Peran Guru Dalam Kurikulum 2013

Terbaru24 Dilihat

Artikel Lomba  Blog Guru

Hari              :    Selasa

Tanggal         :    9 Februari 2021

Nama            :    Juni Hidayati, S.Pd

Unit Sekolah:    SMPN 2 Gemuh

 

PERAN GURU DALAM KURIKULUM 2013

 

Kurikulum 2013 merupakan kurikkulum berbasis karakter yang menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.  Kurikulum 2013 mengutamakan pemahaman, ketrampilan dan pendidikan karakter siswa.  Kegiatan pembelajaran lebih mengutamakan keaktifan siswa, siswa dituntut untuk memahami materi dengan cara melakukan pengamatan, bertanya, menalar dan mengkomunikasikan hasil pengamatan maupun hasil diskusi dengan teman-temannya.

Kurikulum 2013 merubah pola pembelajaran dari teacher’s centered (berpusat pada guru) menjadi student’ center (berpusat pada murid).  Murid diharapkan mencari sendiri permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, dengan kegiatan ini siswa akan menjadi kritis dan peka terhadap segala permasalahan yang ada di lingkungan sekitarnya.  Setelah mencari sendiri permasalahan melalui pengamatan siswa akan tertarik untuk menanyakan hal-hal yang diamatinya.  Berdasarkan pertanyaan tersebut siswa akan mengumpulkan informasi atas pertanyaan dan mencari tahu sendiri jawaban dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada.  Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaannya siswa akan menginformasikan pada teman-temannya atas temuannya.

Peran guru dalam kurikulum 2013 merupakan aktor utama dalam proses kegiatan belajar mengajar kareana guru merupakan sosok yang berhadapan langsung dengan siswa.  Pendidik harus memiliki kompetensi profesional yaitu kemampuan dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran.  Guru harus menguasai materi dan selalu meningkatkan kemampuan dalam menggunakan metode pembelajaran. Persiapan materi dapat dilakukan dengan mencari sumber seperti membaca buku, melihat berita maupun mengakses internet.  Kemampuan berikutnya yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogi, kompetensi ini menyangkut kemampuan guru dalam memahami karakter atau kemampuan yang dimiliki oleh murid melalui berbagai cara.  Kompetensi guru selanjutnya adalah kepribadian, kompetensi ini mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta berakhlak mulia agar dapat menjadi suri teladan bagi murid dan lingkungannya.  Kompetensi yang terakhir adalah kompetensi sosial, seorang guru harus bisa berkomunikasi dan berhubungan baik dengan teman guru, dengan murid, dengan wali murid maupun dengan pihak di luar sekolah.  Untuk itu guru harus memiliki motivasi tinggi untuk mengajar.  Agar kurikulum 2013 dapat berhasil maka diperlukan sinergi antara  rancangan kurikulum dengan implemantasinya

Tinggalkan Balasan