Catatan Tersisa dari Rakerda IPHI Kabupaten Karimun

DUA hari yang lalu, Sabtu (04/12/2021) pagi. Seluruh pengurus hadir di situ. Inilah Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten kesatu. Untuk Tahun 2021. Ya, Rakerda pertama untuk pengurus IPHI masa bakti 2020-2025 yang dilaksanakan di Balai Haji, Tebing Karimun.

Rakerda bertema ‘IPHI Berkhidmat untuk Umat’, itu berjalan dengan aman dan lancar. Diikuti oleh seluruh Pengurus Daerah (PD) IPHI Kabupaten Karimun dengan 84 orang dan perwakilan PC (Pengurus Cabang) IPHI Kecamatan se-Kabupaten Karimun sebanyak 20 orang, dilengkapi oleh pengurus MTP (Majelis Taklim Perempuan) IPHI Kabupaten dan Kecamatan. Rakerda yang berlangsung satu hari dibukan oleh Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi mewakili Bupati Karimun yang tidak bisa hadir karena ada acara pada jam yang sama di tempat berbeda.

Ikut hadir juga pada acara pembukaan yang tertunda beberapa menit, itu antara lain Ketua PW (Pengurus Wilayah) IPHI Provinsi Kepri yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Drs. H. Tarmidi. Juga ikut para penasihat IPHI Kabupaten Karimun dan beberapa orang pejabat seperti camat dan lain-lainnya. Ruangan Gedung Balai Haji, itu tampak memutih oleh para peserta dan undangan yang memadati ruang berbentuk aula itu.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran oleh salah seorang peserta Rakerda, H. Muhammad Abd. Wahid. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, lagu Mars Karimun serta lagu Mars IPHI. Acara selanjutnya berturut-turut pidato dan sambutan.

Pidato pertama berupa laporan oleh Ketua Panitia Pelaksana, H. Samsuddin. Dalam laporannya Pak Sam, begitu dia dipanggil menyampaikan beberapa hal, antara lain ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karimun yang memberikan support materi dan non materi untuk terlaksananya acara Rakerda ini. Terima kasih juga disampaikannya kepada Ketua IPHI Kabupaten Karimun yang memberi kepercayaan sebagai panitia pelaksana bersama beberapa orang pengurus lainnya. Dan tentu saja ucapan terima kasihnya kepada para panitia yang sudah bekerja keras, bertungkus lumus untuk pelaksanaan Rakerda yang sudah sempat tertunda beberapa waktu yang lalu.

Pak Haris Fadillah, Ketua IPHI Kabupaten yang berpidato setelah pidato laporan Ketua Panitia menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemda Karimun yang memberikan bantan dana untuk kegiatan IPHI selama ini. “Rakerda ini sebenarnya sempat tertunda disebabkan waktu itu belum ada fulus. Belum cair,” kata Pak Ketua IPHI setengah bergurau. Juga disampaikannya tentang berkurangnya aktivitas IPHI selama covid. “Meskipun ada kegiatan yang tak dapat dilaksanakan disebabkan covid-19, namun aktivitas IPHI boleh dikatakan tetap berjalan, menyesuaikan dengan keadaan.” Itulah beberapa inti pidato Pak Haris.

Pidato ketiga disampaikan oleh pengurus PW IPHI Provinsi, Pak Tarmidi yang datang jauh-jauh dari Tanjungpinang. Setelah menyampaikan salam dan maaf Ketua IPHI Provinsi, Pak Arif Fadillah, dia menyampaikan beberapa pesan yang katanya itu merupakan pesan dari Pak Ketua IPHI Provinsi Kepri yang dia wakili. Katanya, Pak Ketua menyatakan kebanggaannya dan rasa terima aksih atas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh IPHI Karimun selama ini. IPHI Karimun selalu melaksanakan aktivitas sesuai peran dan fungsi IPHI sebagai organisasi haji-hajjah Indonesia. “Dari tujuh kabupaten/ kota di Kepri baru Karimun yang melaksanakan Raker pada tahun ini,” katanya. Ditambahkannya, “IPHI Kabupetan Karimun adalah IPHI paling giat menurut penilaian kami di Provinsi. Kalau ada lomba IPHI tergiat, maka Karimunlah yang akan menjadi pemenangnya,” jelasnya memberikan apresiasi. Pernyataan ini disambut tepuk tangan oleh hadirin.

Sebagai organisasi para haji-hajjah, maka IPHI perlu penguatan. Rakerda ini, kata Pak Tarmidi akan menjadi forum resmi untuk melahirkan program terbaik dan perioritas untuk penguatan IPHI ke depan. Kekompakan yang sudah terjalin hendaklah terus dijaga. Begitu dia memberikan pesan kepada pengurus IPHI Kabupaten Karimun.

Sementara Pak Sekda yang berpidato mewakili bupati di bagian akhir meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti Rakerda ini dengan baik. Dia mengulas pidato dari PW IPHI, dari Ketua PD IPHI yang sudah banyak menyampaikan pesan. “Saya yakin semua yang disampaikan oleh tiga orang sebelumnya adalah pesan yang penting buat kita semua. Saya hanya mengingatkan satu hal, ialah silaturrahim. Teruslah kita jaga silaturrahim,” pintanya.

Pak Sekda juga mengingatkan moto IPHI yang disampaikan Ketua Panitia sebelumnya, ‘IPHI berkhidmat untuk umat’ yang berarti para pengurus mengelola IPHI adalah untuk kepentingan umat itu sendiri. “Saya berharap agar moto itu benar-benar dapat dilaksanakan oleh para haji-hajjah.”

“Tiga hal ingin saya ulang sampaikan di sini yakni, ibadah, dakwah dan ekonomi adalah hal penting secara langsung terdapat dalam kegiatan IPHI.” Ketiga hal itu katanya saling berkait dalam keberadaan IPHI. Semoga itu dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Demikian antara lain pesan pidato Sekda.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri pidatonya, Pak Sekda membuka secara resmi Rakerda IPHI ini. “Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, Rakerda IPHI ke-1 Tahun 2021 saya nyatakan dibuka dengan resmi.” Lalu dia mengetok mik sebanyak tiga kali. Dia pun mengakhiri pidato sambutan dan pengarahannya. Itulah catatan tersisa dari kegiatan Rakerda IPHI ke-1 yang Alhamdulillah telah berjalan dengan baik dan lancar. Selebihnya adalah pelaksanaan program yang baru saja berhasil disusun dalam Rakerda ini.***

 

Tinggalkan Balasan