Pembelajaran Differensiasi adalah pembelajaran dengan menerapkan pola belajar yang menyesuaikan dengan kebutuhan minat anak.
Konsep belajar Differensiasi menekankan pada 3 prinsip di antaranya: Visual, Auditory, dan Kinestetik.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, model strategy pembelajaran Differensiasi meliputi 4 skill yaitu: Reading, Writing, Speaking, and Listening.
Pola penerapan belajar Differentciated Strategy dalam pembelajaran Bahasa Inggris terletak pada pembuatan RPP dengan menekankan konsep penjabaran IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Pembubuhan KKO untuk strategy belajar differensiasi terletak pada penyampaian langkah-langkah pembelajaran.
Contoh RPP
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Lebakgedong
Kelas : 7 Kurrikulum 2013
KD 3.1 Mengidentifikasi Fungsi Sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulisan yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaan.
Materi Ajar: “Good Morning How are You”
IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi)
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk ungkapan sapaan dalam bahasa Inggris.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk berpamitan.
Langkah-langkah Pembelajaran Differensiasi.
1. Guru meminta peserta didik untuk untuk mempraktekan dan mempresentasikan ungkapan bahasa Inggris tentang Menyapa (Differensiasi Proses)
2. Guru melakukan pengamatan jalannya proses pembelajaran dan penilaian (Diferensiasi Proses dan Produk)
3. Peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan yang berhubungan dengan masing-masing ungkapan “Good morning, Good afternoon, Good night, Hello, Hi, Good bye, and Thank you. (Differensiasi Proses dan Produk)
4. Disajikan sebuah video pembelajaran tentang sebuah percakapan, peserta didik diberikan kebebasan untuk menyimpulakan percakapan dalam video tersebut, serta peserta didik diberikan kebebasan untuk melakukan play the role dari percakapan yang di sajikan pada video tersebut. (Diferensiasi Produk)
5. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi dan umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap proses kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan mengakomodir profil pelajar (Diferensiasi produk).
Pembelajaran berdiferensiasi meliputi 2 aspek di antaranya: Diferensiasi Proses, dan Diferensiasi Produk. Kedua aspek tersebut dilaksanakan dalam 4 kompomen kegiatan pembelajaran yang meliputi : Pra-KBM, Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Kegitan Penutup.