Arti Kemenangan Denmark atas Juara Dunia Prancis

Olahraga34 Dilihat

Denmark berhasil menumbangkan Prancis dengan skor 2-0 dalam lanjutan kompetisi UEFA Nations League A grup Grup 1.

Kemenangan ini membawa Denmark berada pada posisi kedua dengan 12 poin hanya selisih 1 poin dari Kroasia yang memimpin klasemen grup.

Dengan demikian Denmark gagal lolos ke fase 4 besar karena hanya berposisi kedua dalam grup 1. Kroasia yang juara grup yang berhak lolos ke babak semi final UEFA Nations League.

Kendati demikian hasil kemenangan atas Juara Dunia dua kali Prancis ini memberikan makna yang sangat besar terkait dengan Piala Dunia Qatar 2022.

Kemenangan Denmark 2-0 atas Prancis telah meningkatkan tingkat kepercayaan skuad Dinamit menghadapi ajang bergengsi Piala Dunia FIFA pada November -Desember tahun 2022.

Gol-gol Denmark pada laga malam itu hasil tembakan Kasper Dolberg dan Andreas Skov Olsen masing-masing pada menit ke-34 dan 39.

Hanya berselang 5 menit itulah gol kemenangan Denmark terwujud. Mikkel Damsgaard dan Thomas Delaney adalah pemberi asis untuk dua gol Denmark tersebut.

Kemenangan meyakinkan atas Prancis di Kopenhagen ini pasti telah mengingatkan kita pada keberhasilan Denmark melaju lolos hingga babak semi final Euro 2020. Denmark baru terhenti oleh tuan rumah England.

Babak semi final UEFA Nations League 2022-2023 berlangsung pada tanggal 14 Juni 2023 untuk semi final ke-1. Tanggal 15 Juni untuk semi final ke-2.

Dua tim yang menang pada babak semi final akan bertanding pada partai final yang akan berlangsung tanggal 18 Juni 2023 memperebutkan juara.

Christian Eriksen pernah gagal jantung saat bertanding dalam ajang Euro di Kopenhagen ini. Insiden Eriksen ini telah menyatukan tekad dari skuad Denmark untuk mencapai prestasi besar lolos ke babak semi final.

Langkah Denmark untuk mencatat penyelesaian turnamen besar terbaik mereka selama ajang Euro. Walaupun akhirnya harus berhenti oleh Inggris dalam laga semi-final yang ketat di Wembley.

Perjalanan mereka dan performa Tim Dinamit ini itu tentu bukan prestasi yang kebetulan. Bukti nyatanya adalah dalam UEFA Nations League mereka juga berhasil mengalahkan juara dunia dua kali, Prancis.

Ini adalah modal yang penting dan sangat  berharga bagi Denmark dalam menghadapi Piala Dunia Qatar 2022. Sosok pemain senior Denmark ini sudah kembali merumput setelah berhasil bangkit dari insiden kesehatan jantung yang terjadi pada Euro 2020 lalu.

Setelah melewati awal-awal laga yang sulit bersama Manchester United, kini Eriksen diam-diam bangkit sebagai “leader” dari pasukan Setan Merah asuhan Erik ten Hag.

Karir Eriksen yang mulai mampu kembali pada jalur prestasinya ketika berkiprah di Premier League bersama Manchester United, telah menginspirasi Timnas Denmark. Kontribusi sosok Eriksen bagi Denmark tidak pernah diragukan.

Pada laga malam itu menghadapi Prancis, Eriksen memiliki delapan operan kunci.

Walaupun itu bukan asis untuk dua gol Denmark ke gawang Prancis tetapi lini tengah menjadi hidup dengan kehadirannya.

Bagi Les Bleus sendiri ini adalah kekalahan ketiga dalam semua pertandingan kompetitif pada tahun 2022 ini.

Merupakan rekor terburuk dalam sejarah untuk satu tahun kalender.

Bagi Prancis hasil ini bukan hanya sekedar kekalahan 2 gol tanpa balas tetapi juga mereka perlu berbenah untuk semua lini yang mereka miliki.

Salam bola @hensa.

Keterangan Foto : Kylian Mbappe (Foto AFP/Franck Fife).

Tinggalkan Balasan