oleh

PEMUDA MASA KINI PAHLAWAN MASA DEPAN

-Foto, Pahlawan, Terbaru-Telah Dibaca : 468 Orang

Netizen | Hari Pahlawan: Memaknai Nilai Kepahlawanan di Era Milenial

Assalamualaikum Wr Wb

Sebelumnya seperti biasa ijinkan saya memperkenalkan diri. Saya, Amelia Khairani mahasiswa semester 1 “AKPER RS POLRI”.

Disini saya ingin bercerita dengan tema “Mengimplementasikan Semangat Juang 45 kepada Mahasiswa dalam rangka Mewujudkan  Generasi Emas Indonesia dalam rangka menyambut hari pahlawan 10 November”. Saya mengambil judul “PEMUDA MASA KINI PAHLAWAN MASA DEPAN”

Dari judul yang saya ambil saya mengambil kesimpulan bahwa: kita memang tidak berjuang melawan para penjajah seperti para pahlawan kita yang sudah gugur. Tetapi banyak cara untuk membalas jasa para pahlawan kita. Mulai dari, menghormati jasa pahlawan, mengingat jasanya dan dengan tidak melupakannya.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawan nya”, kata Bung Karno pada hari pahlawan, 10 November 1961. Setiap tahun kita diajak untuk mengenang jasa para pahlawan, baik yang nama-nama dan foto-foto yang kita kenal, maupun para pahlawan yang tidak kita kenal. Mengenang jasa para pahlawan banyak caranya salah satunya setiap tanggal 10 November biasanya sekolah, ataupun instansi yang lainnya mengadakan upacara bendera sebagai rasa menghormatidan rasa terimakasih atas jasa para pahlawan yang telah memerdekakan indonesia.

Menghormati jasa pahlawan tentu bukan hanya “mengenang masa lalu” selama sehari dalam setahun. Kita harus berterima kasih pada para pahlawan, yang memungkinkan kita setiap hari menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan.  Salah satu manfaat dari ditetapkannya figur-figur pahlawan dan penghormatan atas mereka pada hari pahlawan ialah agar generasi-generasi berikut dapat memiliki contoh keteladanan dalam hidup bersama.

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2018 ! Berikut Daftar 15 Ucapan Bung Karno Paling Heroik Melegenda - Halaman 3 - TribunStyle.com

Sebagai warga negara Indonesia kita harus menghargai jasa-jasa para pahlawan. Bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang mempersiapkan kemerdekaan dapat kita ungkapkan dengan menge­nang dan menghargai jasa-jasa mereka seperti: Kita bisa berziarah ke makam pahlawan dan berdoa untuk mereka. Bentuk peng­hargaan yang tak kalah penting adalah mencontoh sikap-sikap positif yang mereka tunjukan dan meneruskan perjuangan mereka seperti: rela berjuang demi bangsa dan negara, berpendirian tetap, juga menghormati pendapat orang lain. Karya mereka membangun dasar negara harus kita teruskan agar sendi-sendi negara ini makin kokoh.

Selain itu penghargaan kita terhadap jasa-jasa pahlawan proklamasi kemerdekaan dapat kita wujudkan dengan melakukan beberapa hal berikut: berziarah ke makam para pahlawan dan mendoakannya, melakukan upacara peringatan kemerdekaan dengan penuh hikmat, mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya, mempelajari riwayat para tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemer­dekaan. Sedangkan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan perjuangan mem­per­tahankan kemerdekaan antara lain adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Kita pantas menghargai jasa para pahlawan bangsa dalam mempersiapkan kemerdekaan dan mempertahankan kemer­dekaan kita. Berkat usaha mereka kita dapat hidup di alam merdeka dan menikmati sistem ketatanegaraan yang mereka perjuangkan.

Demikian sepenggalan kata dari cerita saya. Yang terpenting kita sebagai Warga Negara Indonesia harus memiliki rasa Nasionalisme dan Patriotisme terhadap negara tercinta kita ini “INDONESIA”.

TERIMAKASIH

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed