oleh

Memperoleh 102 Sertifikat Dari Webinar Dalam Tempo Dua Bulan

-Media-Telah Dibaca : 1,086 Orang

Ketika libur Semester  tiba tentu saja aktivitas mengajar pun untuk sementara terhenti. Di tengah situasi kehidupan yang belum kondusif akibat pandemi COVID-19 yang memaksa kita lebih banyak tetap berada di rumah.

Lantas apa yang harus saya kerjakan untuk mengisi kekosongan waktu yang biasanya diisi dengan persiapan dan pemberian kuliah.

Terinspirasi dari anak saya yang saat itu tengah mengikuti sebuah seminar secara online atau yang bekennya dikenal dengan sebutan webinar.

Tepatnya tanggal 28 Juli 2020, saya mengikuti webinar pertam, undangan dari STIE Semarang dengan pembicara utama Dr Sandiaga Salahudin Uno atau yang beken dikenal Sandi Uno, seorang pengusaha sukses.

Setelah mengikuti webinar tersebut, saya pun mendapat Sertifikat dari STIE Semarang yang ditandatangani langsung oleh Rektor STIE Semarang. Inilah Sertifikat pertama saya.

Selanjutnya, saya pun mengikuti berbagai Webinar yang berskala nasional maupun internasional dari berbagai Universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan,  Universitas Gajah Mada, Universitas Pajajaran, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, Universitas Gunadarma, Universitas Nasional, Universitas Halu Oleo, Universitas TELKOM, UNS, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanudin,  Universitas Pattimura, Universitas Lambung Mangkurat, STIE Semarang dan masih banyak lagi.

Kemudian dari instansi pemerintah dan Swasta seperti Kemendikbud, KemenparEkraf, Kemenkumham, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Ombusman RI, BSSN, LAPAN, BPPT, BSN, Perpustakaan Nasional, AB Institut, DDTC, Imparsial  dan beberapa lagi.

Pembicara di Webinar yang saya ikuti mulai dari Wakil Presiden Makruf Amin, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung hingga ekonom beken Faisal Basri.

Banyak topik yang saya ikuti yang sebagian berkaitan dengan situasi di tenfah pandemi COVID-19 yang neliputi bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pariwisata, kesehatan, literasi, riset, perpajakan dan keamanan nasional.

Tentu saja banyak ilmu dan wawasan baru yang saya peroleh dari berbagai Webinar tersebut yang sebagian besar tak berbayar alias gratis dan tentu saja dapat kenang kenangan berupa Sertifikat.

Tepat dua bulan yaitu 28 September 2020 saya telah memperoleh 102 Sertifikat yang salah satunya saya lampirkan di artikel ini yaitu dari Universitas Pertahanan dan ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Pertahanan.

Alhamdulillah, biar tetap di rumah saya masih tetap beraktivitas dengan aktif mengikuti berbagai Webinar yang sangat berguna untuk  menambah ilmu dan wawasan saya.

Jika situasi normal nampaknya kecil kemungkinan saya bisa mengikuti berbagai Seminar yang diselenggarakan institusi yang berada di daerah. Situasi Daring (dalam jaringan) ternyata memudahkan kita bisa berpeluang menambah pengetahuan dan wawasan.

Semester baru sudah dimulai namun saya makin asyik ikut Webinar dan andai nantinya ratusan Sertifikat tersebut dicetak dan dibingkai maka pastilah dinding ruang kerja saya akan penuh dengan bingkai Sertifikat .. Hehehe ..

Salam

NH

Depok, 2 Oktober 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan