RAHASIA MENGAJAR MENYENANGKAN ERA PJJ

Terbaru22 Dilihat

Ikut belajar bersama AISEI InspirAction sore ini sungguh menyenangkan. Apalagi, narasumber yang dihadirkan sangat diidolakan audiens, yakni Pak Munif Chatib. Beliau mengangkat tema Rahasia Mengajar Menyenangkan Era PJJ. Tentu mengajar menyenangkan merupakan dambaan semua pendidik. Namun, realitanya tidak semua guru/pendidik mampu mengajar dengan menyenangkan dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh peserta didik.

Menurit survei KPAI 77% siswa tidak bahagia mengikuti pembelajaran PJJ (pembelajaran jarak jauh). Ini merupakan tantangan bagi guru untuk mencari upaya agar pembelajaran menjadi menyenangkan bagi para siswanya.

Pak Munif Chatib yang mengajar di School of Human di Cibubur dan telah menghasilkan beberapa buku best seller berbagi tips/trik/rahasia mengajar menyenangkan. Menurut data Unesco, di Indonesia yng bisa E-learning keren baru 40%. Adapun yang 60% E-learning belum keren.

Sebenarnya untuk dapat belajar menyenangkan kuncinya bisa memuaskan otak reptil. Pada dasarnya otak manusia terdiri dari tiga bagian (the triune brain), yaitu: reptil (memuaskan), limbic (emosi), dan neocortec (berpikir). Jika reptil terpuaskan maka untuk berpikir mudah. Ketika PJJ banyak guru tidak memuaskan reptil.

Ketika mengajar apa yang harus dilakukan agar otak reptil puas? Inilah Rahasia Belajar Bermakna Memuaskan Otak Reptil.

  1. Joyful learning/fresh
  • wrana
  • gambar
  • ice breaking
  1. Apersepsi
  • scene setting (berhubungan materi pembelajaran)
  • motivasi (bebad, tak harus sesuai materi pembelajaran)
  1. Student Center Learning
  • engagement
  • do it
  • feedback
  1. Dokumentasi
  • merekam
  • publikasi
  • apresiasi

 

Contoh Ice Breaking

  1. Kita melihat bintang di

_  A _ _ _ _

Banyak yang menjawab “LANGIT”, ternyata P U N D AK. (pengkat militer)

  1. Bermain bulu tangkis menggunakan

_ A _ _ _

Banyak yang menjawab “RAKET”, ternyata J A K E T. (pas hujan)

  1. Ikan bernapas dengan

_ _ _ _ _ G

Banyak yang menjawab “INSANG”, ternyata T E N A N G.

 

Contoh Apersepsi Mengajarkan Karakter Jujur

Berikan satu pengalaman yang membuat siswa penasaran. Misalnya ditayangkan video pendek yang mempertontonkan siswa yang mencontoh jawaban. Setelah ditayangkan video bisa diberi pertanyaan, “Siapa yang punya pengalaman mencontoh jawaban?”.

 

Apersepsi untuk mengajarkan tentang hidup sehat misalnya ditayangkan video pendek yang isinya bahaya merokok. Apersepsi bisa pula menggunakan tebak gambar.

 

Contoh Student Center Learning

Tebak gambar untuk menghadirkan engagement.

Do it dapat dilakukan dengan hal-hal berikut:

  1. Parodi (konsep pembelajaran diubah menjadi lirik lagu)

Tujuan mengingat.

  1. Konsep pembelajaran diubah menjadi lirik lagu
  2. Mudah diingat
  3. Parodi dibuat oleh guru maupun siswa
  4. Untuk semua jenjang Pendidikan.
  5. Mind mapping

Tujuan mengingat (remember). Pemahaman konsep melalui gambar mind mapping, gambar yang sesuai dengan kerja otak.

Hasil mind mapping didokumnatsikan lalu dipublikasikan.

  1. Vlog presentasi

Tujuan: memahami (understanding)

 

Feed back

  • Sebagai pengganti tugas kognitif

Bisa dilakukan dengan:

  • Menanyakan materi apa yang belum dipahami.
  • Menanyakan materi apa yang sudah dipahami.
  • Diminta menceritakn tentang manfaat materi pelajaran.

 

Dokumentasi Hasil Belajar

  1. Merekam

Siswa merekam aktiviats belajar dengan video/foto baik pada proses maupun hasil.

  1. Publikasi

Video/foto dipublikasikan ke media social siswa, guru, sekolah.

  1. Apresiasi

Bisa dilakukan dengan like, comment, subscribe, share

Dokumentasi hasil belajar seperti di atas bisa mendatangkan kebahagiaan bagi siswa sebagai pembelajar serta bisa mendatangkan kepuasan. Jika otak reptil puas maka dengan senag hati siswa mau mengikuti pembelajaran.

Tinggalkan Balasan