Agar Buku Anda Tampil Wajar, Bagus dan Memenuhi Standar.

Dalam beberapa postingan Pak Thamrin Dahlan sebagai pimpinan YPTD telah memberikan petunjuk bagaimana dan seperti apa standar cetakan yang diterima oleh YPTD, terutama ukuran kertas dan serta ukuran margin atas bawah dan kiri kanannya, begitu juga ukuran huruf atau font isi naskah buku yang akan dicetak.

Untuk lebih memudahkan teman-teman yang naskahnya ingin dicetak jadi buku, di bawah ini saya jelaskan lagi secara visual standar ukuran kertas maupun hal lainnya yang berhubungan dengan itu.

Ukuran kertas.

Sebagaimana telah dijelaskan, ukuran kertas yang ingin dicetak jadi buku adalah ukuran A5. Silakan Anda ambil selembar kertas A4. Dalam posisi tegak lipat dua kertas A4 tersebut dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Atau, bila Anda memegang kertasnya secara horizontal, lipat dua kertas tersebut dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari kanan ke kiri. Setelah Anda melipatnya sama besar, maka kertas A4 yang tadi Anda lipat, sekarang sudah menjadi kertas ukuran A5. Nah, itulah standar ukuran buku yang dicetak oleh YPTD.

Gambar di bawah ini memperlihatkan halaman kertas yang sudah di seting pada ukuran A5 di MS Word. Bila ukuran kertasĀ  A4 adalah 29,7 x 21 Cm, maka dengan dilipatnya kertas tersebut, maka ukurannya telah menjadi 21 x 14,85 Cm. Tapi bagi mereka yang bermain di ukuran kertas tersebut lebih sering menulisnya 21 x 14,8 Cm yang kemudian lebih disederhanakan dengan menyebutnya sebagai kertas ukuran A5.

 

Ukuran kertas A5 ini juga bisa Anda lihat pada Page Setup di MS Word Anda, seperti terlihat kotak bergaris merah pada gambar di bawah ini.

 

 

Menentukan Margin Kertas

Setelah Anda sudah menentukan ukuran kertas, maka sekarang tinggal menentukan margin sisi atas maupun bawah dari bidang kertas Anda. Silakan lihat gambar dibawah ini:

Disini terlihat margin atas dan bawah mempunyai ukuran yang sama, yaitu 2,54 Cm. Sementara margin kiri ditetapkan 2 Cm dan margin kanan 1,8 CM. Ukuran margin ini sebenarnya tidak mutlak. Anda bisa saja mengubahnya, misalnya atas bawah dibuat masing 2 Cm. Sementara margin sisi kiri dan kanan 1,5 Cm. Keuntungan yang Anda dapatkan dengan mengurangi margin adalah bidang ketikan menjadi lebih luas dari sebelumnya.

Ukuran Huruf atau Font

Untuk judul artikel, pakailah ukuran huruf antara 20 hingga 24 point. Sementara sementara untuk isi artikel YPTD memakai standar ukuran huruf 12 point.

Huruf standar yang dianjurkan adalah Times New Roman 12 point. Namun bila naskah buku Anda cukup panjang, sehingga melebihi 200 halaman, Anda boleh memakai ukuran font yang lebih kecil, misalnya 11 atau 10 point.

Dengan telah dijelaskannya standar ukuran buku yang dicetak oleh YPTD, harapannya adalah, sebelum naskah dikirim ke YPTD, naskah Anda telah diketik dan diformat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan tersebut.

Apa keuntungan bila Anda menyerahkan naskah yang sudah sesuai standar dan kerugian bila naskah Anda tidak sesuai standar. Saya akan menjelaskannya di artikel mendatang.

Tinggalkan Balasan

News Feed