PERAN PENTING PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR PADA PROGRAMMER PEMULA

Pemrograman ter-struktur yaitu suatu teknik dalam sebuah program dengan rangkaian perintah-perintah yang disusun secara sistematis dan logis dalam bahasa komputer agar mudah untuk dipahami, diuji, dan dimodifikasi.

Pemrograman ter-struktur juga merupakan bahasa pemrograman dalam sebuah program yang terdiri dari kumpulan prosedur, dimana prosedur-prosedur ini akan saling memberi atau menerima perintah, dan juga bisa membuat parameter yang berbeda di setiap perintahnya.

Pemrograman ter-struktur juga mendukung pengkodean, abtraksi data, dan kontrol program yang tertata, dengan prosedur yang mampu melakukan operasi-operasi  yang sudah ditentukan dengan parameter.

 

Pemrograman Terstruktur

Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Pemrograman Terstruktur juga suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop). Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur contohnya:

  1. Cobol Turbo Prolog
  2. C
  3. Pascal
  4. Delphi
  5. Borland Delphi

 

Sejarah Metodologi Pemrograman

Ide pemrograman terstruktur pertama kali diungkapkan oleh Prof Edsger Djikstra dari Universitas Eindhoven sekitar tahun 1965. Dalam papernya, Djikstra mengusulkan peniadaan perintah GOTO pada pemrograman terstruktur. Berbeda dengan pendapat HD Millis yang mengungkapkan bahwa pemrograman terstruktur tidak tergantung pada ada tidaknya GOTO tetapi lebih pada struktur program itu sendiri. Dari pernyataan keduanya, memberikan gambaran tidak adanya definisi yang jelas untuk pemrograman terstruktur. Tetapi dapat digaris bawahi bahwa pemrograman terstruktur merupakan suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program.

 

Fungsi Pemrograman Terstruktur

  1. Meningkatkan kehandalan dalam suatu progam
  2. program mudah dibaca dan ditelusuri
  3. menyederhanakan kerumitan program
  4. pemeliharaan program, sehingga bisa mudah ditelusuri kesalahannya dan memodifikasinya.
  5. meningkatkan produktivitas pemrograman.

Ciri-ciri Pemrograman Terstruktur

  1. Mengandung teknik pemecahan yang tepat dan benar,
  2. memiliki 3 struktur dasar yaitu urutan, seleksi dan perulangan,
  3. menggunakan struktur logika yang benar dan mudah dipahami,
  4. menggunakan algoritma pemecahan masalah yang sederhana, efektif dan standar,
  5. biaya pengujian yang rendah
  6. memiliki dokumentasi yang baik,
  7. menghindari penggunaan GOTO,
  8. biaya perawatan dan dokumentasi rendah.

Langkah-langkah Membuat Pemrograman Terstruktur

  1. Mendefinisikan Masalah
  2. Menentukan Solusi
  3. Memilih Algoritma
  4. Menulis Program
  5. Menguji Program
  6. Menulis Dokumentasi
  7. Merawat Program
  8. Pengenalan Komputer

Contoh Pemrograman Terstruktur

Pada setiap bahasa pemrograman tentunya mempunyai perintah dengan terstruktur, dimana kita harus mengikutinya dengan benar karena jika salah, program yang kita buat akan gagal atau bahasa pemrogramannya tidak berjalan.

 

berikut adalah contoh dari beberapa bahasa pemrograman:

Menghitung luas segitiga

 

// modul penghitung luas segitiga

float Luas_sgt(float alas, float tinggi)

{

return (alas * tinggi / 2);

}

 

//main program

void main()  {

float A, T;

cout <<”Data Alas : “; cin >> A;

cout <<”Data Tinggi : “; cin >> T;

cout <<”Luas segitiga : “ << Luas_sgt(A,T)<<endl;

}

 

Pengetahuan tentang Pemrograman terstruktur ini sangat penting karena dalam membuat program, karena dalam membuat program ini merupakan salah satu model pengodingan secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed