Pendekatan Saintifik adalah kerangka ilmiah pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum K13 yang mengadaptasi langkah-langkah ilmiah pada sains.
Langkah-langkah kemampuan saintifik :
- Mengamati
(Melihat, membaca, mendengar, menyimak)
Kompetensi yang dikembangkan :
- melatih kesungguhan
- melatih ketelitian
- mencari informasi
2. Menanya
(mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati).
Kompetensi yang dikembangkan :
- membentuk berpikir kritis
- rasa ingin tahu
- merumuskan pertanyaan
3. Mencoba
(melakukan eksperimen, mengamati objek)
Kompetensi yang dikembangkan :
- menerapkan kemampuan
- mengumpulkan informasi
- menghargai pendapat orang lain
4. Menalar
(Mengumpulkan informasi dari hasil percobaan atau informasi dari narasumber)
Kompetensi yang diharapkan :
- mengembangkan kemampuan
- menerapkan prosedur
- menyimpulkan dengan jelas
5. Mengomunikasikan
(menyampaikan hasil pengamatan, menyimpulkan hasil analisis dan menyampaikan gagasan.)
Kompetensi yang diharapkan :
- berpikir sistematis
- mengembangkan kemampuan bahasa