oleh

“Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial”

-Ekonomi, Gaya Hidup-Telah Dibaca : 4.571 Orang

BRITNEY GRACESIKA (20045/1B)

 

Pancasila adalah dasar negara dan baru hidup bagi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila berisi pokok-pokok pikiran yang dituangkan secara formal dalam bentuk Undang-Undang Dasar. Sebagai baru hidup, Pancasila menjadi panduan bagi rakyat Indonesia dalam perang dan berperilaku. Kandungan isi dari sila-sila dalam Pancasila tersebut pada kenyataan telah menjadi bagian dari norma kehidupan rakyat Indonesia sejak dahulu kala.

Sila kelima dari Pancasila yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia untuk menciptakan kesejahteraan bersama keadilan. Para leluhur kita telah memiliki semangat mencapai cita-cita mayarakat yang sejahtera dan berkeadilan. Oleh karena itu kita juga harus memiliki semangat untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut. Caranya adalah dengan berhenti dan berperilaku sesuai dengan sila kelima Pancasila. Malah, sikap dan perilaku yang tidak sesuai dengan sila kelima Pancasila harus kita hindari.

Contohnya apa sih ?

  1. Berlaku adil sesama manusia. Ya, kita harus berlaku adil tidak boleh mengadili atau berpihak pada satu orang saja. kita harus memahami  yang terjadi dan mencari permasalahannya sampai tuntas dengan begitu kita bisa mengerti  inti  permasalahannya. agar tidak ada kesalahpahaman atau kecemburuan diantara permasalahan ini. contoh yang terjadi dikehidupanku atau bahkan hampir semua orang merasakan hal yang sama. misal : saya mempunyai 3 teman dengan latar belakang berbeda, kulit juga berbeda. orang A hidup penuh kekayaan dan berkulit putih bersih, orang B hidup sederhana dan berkulit sawo matang sedangkan orang C hidup dengan keterbatasan dan berkulit hitam. nah disini kita tidak boleh mengejek atau belaku tidak sopan kepada satu sama lain tapi kita harus merangkul, bergandeng tangan dengan perbedaan latar belakang dan kulit berbeda. dengan  begitu mereka akan terbuka dan nyaman satu sama lain.
  2. Tidak menyalahgunakan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi. nah pasti disini ada yang menyalahgunakan fasilitas umum utk kepribadian sendiri/pribadi atau yang bisa disebut rakus/tidak merasa puas apa yang sudah ada dan ingin bertambah-tambah terus demi kepentingan pribadi. itu tidak boleh karna mengganggu kehidupan orang lain, memotong jalan karna bertumpuk barang dan transportasi. contoh yang terjadi dikehidupanku : saya hidup di komplek dengan satu atap/ yg disebut rumah susun nah disini kita hidup harus memberikan yang terbaik dan membuat orang disekitar merasa nyaman. misal : tetangga A suka mengkoleksi barang.transportasi dengan ditumpuk-tumpuk tanpa dipakai, tetangga sekitar merasa tidak nyaman karna tetangga A mengambil semua fasilitas umum dan mereka tidak bisa menaruh transportasi mereka ditempat umum. kita sebagai tetangga harus memberi tahu dan menegor dengan baik dan benar bahwa tempat ini milik umum tidak bisa dipakai sendiri, tetangga A menerima dan langsung dibereskan yang tidak dipakai utk dirongsokan. nah disini bisa dilihat bahwa kita tidak boleh mengambil/menyalahgunakan fasilitas umum utk kepentingan pribadi dg cara berbicara baik-baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  3. Melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kepentingan bersama. contohnya apa sih ? misal : kita tiap 1  tahun sekali merayakan “HUT Kemerdekaan RI”. bagaimana melakukannya? yang saya lakukan adalah mengikuti dan menjadi panitia hut kemerdekaan dengan benar dan bertanggung jawab. tahun lalu saya di tugaskan menjadi Drigjen dan panitia anakanak untuk membuat anakanak bisa ikut kedalam hari kemerdekaan. menjadi drigjen dan panitia anak tidaklah mudah kita harus bersikap wibawa dan sabar terhadap anak kecil yang saya ajarkan. menjadi Drigjen harus bersikap Pemimpin dan juga panitia anak. harus percaya diri dan komunikasi dengan baik agar warga merasakan dan menghayati dalam acara tersebut.
  4. Gotong royong.  kita hidup berdampingan satu sama lain dan kita juga harus merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan sehat. bagaimana caranya? 1, kita harus mengikuti kegiatan kerja bakti setiap sebulan duakali. 2. kita harus membantu/ tolong menolong orang lain ketika kesusahan 3. kita harus menjaga dan memelihara lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, memperbaiki jalanan rusak dll. kita melakukan harus dengan hati yang niat, ikhlas dan dengan senanghati tanpa ada keterpaksaan.
  5. Menghormati sesama. nah ini paling penting kita sebagai manusia harus menghormati baik hak,kepercayaan, pendapat. bagaimana caranya ? berbicara dengan sopan santun, memahami dan mengerti pendapat mereka, saling memeluk kepercayaan satu sama lain tanpa harus membedabedakan dan saling menghormati dan mengasihi. dengan begitu kita akan hidup rukun dan damai.

ini yang saya pelajari dalam Pancasila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Pedoman ini penghayatannya adalah Suka memberi pertolongan kepada orang lain, Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. dan diharapkan akan timbul rasa persaudaraan dan solidaritas sosial yang tinggi sehingga kesulitan dan tantangan yang dihadapi akan semakin ringan bila dijalankan bersama-sama.

Trimakasih yang sudah membaca arti penjelasan dari saya dan saya berterimakasih kepada bapak Thamrin yang memperbolehkan saya untuk mengetahui isi sila ke-5 Pancasila. sekian dari saya trimakasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam menulis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed