Tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia (saya cinta indonesia)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu hai semua perkenalkan saya Dinda Dwiagneza Amalia yang akan menulis tentang tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia , menurut saya Tanggung jawab merupakan keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Tanggung jawab sebagai akibat lanjutan dari pelaksanaan hak maupun kewajiban.

Dalam buku Masyarakat Indonesia dan Tanggung Jawab Moralitas, tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatu, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.

Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupa di dalam masyarakat.Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
– Memelihara rasa persatuan dan kesatuan masyarakat
Masyarakat terbentuk dari kumpulan individu yang memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama. Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya.Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah:
1. Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.
2. Saling mengasihi dan membina antarindividu
3. Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama
Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu:
1. Rukun tetangga harus terus dilakukan
2. Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama
3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
5. Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat
-Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat
dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat dapat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut.
Menghapus tindakan diskriminasi
Sikap dismriminasi terhadap sebagian orang harus dihindari bahkan dihapus di tengah-tengah masyarakat. Hal ini karena setiap individu memiliki persamaan derajat sosial yang harus dijunjung tinggi.

Tinggalkan Balasan