Sumpah Pemuda, Kemerdekaan, Generasi Muda

Terbaru0 Dilihat

Sabtu, 03 Oktober 2020

Nama : Digma Pratama Wirawanto

Nim   : 20051

Kelas : 1B`27

Kewarganegaraan

 

Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda itu apasi ? pasti kalian pernah mendengarkan kata kalimat ini kan? Apasi yang membuat kalian tahu tentang sumpah pemuda itu? Menurut pandangan saya,sumpah pemuda adalah dimana seorang pemuda yang berani mengeluarkan suaranya untuk berjanji kepada negara dan menyerahkan jiwa raganya untuk negara dan siap rela bertumpah darah indonesia.

Sumpah pemuda berdiri pada tanggan 28 Oktober 1928,kita sebagai putra putri indonesia harus mengingatkan hari sumpah pemuda itu sendiri. Kita harus menjujung tinggi kepemudaan berbangsa dan bernegara. Jadilah pemuda yang memiliki rasa cinta tanah air,sebab itu menggambarkan tentang kita mencintai tanah air

Dari kalian sudah memasuki usia sekolah maka kalian sudah paham apa itu sumpah pemuda,dan mungkin ada saja yang hafal apa isi sumpah pemuda tersbut. Sebelum memasuki isi kata sumpah pemuda kita harus tau peran apa saja yang harus dilakukan oleh pemuda pemudi bangsa,berikut adalah gambaran tentang peran yang dilakukan :

  • Belajar untuk mematuhi peraturan-peraturan baikk di sekolah maupun di hukum indonesia
  • Mencintai tanah air dengan cara menghormati bendera kebanggaan
  • Bersikap untuk saling bertoleransi antar SARA (Suku,Agama,Ras,dan Antar golongan)
  • Menjunjung tinggi nilai ideologi pancasila serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari

Sumpah pemuda pun memiliki arti khusus yaitu adalah salah satu  tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai sebagai kristalisasi semangat  untuk menegaskan cita-cita akan ada “Tanah Air Indonesia” , “Bangsa Indonesia” , dan “Bahasa Indonesia”

Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Namun dua tahun sebelumnya, seperti diungkap Sudiyo lewat buku Perhimpunan Indonesia sampai dengan Lahirnya Sumpah Pemuda (1989), telah dilakukan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda I atau Kerapatan Besar Pemuda dihadiri oleh perwakilan dari perhimpunan pemuda/pemudi termasuk Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, Jong Bataks Bond, Pemuda Kaum Theosofi, dan masih banyak lagi. Tujuan Kongres Pemuda I, seperti dikutip dari buku Peranan Gedung Kramat Raya 106 dalam Melahirkan Sumpah Pemuda (1996) karya Mardanas Safwan, antara lain mencari jalan membina perkumpulan pemuda yang tunggal, yaitu dengan membentuk sebuah badan sentral dengan maksud:

 

Untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia, serta yang kedua adalah demi menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air. Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak lantaran masih adanya perbedaan pandangan. Setelah itu, digelar lagi beberapa pertemuan demi menemukan kesatuan pemikiran.

 

Maka, disepakati bahwa Kongres Pemuda II akan segera dilaksanakan.

Tujuan Kongres Pemuda II antara lain:

(1) Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia

(2) Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia

(3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia

 

Berikut adalah isi tentang sumpah pemuda :

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Mungkin hanya itu kurang lebih cerita pendek saya mengenai sumpah pemuda,apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaklumkan

Tinggalkan Balasan