Kenapa sih memilih profesi sebagai perawat?

Humaniora0 Dilihat

Assalamualaikum wr.wb
Hai, Saya Kartika Widiati yang sekarang sedang menjalani kuliah dengan jurusan keperawatan di akper polri. Mungkin untuk beberapa orang banyak yang bertanya kenpa sih memilih profesi sebagai perawat?
Setiap orang pasti mempunyai pilihan hidup masing-masing dan saya memilih untuk masuk keperawatan. Kenapa saya memilih profesi ini karena dari kecil saya memang bercita-cita jadi seorang perawat atau dokter. Dari dulu saya menyukai pelajaran biologi dan tentunya pelajaran Ini berhubungan dengan dunia kesehatan. Nah…. dari situlah saya sangat tertarik dengan dunia kesehatan terutama perawat karena menurut saya perawat mempunyai banyak tantangan dalam memberikan tindakan. Dan tentunya saya masuk keperawatan karena kemauan sendiri dan juga atas dukungan orang tua dan keluarga tercinta.

Alasan lain saya masuk dikeperawatan karena saya tahu menjadi perawat bukan hanya sekedar merawat tapi juga mengajari kita untuk peduli, ramah, tulus, ikhlas dan selalu tersenyum kepada setiap pasien, pengunjung maupun sesama teman yang bergelut didunia kesehatan. Menurut saya merawat itu adalah pekerjaan yang mulia, karena perawatlah yang harus on time untuk merawat pasien setiap hari di rumah sakit. Selain itu perawat mempunyai banyak peluang kerja bukan hanya dirumah sakit taetapi ditempat pelayanan kesehatan lain seperti puskesmas, klinik dan mengajar difakultas kesehatan. Apalagi diluar negeri sana banyak tersedia lapangan pekerjaan untuk perawat. Kata dosen bekerja sebagai perawat diluar negeri cepat kaya karena gaji yang ditawarkan banyak tetapi dengan syarat merawatnya juga harus profesional. Tetapi tentunya itu bukan alasan pertama saya masuk keperawatan tapi memang karena saya merasa cocok dan senang dengan profesi tersebut.

Kenapa sih mau menjadi perawat diera pandemi seperti ini emangnya tidak takut?
Pekerjaan perawat itu cukup berisiko terhadap penularan penyakit dari pasien yang ditanganinya itu, bahkan tenaga medis di Indonesia baik dokter maupun perawat yang menangani Covid-19 hingga menimbulkan korban jiwa atau meninggal dunia. Risiko penularan tentu sangat besar dan ancaman kematian. Jika kita menjalani profesi sebagai perawat karena ikhlas dengan segala pandemic pasti rasa takut akan kalah dengan yang namanya rasa kemanusiaan.

Dan uniknya perawat bukan hanya merawat orang yang sakit tetapi juga orang yang sehat. Perawat harus terjun kemasyarakat sekedar memberikan pengetahuan kepada masyarakat betapa pentingnya kesehatan bagi kita. Perawat melakukan penyuluhan kesehatan untuk mencegah terjadinya wabah penyakit yang sering muncul dikalangan masyarakat.

Saya ingin melakukan sesuatu dalam karir saya yang menantang, menarik, dan membuat perbedaan dalam kehidupan orang sehari-hari. Dalam profesi keperawatan, Anda berurusan dengan banyak aspek perawatan pasien, dan saya menikmati variasi dalam rutinitas. Berurusan dengan pasien dan keluarga mereka, dan membantu mereka melalui apa yang seringkali merupakan saat yang sulit bagi mereka sangat memuaskan bagi saya.
Hebatkan perawat bukan hanya menolong orang yang sakit tetapi juga orang yang sehat. Perawat mempunyai sifat peduli terhadap sesama. itulah salah satu alasan saya masuk perawat dan sekarang saya makin mencintai profesi saya.

Tinggalkan Balasan