kegiatan saintifik. Seperti belajar materi ekosistem dari sungai, sawah, ladang atau tempat lain. Anak pasti suka melakukan pembelajaran jika berbarengan dengan kegiatan eksplorasi atau mungkin diberikan proyek membuat suatu karya yang bahannya dapat ditemukan di sekitar. Misal belajar proses gunung api meletus, anak diberikan langkah pembuatan karya tentang gunung api meletus, pasti mereka suka. Karena pada dasarnya siswa akan suka dengan pembelajaran yang hands on daripada minds on.

Yang terpenting dari penulisan buku adalah outline. Tuliskan dulu outline nya. Outline menjawab pertanyaan what yaitu apa, why yaitu mengapa bisa berarti pentingnya, manfaat, tujuan dan how yaitu bagaimana bisa berarti aplikasi, penerapan, bagaimana cara/model/metode dan lain sebagainya. Jika kita sudah punya outline, pastikan tulisan tidak keluar dari outline itu.What dan why untuk bab awal (pembuka).How untuk bab isi

Biasanya diberikan contoh penerapan untuk bab terakhir (penutup)

 

Tips memanage waktu agar konsisten menulis:

Buatlah Skala prioritas. Pagi fokuskan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah, termasuk didalamnya Persiapan materi, perangkat, penilaian tugas dsb. Materi biasanya buat VIDEO dan upload di channel YouTube. Menulis fokuskan ke malam hari setelah semua anak-anak tidur. Jadi ketika anak-anak masih on, tidak memegang tugas apapun. Karena bagi keluarga yang utama.jangan sampai waktu dengan mereka berkurang karena kegiatan/ pekerjaan. Target menulis wajib 1 bulan selesai agar  tidak bosan .30 hari itu bagi ke dalam bab2 yang sudah dituliskan di outline. Misal punya 5 bab, berarti dalam waktu 6 hari harus selesai 1 bab ditambah editing ,jadi 30 hari selesai 5 bab.

 

https://www.youtube.com/channel/UCLwarYhfDygjvFIpwLZJA_w

Ini adalah Channel YouTube bu Nora, semua karya siswa dan materi mengajar terekam di sana.

Tips mmbuat blog jadi lebih menarik adalah jika di blogger, dapat memilih menu tema, nanti akan ada banyak tema yang ditawarkan. Untuk jenis tulisan dan tata letak, akan mengikuti tema yang dipilih secara otomatis.

Cara menembus redaksi  dengan menulis artikel di koran/ majalah:

Tulis tema yang sedang hangat dibicarakan. Ikuti gaya selingkung majalah atau koran yang akan dituju. tulis sesuai dengan EYD yang sesuai, sertakan beberapa data akan lebih bagus.

Perkuliahan malam ini ditutup dengan kalimat:

“Semua orang pasti dapat menulis. Karena menulis sama dengan berbicara. Jika berbicara saja kita lancar, mengapa tidak dengan menulis? Berkarya ketika waktu luang itu biasa, namun berkarya di tengah kesibukan yang luar biasa, itu baru istimewa”.

Terimakasih atas ilmunya, semoga para peserta semakin semangat dalam menulis resume sampai menerbitkan buku! Semangat!!!

 #NULIS-NULIS JADI BUKU

 

 

Tinggalkan Balasan