Review Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)
Identitas Buku :
Judul | : | MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Konsep dan Pengembangan |
Penulis | : | Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. |
Penerbit | : | UNY Press |
ISBN | : | 978-602-5566-11-0 |
Jumlah Halaman | : | 94 Halaman |
Hari minggu, beberapa orang akan menganggap hari yang melelahkan. Mengapa demikian? Mungkin karena kesibukan akhir minggu yang selalu menumpuk. Seperti tugas rumah yang menumpuk, tugas kantor yang masih belum selesai atau tugas lain yang tidak dapat didefiniskan. Sebenarnya kita dapat membuat semua hari menjadi menyenangkan, salah satunya dengan mereview buku. Berikut salah satu buku yang saya review, buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca terutama bagi mereka yang memiliki hobi mengembangkan multimedia pembelajaran. Adapun hasil review saya akan berupa tiga hal yakni; hal yang sudah baik (yang telah dibahas) dalam buku, hal apa saja yang masih kurang (yang belum dibahas) dalam buku, dan bab tentang apa yang masih belum ada dalam buku tersebut tetapi seharusnya ada.
Penulis buku ini adalah seorang profesor yang berpengalaman mengajar tentang Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), nama beliau adalah Herman Dwi Surjono. Isi buku ini cukup detail terkait MPI. Buku ini terdiri dari lima Bab yang merupakan kumpulan bahan-bahan materi kuliah Multimedia Pembelajaran dari tahun 2006. Penulis mengemas buku secara menarik, sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.
Bab 1. Multimedia. Bab ini membahas konsep multimedia, mulai dari pengertian multimedia, elemen multimedia, distribusi multimedia, dan pemanfaatan multimedia. Bab 2. Prinsip Multimedia Pembelajaran. Bab ini membahas teori yang mendasari MPI, mulai dari teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, dan aspek multimedia. Bab 3. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Bab ini membahas berbagai hal terkait pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian MPI, meningkatkan motivasi dalam MPI, dan komponen MPI. Bab 4. Pengembangan MPI. Bab ini membahas model pengembangan MPI dan pengembangan MPI. Bab 5. Evaluasi Multimedia. Bab ini membahas kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.
Materi dalam buku sudah cukup lengkap bagi pembaca atau pengembang multimedia. Meski demikian masih terdapat materi yang kurang (belum dibahas) dalam buku. Adapun materi tersebut terkait model pengembangan MPI. Dalam buku hanya membahas Model APPED secara lengkap, sedangkan model lain seperti Model ADDIE, Model Alessi-Trollip, Model Borg & Gall, Model Lee, dan Model Ivers & Barron hanya dibahas sekilas. Mengingat tidak semua pengembang menggunakan Model APPED dalam mengembangkan MPI. Akan lebih bagus jika membahas juga model lain yang saya tulis diatas secara lebih lengkap. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan MPI.
Sedangkan materi atau bab yang masih belum ada dalam buku tersebut tetapi seharusnya ada adalah terkait cara pembuatan multimedia itu sendiri. Materi ini akan menjadi lebih menarik jika penulis menambahkannya agar dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca atau bagi pengembang MPI. Materi tersebut dapat berupa cara pengembangan multimedia dengan menggunakan salah satu alat untuk membuat MPI. Mengapa materi ini menurut saya penting? Materi ini menjadi penting karena gaya belajar masing-masing orang tidak sama.
Demikian review saya pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif ini. Secara pribadi saya menyarankan kepada para pembaca atau pengembang dapat menggunakan buku ini sebagai referensi atau acuan dalam mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Mohon maaf jika ada kesalahan dalam review yang saya buat. Selamat membaca, semoga hari anda semua selalu menyenangkan.