oleh

MENANG LOMBA SEKOLAH SEHAT

-Terbaru-Telah Dibaca : 320 Orang

MENANG LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT KABUPATEN

 

 

Pada hari Sabtu tanggal 12 November bertepatan dengan hari  kesehatan nasional.  Pada hari itu juga diadakan upacara  penyerahan piala lomba sekolah sehat oleh wakil bupati Kendal. Kegiatan dilakukan di halaman belakang kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal.  Aku diundang untuk mewakili sekolah menerima piala Juara 2 Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten.  Senang dan bangga sekali menerima piala ini.  Piala ini merupakan kerja keras kami selaku tim UKS dan seluruh civitas akademika  SMPN 1 Weleri.  Lomba ini merupakan ajang unjuk gigi UKS  Se Kabupaten.  Bagaimana pengelolaan UKS di sekolah. Penilaian meliputi:  pengelolaan UKS,  kedisiplinan petugas UKS dalam menerapkan aturan, kedisiplin seluruh stake holder unit pendidikan dalam menaati aturan yang telah diterapkan oleh Sekolah maupun UKS,  kebersihan sekolah, kebersihan kantin sekolah, keberadaan tanaman obat, administrasi UKS, kegiatan UKS, dan kerja sama antara UKS dan Puskesmas.

Lomba diadakan selama satu hari.  Sebelum lomba, tim Puskesmas memantau dan mendampingi sekolah untuk mempersiapkan administrasi yang perlu disiapkan.  Sarana dan prasarana kami tata, kebersihan sekolah kami lakukan bekerja sama dengan Kaur Humas dan seluruh siswa-siswi.  Kami hanya membersihkan seperlunya saja.  Di sekolah kami sudah terbiasa dengan budaya bersih yang diadakan setiap hari Jum’at .

Tim penilai datang ke sekolah, tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan.  Semuanya berjalan normal saja.  Kegiatan pembelajaran berlangsung seperti biasa, Guru mengajar seperti biasa, begitupun siswa-siswinya.  Bisa dikatakan siswa-siswi tidak mengetahui jika hari itu tengah dilakukan penilaian Sekolah Sehat.  Tim penilai didampingi oleh tim UKS dan Kepala Sekolah. Tim penilai mengunjungi  ruang UKS, kantin sekolah,  ruang Laboratorium, dan musholla.

Setelah selesai melakukan kegiatan penilaian, tim penilai melakukan evaluasi penilaian.  Ada beberapa point yang mereka nilai baik, ada beberapa point yang mereka nilai kurang.  Kepala Sekolah memberikan saran untuk point yang kurang baik agar dilakukan perbaikan supaya ke depan lebih baik lagi.

Hari Jum’at tanggal 11 November kami mendapat surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten bahwa sekolah kami mendapat juara 2.  Kami sangat senang mendapati berita ini.  Pagi hari Sabtu tanggal 12 saya dan Kepala Sekolah mendapat undangan di Kabupaten untuk menerima piala dan sertifikat.

 

Bu dokter Istiqomah, kepala Puskesmas Weleri II sudah siap menyambut kedatangan kami.  Beliau yang membimbing dan membantu sekolah kami untuk mempersiapkan lomba.  Terima kasih bu Is, jasamu akan selalu kami kenang.  Dokter Istiqomah merupakan sosok dokter yang disiplin, supel, pekerja keras, cekatan, dan siap membantu.  Ketika ada kegiatan pendataan kesehatan siswa, beliau terjun langsung membantu anak buahnya di kelas-kelas.

Komentar

Tinggalkan Balasan